Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Religius melalui Ekstrakurikuler di SD Alam Muhammadiyah Indrasari Martapura
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi proses dan hasil internalisasi nilai-nilai karakter religius melalui kegiatan ekstrakurikuler keagamaan di SD Alam Muhammadiyah Indrasari Martapura. Sebagai lembaga pendidikan yang berbasis agama Islam dan penanaman akhlakul karimah, SD Alam Indrasari Martapura memiliki tanggung jawab yang besar untuk membimbing siswa, termasuk dalam pembentukan karakter religius peserta didik agar menjadi siswa dan siswi yang memiliki akhlak karimah dan memahami ajaran Islam dengan baik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi terhadap kepala sekolah, guru pembina, serta siswa. Proses internalisasi dilaksanakan melalui strategi pembiasaan, keteladanan, integrasi pembelajaran, dan pendekatan personal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan ekstrakurikuler keagamaan secara efektif membentuk karakter religius siswa, yang tercermin dalam peningkatan kedisiplinan ibadah, sikap tanggung jawab, kepedulian sosial, dan kebiasaan positif lainnya. Faktor pendukung utama keberhasilan strategi ini adalah peran fasilitator yang menjadi teladan dan lingkungan sekolah yang mendukung. Adapun tantangan yang dihadapi adalah belum selarasnya nilai-nilai religius yang ditanamkan di sekolah dengan pola asuh di rumah. Oleh karena itu, sinergi antara pihak sekolah dan orang tua menjadi penting untuk menjaga kesinambungan pembentukan karakter religius siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adisusilo, S. Pembelajaran Nilai-Karakter: Konstruktivisme Dan VCT Sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada., 2012.
Arikunto, Suharsimi. “Metode Penelitian Metode Penelitian.” Metode Penelitian Kualitatif, no. 17 (2017).
Atin, S, and M. Maemonah. “Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Religius Melalui Pembelajaran Akidah Akhlak Di Madrasah Ibtidaiyah.” EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan 20, no. 3 (2022). https://doi.org/. https://doi.org/10.32729/edukasi.v20i3.1302.
Creswell, J. W. Penelitian Kualitatif & Desain Riset : Memilih Di Antara Lima Pendekatan. In Mycological Research., 2020.
Hadi, W. “Internalisasi Nilai - Nilai Religius Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Kerohanian Islam Di SMP Negeri 47 Surabaya,” 2020.
Khoirunnisa, O. “Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Religius Dalam Kegiatan Program ‘Bina Karakter Islami’ Di SMP Islam Al -Irsyad Cilacap,” 2023.
Luthfiyah, Rifa, and Ashif Az Zafi. “Penanaman Nilai Karakter Religius Dalam Perspektif Pendidikan Islam Di Lingkungan Sekolah RA Hidayatus Shibyan Temulus.” Jurnal Golden Age 5, no. 2 (2021).
Maryam, S. “Internalisasi Nilai-Nilai Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan Di SMAI Miftahul Ulum Jatiurip Krejengan.,” 2019.
Miles Matthew, B, A Michael Huberman, and Johny Saldana. Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. 3rd ed. Beverly Hills: SAGE Publications, 2014.
Mof, Y, and W Ramadan. Implementasi Pendidikan Karakter Religius Di SMA Se Kalimantan Selatan. Antasari Press, 2019.
Moleong, L. J. Metode Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya., 2007.
Nubuwah, N, N. F Arief, and D Rodafi. “Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler.” Intizar 29, no. 1 (2023). https://doi.org/https://doi.org/10.19109/intizar.v29i1.14970.
Prihatmojo, A, and B Badawi. “Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar Mencegah Degradasi Moral Di Era 4.0.” DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik 4, no. 1 (2020). https://doi.org/https://doi.org/10.20961/jdc.v4i1.41129.
Sugiyono. “Memahami Penelitian Kualitatif.” Bandung: Alfabeta, 2016.
———. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALPABETA, 2021.
Zohriah, A, H Faujiah, A Adnan, and MSMN Badri. “Ruang Lingkup Manajemen Pendidikan Islam.” Jurnal Dirosah Islamiyah 5, no. 3 (2023).
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i4.5180
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Alfiannor, Faridi, Sunarto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.