ANALISIS MATERI POKOK BAHASA INDONESIA KELAS V MI/SD BERBASIS HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILLS)

Rora Rizky Wandini, Tuti Rezeki Awaliyah Siregar, Wahyu Iskandar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah materi pokok bahasa Indonesia didalam buku tematik kurikulum 2013 yang digunakan sebagai bahan ajar di kelas V MI/SD sudah berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills). Metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan pendekatan kepustakaan melalui sumber pustaka dari buku tematik kelas V MI/SD kurikulum 2013 dan dari berbagai sumber literatur lainnya. Kemudian dianalisis dan disajikan hasil temuan data secara objektif. Hasil dari penelitian didalam buku tematik kelas V kurikulum 2013 MI/SD belum dapat dikatakan sebagai bahan ajar yang berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills). Karena lebih dari 50% materi ajar yang disajikan masih berbasis LOTS (Low Order Thinking Skills).

Keywords


HOTS, Materi Pokok, Bahasa Indonesia

Full Text:

PDF

References


Abang, Kecamatan, I Nyoman Sumayasa, A A I N Marhaeni, and Nyoman Dantes. “Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas VI Di Sekolah Dasar Se Gugus VI.” E- Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Dasar 5 (2015): 1–11.

Ali, Muhammad. “Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Sastra (Basastra) Di Sekolah Dasar.”PERNIK Jurnal PAUD 3, no. 1 (2020).

Alya, Novica. “01._UU_2003-20_Sisdiknas.Pdf,” n.d.

Dörnyei Zolt´n ,Teaching, Language. “Survey Article,” no. June 2009 (2012). https://doi.org/10.1017/S026144480001315X.

Eggen, Don Kauchak dan Paul. Strategi Dan Model Pembelajara. Jakarta: PT Indeks, 2012.

EL-Shaer, Ahlam, and Hala Gaber. “Impact of Problem-Based Learning on Student Critical Thinking Dispositions, Knowledge Acquisition and Retention.” Journal of Education and Practice 5, no. 14 (2014): 74–85. http://www.iiste.org/Journals/index.php/JEP/article/view/12992/13308.

Elvanisi, Ade. “Analisis Keterampilan Proses Sains Pada Sekolah Menengah Atas.” Jurnal Inovasi Pendidikan IPA 2, no. 4 (2018): 145–52.

Iskandar, W. “Evaluasi Program Pembelajaran Berbasis Hots (Higher Order Thinking Skills) Di Mi At-Taqwa Guppi Wojowalur Yogyakarta Tahun AJARAN 2018/2019.” Jurnal Bunayya I, no. 3 (2020): 168–95. http://jurnal.stit-al-ittihadiyahlabura.ac.id/index.php/bunayya/article/view/87.

Iskandar, Wahyu. “Analisis Kebijakan Pendidikan Dalam Perspektif Madrasah.” Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 4, no. 1 (2019): 1. https://doi.org/10.35931/am.v4i1.109.

———. “Kemampuan Guru Dalam Berkomunikasi Terhadap Peningkatkan Minat Belajar Siswa Di SDIT Ummi Darussalam Bandar Setia.” AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar 3, no. 2 (2019): 135. https://doi.org/10.29240/jpd.v3i2.1126.

Jailani, Agus Budiman dan. “Pengembangan Instrumen Asesmen Hgher Order Thinking Skill (HOTS) Pada Mata Pelajaran Matematika SMP Kelas VIII Semester I.” Jurnal Riset Pendidikan Matematika 1, no. 2 (2014): 141.

Khair, Ummul. “Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Sastra (BASASTRA ) Di SD Dan MI” 2, no. 1 (2018).

Kurikulum 2013 Sekolah Dasar Dan Madrasah Ibtidaiyah, "Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan No.21 Tahun 2016, n.d.

Kusmaharti, Achmad Fanani dan Dian. “Pengembangan Pembelajaran Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skill) Di Sekolah Dasar Kelas V.” JPD: Jurnal Pendidikan Dasar, 2018, 3.

Muhajir. “Arah Baru Pengajaran Bahasa Arab ‘Filsafat Bahasa, Metode Dan Pengembangan Kurikulum.’” Yogyakarta: FITK-UIN Sunan Kalijaga, 2017.

Nina Nurhasanah, Yetty Auliyati. “Pengembangan Nilai Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Higher Order Thinking Skills Di Sekolah Dasar.” Jurnal Pemberdayaan Sekolah Dasar (JPSD) 1, no. 1 (2013): 7–12.

Nugroho, R Arifin. HOTS Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi: Konsep, Pembelajaran, Penilaian, Dan Soal-Soal. Edited by Tri Yuli Kurniawati. Jakarta: PT Gramedia, 2018.

Peraturan, Lampiran. “Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah” 4, no. 4 (2016): 1–15.

Prastowo, Andi. Analisis Pembelajaran Tematik Terpadu. 1st ed. Jakarta: Kencana, 2019.

Purnaida. “Pengembangan Subject Specific Pedagogy Tematik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar HOTS Pada Peserta Didik Kelas IV MI Tema 3 Peduli Terhadap Makhluk Hidup.” AL-BIDAYAH 10, no. 02 (2018): 199.

Raub, Latifah Abdul, Nurbiha A Shukor, Mohammad Yusof Arshad, and Mohd Shafie Rosli. “An Integrated Model to Implement Contextual Learning with Virtual Learning An Integrated Model to Implement Contextual Learning with Virtual Learning Environment for Promoting Higher Order Thinking Skills in Malaysian Secondary Schools,” no. June (2015). https://doi.org/10.5539/ies.v8n13p41.

Saputra, Hatta. Pengembangan Mutu Pendidikan Menuju Era Global: Penguatan Mutu Pembelajaran Dengan Penerapan HOTS (High Order Thinking Skill). Bandung: SMILE’s Publishing, 2016.

Series, Conference. “Students ’ Reading Skills Related to Science Learning Using Big Book Media Students ’ Reading Skills r Elated to Science Learning Using Big Book Media,” 2019. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1318/1/012089.

Setiawan, Wawan. English Teaching Method, n.d.

Suhrianati. “Peningkatan Aktivitas Dan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Pembelajaran Kartu Bergambar Siswa Kelas Satu.” Jurnal Sagacious 3, no. 1 (2016): 37–42.

Susanto, Ahmad. Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Media Group, 2013.

Syamsuddin, Syamsuddin. “Upaya Membantu Kepala Madrasah Mempersiapkan Akreditasi Melalui Pemanfaatan Hasil Monitoring Standar Nasional Pendidikan Pada Madrasah Ibtidaiyah Swasta Miftahul Ulum Ambahai Kecamatan Paminggir Kabupaten Hulu Sungai Utara.” Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 3, no. 1 (2018): 111–35. https://doi.org/10.35931/am.v0i0.65.

Vaugham. “Vaugham-Significance-Socioeconomic-1995.Pdf,” n.d.

Yusuf Muhammad, “Kajian Teoritik Pengembangan Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Humanistik di Madrasah Ibtidaiyah”, Al-Arabiyah Jurnal, 7 no. 2 (2019):132-146




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v5i2.526

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.