Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantuan Audio Visual Terhadap Minat dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V Sekolah Dasar Gugus IV Kecamatan Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar

Sriwahyuni Sriwahyuni, Nursalam Nursalam, Idawati Idawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pengaruh penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantuan Audio Visual Terhadap Minat dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V Sekolah Dasar Gugus IV Kecamatan Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan Pretest Posttest Control Group Design yang memiliki kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah murid kelas IV Gugus IV Kecamatan Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar dan sampel yaitu UPT SD Negeri 39 Centre Palleko sebanyak 27 orang dan SD Negeri 167 Inpres Malewang sebanyak 27 orang yang jumlah keseluruhan sebanyak 54 orang. Tekhnik analisis data menggunakan Uji Manova dengan SPSS versi 30 untuk melihat pengaruh penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw menggunakan Audio Visual terhadap Minat Belajar dan Hasil Belajar IPS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa minat dan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih besar pengaruhnya dibandingkan minat dan hasil belajar siswa pada kelas kontrol, hal ini dilihat dari persentase dan deskripsi minat dan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini membuktikan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantuan Audio Visual berpengaruh terhadap minat belajar dan hasil belajar IPS Kelas V Sekolah Dasar Gugus IV Kecamatan Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar.


Keywords


Kooperatif Tipe Jigsaw, Minat, Hasil

Full Text:

PDF

References


Aulia, Lulu Rahma, and Yulia Nuraeni Pebriani. “Mengembangkan Keterampilan Sosial Dalam Kehidupan Melalui Model Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar.” Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS 17, no. 1 (April 2023). https://doi.org/10.21067/jppi.v17i1.6742.

Ichsan, Jazilatur Rahmah. “Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar.” SNHRP, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, 2021.

Koyan, I. Wayan. Statistik Pendidikan Teknik Analisis Data Kuantitatif. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Press, 2012. https://scholar.google.com/scholar?cluster=2087280649252288233&hl=en&oi=scholarr.

Lubis, Nur Ainun, and Hasrul Harahap. “Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw.” Jurnal As-Salam 1, no. 1 (2016).

Maryani, Maryani, and Suparno Suparno. “Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dengan Minat Belajar Ips Siswa Sekolah Dasar Negeri Mangunsari 02 Salatiga.” JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) 4, no. 2 (September 2018). https://doi.org/10.30870/jpsd.v4i2.3870.

Ningrum, Wasiatul Mahfidhoh Jaya, Irma Soraya, and Asep Saepul Hamdani. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Mode KAMP Untuk Meningkatkan Keterlibatan Siswa Dalam Pembelajaran PAI.” Kariman 12, no. 1 (2024).

Nurhasanah. Pendidikan IPS SD: Tinjauan Perkembangan Kurikulum IPS SD. 2014.

Pujiono. “Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VI SDN 1 Tameng Tahun 2018/2019.” Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series 3, no. 4 (December 2020). https://doi.org/10.20961/shes.v3i4.55676.

Rangkuti, Anna Armeini. Statistika Inferensial Untuk Psikologi Dan Pendidikan. Jakarta: Kencana, 2017.

Sanjani, Maulana Akbar. “Tugas Dan Peranan Guru Dalam Proses Peningkatan Belajar Mengajar.” Jurnal Serunai Ilmu Pendidikan 6, no. 1 (2020).

Setiawan, Deny, Tumiar Sidauruk, Fitra Delita, Arfan Diansyah, Abd Haris Nasution, Ayu Febryani, Maryatun Kabatiah, Wira Fimansyah, and Ayu Rulyani. Pembelajaran IPS Terpadu. Medan: Yayasan Kita Menulis, 2022. https://scholar.google.com/scholar?cluster=15836748003710484389&hl=en&oi=scholarr.

Setyawan, Dicky. “Membangun Generasi Emas: Peran Pendidikan Dalam Membentuk Masa Depan Bangsa.” Jurnal Pembelajaran, Kurikulum dan Teknologi Pendidikan 1, no. 1 (February 2025).

Suryanita Sp, Ni Putu, and Ni Nyoman Kusmariyatni. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru 2, no. 3 (September 2019). https://doi.org/10.23887/jippg.v2i3.14282.

Susanto, Ahmad. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana, 2016.

Widyaningrum, Marsita Dewi, and N. Harjono. “Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda) 2, no. 2 (2019).




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i4.5109

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Sriwahyuni, Nursalam, Idawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

seributoto

 

https://atasehirliyiz.net/

POSKOBET

https://www.chancerylaneprimitives.com/

 

https://atasehirliyiz.net/

POSKOBET

POSKOBET

https://www.chancerylaneprimitives.com/

 

https://professordeespanholsergio.com/

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

https://bomontiescort.com/

https://icfireland.org/

https://www.bearlakemonsterswim.com/

https://countersatisfiable.org/

https://www.discoverhurley.org/

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303