Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA Kelas V di Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh temuan permasalahan adanya siswa yang mengalami kesulitan belajar pada pembelajaran IPA. Hal ini dibuktikan dengan rendahnya penilaian harian yang dicapai oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar yang dialami oleh siswa. Desain penelitian pada penelitian ini adalah deskripif kualitatif. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Gununglarang 3 Kabupaten Majalengka, berjumlah 4 orang yang berkesulitan belajar IPA, guru kelas, dan orang tua siswa. Pada penelitian ini teknik pengumpulan data mengunakan teknik wawancara untuk mendapatkan informasi mengenai hambatan belajar yang dirasakan oleh siswa. Teknik pengumpulan data lainnya yang digunakan lainnya adalah dokumentasi. Dokumentasi berupa nilai penilaian harian siswa. Dengan analisis penelitian data Interactive Analysis Model. Hasil pada penelitian ini menunjukkan adanya kesulitan belajar yang dialami siswa. Kesulitan belajar diantaranya adalah dalam memahami penjelasan dan kesulitan memahami materi. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal meliputi pembelajaran yang tidak diperhatikan, antusias belajar rendah dan kurangnya konsentrasi siswa. Faktor eksternal diantaranya kurangnya perhatian orang tua, penyajian materi yang monoton, dan sarana prasarana pembelajaran yang belum memadai.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amaliyah, Marisa. “Analisis Kesulitan Belajar dan Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar IPA Siswa SMP Negeri 4 Singaraja.” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI) 4, no. April (2021).
Anderson, C. “The role of emotions in student learning: How anxiety affects cognitive performance.” Journal of Educational Psychology 112, no. 4 (2020).
Hazmi, Nahdatul. “Tugas Guru dalam Proses Pembelajaran.” Journal of Education and Instruction (JOEAI) 2, no. 1 (2019). https://doi.org/10.31539/joeai.v2i1.734.
Hidayat, A., dan Y. Suryani. “The impact of classroom environment on student learning outcomes in science education.” Jurnal Pendidikan Sains 18, no. 3 (2020).
Hidayat, A, dan R Dewi. “The impact of environmental noise on student learning performance in science education.” Jurnal Pendidikan Sains 23, no. 1 (2021).
Iswanto, S, dan E Rahmawati. “The role of science laboratory facilities in enhancing elementary school students’ understanding of science concepts.” Jurnal Pendidikan Sains 18, no. 2 (2022).
Kartika, R, dan T Mulyana. “The impact of peer relationships on student concentration in classroom learning.” Jurnal Pendidikan dan Psikologi 18, no. 2 (2021).
Muis, Abdul, Daeng Pawero, Institut Agama, Islam Negeri, dan Iain Manado. “Arah Baru Perencanaan Pendidikan dan Implikasinya Terhadap Kebijakan Pendidikan” 4, no. 1 (2021).
Nugroho, A, dan D Prasetyo. “Parental involvement and its effect on student motivation and academic achievement in science education.” Jurnal Pendidikan Dasar 15, no. 3 (2022).
Nugroho, S, dan R Sari. “Peran orang tua dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA di sekolah dasar.” Jurnal Pendidikan Keluarga 14, no. 1 (2023).
Nurhayati, S, dan M Setiawati. “Environmental factors affecting student concentration and learning outcomes.” Jurnal Pendidikan Dasar 22, no. 3 (2020).
Prasetyo, A, dan N Hidayati. “Parental support and its influence on student talent development in science education.” Journal of Family and Education 16, no. 1 (2023).
Pratiwi, D, dan A Putra. “The impact of experiential learning on students’ interest and achievement in science education.” Jurnal Pendidikan dan Teknologi 13, no. 2 (2022).
Purwanto, A, M Iskandar, dan I Nurul. “The impact of family economic status on students’ access to science learning resources in elementary schools.” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 19, no. 1 (2022).
Putra, A, dan I Ramadhan. “Environmental factors affecting learning: Noise and distractions in students’ study habits.” Jurnal Pendidikan dan Teknologi 14, no. 3 (2023).
———. “The role of experimental learning in enhancing student engagement and understanding of science.” Jurnal Pendidikan dan Teknologi 12, no. 1 (2022).
Rahmah, Nur, dan Nur Afifa. “Analisis Kesulitan Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.” Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar 7, no. 3 (2023). https://doi.org/10.26811/didaktika.v7i3.1264.
Rahmawati, A, dan R Suryani. “Developing talent in elementary school students through active learning in science education.” Journal of Educational Psychology 14, no. 1 (2023).
Rosmalinda, Desy, dan Zukyanty Marni. “Dukungan Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas Unggul.” Jurnal Gentala Pendidikan Dasar 4, no. I (2019).
Santosa, R, dan D Prasetyo. “The impact of time constraints on the teaching of science in elementary school education.” Jurnal Ilmu Pendidikan 19, no. 1 (2021).
Sari, L. “Faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar.” Jurnal Ilmu Pendidikan 16, no. 4 (2021).
Sari, L, dan A Pratama. “The impact of student anxiety on academic performance in elementary school: A case study on science learning.” Jurnal Pendidikan dan Psikologi 15, no. 2 (2022).
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, 2022.
Sulaiman, H., L Hafizah, dan A Lestari. “Penyesuaian Metode Pembelajaran untuk Siswa dengan Cacat Tubuh di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Inklusif 14, no. 2 (2022).
Sulistyo, H, dan A Firdaus. “The influence of school environment and facilities on science learning outcomes in elementary schools.” Jurnal Pendidikan Dasar 19, no. 2 (2020).
Suryani, R., dan A Nugroho. “Parental engagement and student performance in science education: An exploration of challenges and strategies.” Jurnal Ilmu Pendidikan 17, no. 4 (2023).
Susanti Evi, Reny Eka. “Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Learning Cycle 6f-Problem Posing Terhadap Motivasi Belajar Pada Materi Hidrolisis Garam.” Prosiding: Konferensi Nasional Matematika dan IPA Universitas PGRI Banyuwang 1, no. 1 (2019).
Tania, Ai Nina, Din Azwar Uswatun, dan Astri Sutisnawati. “Pengaruh Media Lagu terhadap Kemampuan Kognitif Siswa dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata 4, no. 2 (2023). https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i2.946.
Utaminingtyas, Siwi, Subaryana Subaryana, dan Erina Nur Endah Puspitawati. “Pengaruh Motivasi Belajar Dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika.” Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan 8, no. 2 (2021). https://doi.org/10.25134/pedagogi.v8i2.4157.
Wahyu, F, M Rini, dan N Yuli. “Dampak Cacat Tubuh terhadap Partisipasi Siswa dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Inklusif 9, no. 1 (2020).
Wibowo, A, dan E Hartati. “Inquiry-based learning in science education: improving student engagement and achievement.” Jurnal Pendidikan Dasar 18, no. 3 (2020).
Wibowo, D. “Minat belajar dan dampaknya terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran IPA di sekolah dasar.” Jurnal Pendidikan Dasar 9, no. 2 (2020).
Wibowo, D, dan L Sari. “Motivation and its impact on students’ readiness to learn science in elementary school.” Jurnal Pendidikan Dasar 9, no. 2 (2021).
Wijaya, R, dan H Rosyadi. “Curriculum constraints in primary school science education and their effect on learning outcomes.” Jurnal Pendidikan dan Pengajaran 20, no. 1 (2022).
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i3.5123
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Karan Bagas Adrian, Ali Ismail, Aah Ahmad Syahid

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.