Pengembangan Media Beruntun (Belajar Seru Pantun) sebagai Media Pembelajaran Keterampilan Menulis Pantun di Kelas V
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peserta didik yang mengalami kesulitan menulis pantun sesuai kaidah yang benar. Penggunaan media pembelajaran digital sangat dibutuhkan untuk menambah rasa antusias peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran yang dapat dijadikan sebagai alat bantu pembelajaran menulis pantun bagi peserta didik kelas V. Media pembelajaran ini diberi nama BERUNTUN yaitu belajar seru pantun. Metode penelitian yang digunakan adalah metode design and development (D&D). Adapun media ini dikembangkan dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari tahapan analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Media BERUNTUN terdiri dari berbagai menu, dengan menu unggulan yaitu menu ayo, menulis pantun yang dapat mengoreksi pantun yang telah dibuat oleh peserta didik dengan kesesuaian kaidah penulisan pantun yang benar. Hasil validasi ahli materi dan ahli media berturut-turut sebesar 82,14% dan 96,42%, keduanya dalam kategori interpretasi sangat layak. Pada tahap implementasi dilakukan di dua sekolah, menunjukkan respon peserta didik sangat baik, dengan persentase 87,97% di SD A dan 86,04% di SD B. Kemudian, diperoleh juga hasil dari respon kedua guru dengan persentase 100% kategori sangat baik. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa media BERUNTUN (Belajar Seru Pantun) diterima dengan baik oleh guru dan peserta didik, serta berpotensi digunakan secara mandiri dalam pembelajaran menulis pantun.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adzkiya, Dilla Safira, and Maman Suryaman. “Penggunaan Media Pembelajaran Google Site Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas V SD.” Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan 6, no. 2 (2021). https://doi.org/10.32832/educate.v6i2.4891.
Aeni, Ani Nur, Dadan Djuanda, Rini Nursaadah, Salsabila Baliani, and Putri Sopian. “Media Pembelajaran Untuk Memahami Materi Development of Word Wall Educative Game As Learning Media To Understand Islamic Religious Education Learning Subjects for Eleme.” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 11, no. 6 (2022).
Afrilia, N., H. Hamizi, and G. Witri. “Analisis Kemampuan Menulis Pantun Siswa Kelas V SD An-Namiroh Pusat Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru.” Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau (JOM FKIP UNRI), 2015.
Ali, Muhammad. “Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Sastra (Basastra) Di Sekolah Dasar.” PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 3, no. 1 (2020). https://doi.org/10.31851/pernik.v3i2.4839.
Aminah, Neneng, Surya Amami, Ika Wahyuni, Cita Dwi Rosita, and Anggita Maharani. “Pemanfaatan Teknologi Melalui Pelatihan Penggunaan Aplikasi Google Site Bagi Guru MGMP Matematika SMP Kabupaten Cirebon” 1 (2021).
Andini Putri, Khoirunisa, Enawar Enawar, Dilla Fadhillah, and Sumiyani Sumiyani. “Analisis Keterampilan Berbicara Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Sd Negeri Kutabumi 1 Kabupaten Tangerang.” Berajah Journal 1, no. 3 (2021). https://doi.org/10.47353/bj.v1i3.35.
Astuti, Marni, Legi Elfitra, and Fabio Testy Ariance Loren. “Pengembangan Media Pembelajaran Ludo Pantun Pada Pembelajaran Menulis Pantun.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti 10, no. 4 (2023). https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i4.1869.
Febrianti, Elviana, Neni Wahyuningtyas, and Nurul Ratnawati. “Pengembangan Multimedia Interaktif ‘SCRIBER’ Untuk Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama.” Edukasi: Jurnal Pendidikan 19, no. 2 (2021). https://doi.org/10.31571/edukasi.v19i2.3005.
Hafida, S N, and I Mukhlishina. “Pengembangan Media Kartu Pantun Dalam Pembelajaran Menulis Pantun Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar.” Jurnal Basataka (JBT) 6, no. 1 (2023). https://doi.org/10.36277/basataka.v6i1.236.
Hapsari, Gita Permata Puspita, and Zulherman Zulherman. “Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa.” Jurnal Basicedu 5, no. 4 (2021). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1237.
Kiuk, Y, I.G.W Suputra, and L.D.S Adnyani. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Melalui Strategi Please” Indonesian Gender and Society Journal 2, no. 1 (2021). https://doi.org/10.23887/igsj.v2i1.39207.
Melinda Pratiwi, S., W. Hidayat, and M. Rizal Fauzi. “Analisis Kekeliruan Menulis Teks Pantun Pada Siswa Sd Kelas V.” COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education) 3, no. 5 (2020). https://doi.org/. https://doi.org/https://doi.org/10.22460/collase.v3i5.4564.
Muliyana, Dewi, and Yenita Roza. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Powerpoint- Geogebra Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMP / MTs” 06, no. 01 (2022). https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1038.
Nalarita, Yulia, and Tomi Listiawan. “Pengembangan E-Modul Kontekstual Interaktif Berbasis Web Pada Mata Pelajaran Kimia Senyawa Hidrokarbon Yulia.” Multitek Indonesia: Jurnal Ilmiah 12, no. 2 (2018). https://doi.org/10.24269/mtkind.v12i2.1125.
Nurhayati, N, Yuliawati Yunus, and Astri Indah Juwita. “Perancangan Dan Pembuatan Aplikasi Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Produk Kreatif Dan Kewirausahaan.” Jurnal Pti (Pendidikan Dan Teknologi Informasi) Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universita Putra Indonesia “Yptk” Padang 8, no. 1 (2021). https://doi.org/10.35134/jpti.v8i1.38.
Pranata, Jodi, Ani Azzahra, Ahmad Budiman, Sri Wahyunigsih, and Lisdwiana Kurniati. “Pelatihan Menulis Pantun Pada Siswa Kelas VII Di SMPIT Mulia Boarding School (Smp Imbos),” Pranata 7, no. 2 (2020). http://dx.doi.org/10.31000/ijoee.v1i2.2934.
Putra, Lovandri Dwanda, and Suci Zhinta Ananda Pratama. “Pemanfatan Media Dan Teknologi Digital Dalam Mengatasi Masalah Pembelajaran.” Journal Transformation of Mandalika. 4, no. 8 (2023).
Richey, R. C., and J. D. Klein. Design and Development Research. Routledge : New York., 2009.
Rohimah, Helma. “Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Pantun Siswa Sekolah Dasar.” Buletin Ilmiah Pendidikan 2, no. 1 (2023). https://doi.org/10.56916/bip.v2i1.442.
Rosniati, N., I. Nurmahanani, and N. T Antik Sari. “Penerapan Model Multuliterasi Transformasi Berbantuan Media Poster Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Pantun Siswa Sekolah Dasar.” Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 9, no. 1 (2024). https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.11637.
Rusdi, M. Penelitian Desain Dan Pengembangan Kependidikan. Depok: PT RajaGrafindo Persada., 2019.
Salsalina, Deri, and Br Sitepu. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Google Sites Pada Materi Ikatan Ion Dan Kovalen Untuk SMA Kelas X” 1, no. 5 (2022).
Suryani, N., A. Setiawan, and A Putria. Media Pembelajaran Inovatif Dan Pengembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya., 2019.
Wulandari, Amelia Putri, Annisa Anastasia Salsabila, Karina Cahyani, and Tsani Shofiah. “Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar” Journal on Education 05, no. 02 (2023). https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074.
Yuliawijayanti, Inar. “Media Dalam Pemberian Layanan Bk Bagi Siswa Kelas X Di SMK Negeri 1 Wirosari.” Jurnal Prodi Bimbingan Dan Konseling UNISRI Surakarta 9, no. 1 (2023). https://doi.org/10.33061/jm.v9i1.8115.
Yundayani, Audi, Agus Sulaeman, Frimadhona Syafri, and Fiki Alghadari. “Penguatan Kajian Pantun Indonesia Sebagai Sebuah Topik Penelitian.” Jurnal Abdimas Prakasa Dakara 3, no. 1 (2023). https://doi.org/10.37640/japd.v3i1.1685.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i3.5139
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Raisya Ramadhina Hendra, Dadan Djuanda, Prana Dwija Iswara

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.