Integrasi Pendidikan Kewarganegaraan dan Nilai-Nilai Islam dalam Pembentukan Karakter di Madrasah Ibtidaiyah
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis integrasi pendidikan kewarganegaraan dan nilai-nilai Islam dalam pembentukan karakter siswa di Madrasah Ibtidaiyah. Melalui studi literatur terhadap artikel jurnal yang relevan, penelitian ini mengidentifikasi konsep, pendekatan, tantangan, serta dampak dari integrasi ini terhadap perkembangan karakter siswa. Hasil kajian menunjukkan bahwa integrasi pendidikan kewarganegaraan dan nilai-nilai Islam efektif dalam menanamkan nilai-nilai seperti toleransi, disiplin, tanggung jawab, dan gotong royong. Namun, implementasi pendekatan ini masih menghadapi berbagai tantangan, termasuk keterbatasan waktu dalam kurikulum, kurangnya pelatihan khusus bagi guru, serta dukungan yang kurang optimal dari orang tua dan masyarakat. Meskipun demikian, dampak positif dari pendekatan integratif ini terlihat pada peningkatan karakter siswa yang lebih religius, nasionalis, dan bertanggung jawab sosial. Integrasi ini diharapkan dapat membentuk generasi yang memiliki kecerdasan intelektual, emosional, dan spiritual yang seimbang, serta mampu berkontribusi positif dalam masyarakat. Oleh karena itu, integrasi pendidikan kewarganegaraan dan nilai-nilai Islam perlu terus dikembangkan untuk meningkatkan kualitas pendidikan karakter di Madrasah Ibtidaiyah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alawiyah, Faridah. “Kebijakan Dan Pengembangan Pembangunan Karakter Melalui Pendidikan Di Indonesia.” Aspirasi: Jurnal Masalah-masalah Sosial 3, no. 1 (June 30, 2012). https://doi.org/10.46807/aspirasi.v3i1.259.
Bassar, Agus Samsul, Uus Ruswandi, and Mohamad Erihadiana. “Pendidikan Islam: Peluang Dan Tantangan Di Era Global Dan Multikultural.” J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam 8, no. 1 (December 31, 2021). https://doi.org/10.18860/jpai.v8i1.9577.
Chatzianastasi, Maria, and Marina Rodosthenous-Balafa. “Creative Ways to Approach the Theme of Cultural Diversity in Wordless Picturebooks Books through Visual Reading and Thinking.” Springer (eBook), January 1, 2021. https://doi.org/10.1007/978-3-030-71778-0_6.
Devianti, Rika, Suci Lia Sari, and Indra Bangsawan. “Pendidikan Karakter Untuk Anak Usia Dini.” Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan Dan Konseling 3, no. 02 (July 6, 2020). https://doi.org/10.46963/mash.v3i02.150.
Devinda Ramdani, Ameliya Ameliya, Kharisma Fresty, and Ilham Hudi. “Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pendidikan Karakter: Analisis Kritis Terhadap Pendidikan Kewarganegaraan Di Indonesia.” Garuda: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Dan Filsafat 2, no. 3 (July 12, 2024). https://doi.org/10.59581/garuda.v2i3.3892.
Febriantina, Susan, Dinda R. Anggrayni, Lala Aprilia, Sabrina, and Siti Ukhfiya. “Implementasi Pendidikan Karakter Pada Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Pedagogik Pendidikan Dasar 8, no. 1 (2021).
Fink, Arlene. Conducting Research Literature Reviews: From the Internet to Paper. California: SAGE Publishing, 2010.
Harahap, Henrawansyah. “Pengintegrasian Nilai-Nilai Agama Islam Pada Pembelajaran Di Sekolah.” Jurnal Literasiologi 7, no. 1 (October 13, 2021). https://doi.org/10.47783/literasiologi.v7i1.270.
Hidayat, Syarip. “Integrasi Nilai Islam Dalam Pendidikan: Pembelajaran Integratif Di SMA Islam Al-Muttaqin Kota Tasikmalaya.” TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam 16, no. 1 (June 14, 2021). https://doi.org/10.19105/tjpi.v16i1.4665.
Ikhwan, Afiful. “Integrasi Pendidikan Islam (Nilai-Nilai Islami Dalam Pembelajaran).” Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (November 1, 2014). https://doi.org/10.21274/taalum.2014.2.2.179-194.
Khofifah Hera Wenzana, Hanina Nafilah, Melda Novitasari, Nur Hafizah, Alfira Nur Adella, and Dhea Meiza Azzahra. “Peran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membangun Toleransi Di Lingkungan Mahasiswa.” Garuda: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Dan Filsafat 2, no. 3 (July 19, 2024). https://doi.org/10.59581/garuda.v2i3.3960.
Lestari, Sri Hariyati. “Islamization Of Knowledge Of Ismail Raji Al-Faruqi In Typologies Of Science And Religion.” TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam 3, no. 2 (July 27, 2020). https://doi.org/10.52166/talim.v3i2.1998.
Lickona, Thomas. Mendidik Untuk Membentuk Karakter. Jakarta: Bumi Aksara, 2012.
Muhamad, Yan Mahdi, Suwarma Al Muchtar, and Leni Anggraeni. “Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Upaya Internalisasi Nilai Toleransi Dalam Mencegah Potensi Radikalisme Di Universitas Pendidikan Indonesia.” Jurnal Educatio FKIP UNMA 7, no. 3 (September 16, 2021). https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1403.
Mukhtarom, Asrori, Ety Kurniyati, and Desri Arwen. “Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Perspektif Al-Qur’an.” MIQOT: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman 43, no. 1 (December 30, 2019). https://doi.org/10.30821/miqot.v43i1.667.
Nasution, Ansor. “Syed Muhammad Naquib al-Attas Syed Muhammad Naquib al-Attas: Islamization of Knowledge by Developing Genuine Islamic Paradigm: Islamization of Knowledge by Developing Genuine Islamic Paradigm.” JURNAL ISLAMIKA 4, no. 2 (2021). https://doi.org/10.37859/jsi.v4i2.3077.
Nurjanah, Maya. “Integrasi Nilai-Nilai Islam Dalam Pembelajaran Matematika Di Madrasah Ibtidaiyyah.” Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam Dan Pendidikan 13, no. 2 (2021). https://doi.org/10.47435/al-qalam.v13i2.741.
Pratomo, Wachid. “Memahami Pendekatan Dan Habituasi Pkn Sebagai Pendidikan Nilai Dan Moral Bagi Guru Di Sekolah Dasar.” Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An 2, no. 2 (2016).
Rachmadtullah, Reza, Harlinda Syofyan, and Dr. Rasmitadila. “The Role of Civic Education Teachers in Implementing Multicultural Education in Elementary School Students.” Universal Journal of Educational Research 8, no. 2 (February 2020). https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080225.
Snyder, Hannah. “Literature Review as a Research Methodology: An Overview and Guidelines.” Journal of Business Research 104 (November 2019). https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2019.07.039.
Solichati, and Musfiqon. “Integrasi Kurikulum Internasional, Nasional Dan Madrasah Untuk Meningkatkan Kualitas Lulusan Di MI Muslimat NU Pucang Sidoarjo.” International Journal on Integrated Education 3, no. 5 (May 5, 2020). https://doi.org/10.31149/ijie.v3i5.436.
Usmi, Rianda, and Samsuri Samsuri. “Urgensi Pendidikan Kewarganegaraan Global dalam Kurikulum Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Abad 21.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 7, no. 1 (March 30, 2022). https://journal2.um.ac.id/index.php/jppk/article/view/19478.
Wibowo, Arif, and Margi Wahono. “Pendidikan Kewarganegaraan: Usaha Konkret Memperkuat Multikulturalisme Di Indonesia.” Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan 14, no. 2 (December 31, 2017). https://doi.org/10.21831/civics.v14i2.16043.
Widyastono, Herry. “Muatan Pendidikan Holistik Dalam Kurikulum Pendidikan Dasar Dan Menengah.” Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 18, no. 4 (December 31, 2012). https://doi.org/10.24832/jpnk.v18i4.102.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i3.5104
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Fadillah Prabowo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.