Efektivitas Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Literasi Sains dan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPAS

Mokhammad Rizqi Zidane, Murtono Putro, Putri Arwinda

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap peningkatan kemampuan literasi sains dan motivasi belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain kuasi-eksperimen tipe pretest-posttest control group. Subjek penelitian terdiri dari 62 siswa yang dibagi secara merata ke dalam dua kelompok, yaitu kelas eksperimen yang mendapatkan perlakuan model inkuiri terbimbing dan kelas kontrol yang memperoleh pembelajaran dengan metode konvensional. Hasil uji statistik menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada kedua variabel dalam kelas eksperimen. Nilai N-Gain literasi sains mencapai 0,67 (kategori sedang), sedangkan motivasi belajar memperoleh skor 0,72 (kategori tinggi). Temuan ini mengindikasikan bahwa model inkuiri terbimbing efektif dalam meningkatkan keterlibatan siswa secara kognitif dan afektif, serta mampu menciptakan pengalaman belajar yang aktif, kolaboratif, dan bermakna. Selain itu, pendekatan ini turut mendorong pengembangan kompetensi abad ke-21 seperti berpikir kritis dan pemecahan masalah. Oleh karena itu, model inkuiri terbimbing layak dijadikan strategi alternatif dalam pembelajaran IPAS di tingkat madrasah ibtidaiyah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran secara holistik.


Keywords


Inkuiri Terbimbing, Literasi Sains, Motivasi Belajar, IPAS

Full Text:

PDF

References


Amijaya, Lalu Sunarya, Agus Ramdani, and I Wayan Merta. “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik.” Jurnal Pijar Mipa 13, no. 2 (2018).

Azhari, MT, MP Al Fajri Bahri, MS Asrul, and T Rafida. Metode Penelitian Kuantitatif. books.google.com, 2023.

Bitu, Yuliana Sesi, Agustina Purnami Setiawi, Fransiskus Ghunu Bili, Sri Astuti Iriyani, and Elyakim Nova Supriyedi Patty. “Pembelajaran Interaktif: Meningkatkan Keterlibatan Dan Pemahaman Siswa.” J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan) 5, no. 2 (June 26, 2024). https://doi.org/10.25157/j-kip.v5i2.14697.

Bria, Maria Demetriana, Yudha Popiyanto, and Diyas Age Larasati. “Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar.” Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar 3, no. 2 (December 31, 2021). https://doi.org/10.30742/tpd.v3i2.964.

Fitriyani, Fitriyani, Budi Adjar Pranoto, and Rizki Umi Nurbaeti. “Pengaruh Motivasi Belajar Dan Percaya Diri Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V.” Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL 1, no. 02 (February 27, 2020). https://doi.org/10.46772/kontekstual.v1i02.159.

Komalasari, Baiq Sri, A Wahab Jufri, and Didik Santoso. “Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Literasi Sains.” Jurnal Penelitian Pendidikan IPA 5, no. 2 (2019).

Machali, I. Metode Penelitian Kuantitatif (Panduan Praktis Merencanakan, Melaksanakan, Dan Analisis Dalam Penelitian Kuantitatif). Query date: 2024-10-28 12:44:37. digilib.uin-suka.ac.id, 2021. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/50344/.

Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D | Perpustakaan Universitas Gresik. Accessed June 16, 2025. //digilib.unigres.ac.id%2Findex.php%3Fp%3Dshow_detail%26id%3D43.

OECD. PISA 2022 Results (Volume II): Learning During – and From – Disruption. PISA. OECD, 2023. https://doi.org/10.1787/a97db61c-en.

Sarifah, Fatikhatus, and Tutut Nurita. “Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Kolaborasi Siswa.” PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS 11, no. 1 (January 31, 2023).

Sarwono, AE, and A Handayani. Metode Kuantitatif. Query date: 2024-10-28 12:44:37. books.google.com, 2021. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=Tr2bEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR1&dq=metode+kuantitatif&ots=sKtO2DqSq2&sig=F6LtKm8ePKHcr4JI-YKtYFO_F8c.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2016.

Suwardani, Suwardani, Asrial Asrial, and Upik Yelianti. “Analisis Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Mata Pelajaran IPA SMP: (Analysis of Guided Inquiry Learning Models on Students’ Science Process Skills in Science Subjects in Junior High School).” BIODIK 7, no. 3 (September 30, 2021). https://doi.org/10.22437/bio.v7i3.13072.

Wahida, Miftahur, I Gede Margunayasa, and I Wayan Gunartha. “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar IPA Siswa SD.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti 9, no. 2 (2022).

Wartini, Ni Wayan. “Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis.” Journal of Education Action Research 5, no. 1 (2021).

Yanti, R. “Analisis Kemampuan Literasi Sains Ditinjau Dari Kebiasaan Membaca, Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar.” WASPADA (Jurnal Wawasan Pengembangan Pendidikan, no. Query date: 7 no 1 (2020). https://ejournal.undaris.ac.id/index.php/waspada/article/view/139.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i4.5301

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Mokhammad Rizqi Zidane, Murtono, Putri Arwinda

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

seributoto

 

https://atasehirliyiz.net/

POSKOBET

https://www.chancerylaneprimitives.com/

 

https://atasehirliyiz.net/

POSKOBET

POSKOBET

https://www.chancerylaneprimitives.com/

 

https://professordeespanholsergio.com/

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

https://bomontiescort.com/

https://icfireland.org/

https://www.bearlakemonsterswim.com/

https://countersatisfiable.org/

https://www.discoverhurley.org/

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303