Pola Asuh Orang Tua “Zaman Now” Terhadap Keterampilan Berbicara Anak Usia Dasar

Muhammad Majdi, Hj Rahimah, Muzdhalifah Muzdhalifah

Abstract


Pola asuh orang tua “zaman now” yang dimaksud adalah pola asuh orang tua pada masa pandemi (Covid-19) yang mengalami pergeseran karena segala aktivitas pendidikan anak dilakukan secara online artinya berdampak pada pola asuh orang tua, tidak terkecuali terhadap keterampilan berbicara anak. Keterampilan berbicara tersebut memiliki dampak, karena pada dasarnya anak senang bermain dan berinteraksi yang mana banyak dihabiskan di Sekolah. maka dari itu pola asuh orang tua penting bagi tumbuh-kembangnya keterampilan anak pada masa sekarang. Penelitian menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan induktif, subjek dalam penelitian adalah beberapa orang tua yang memiliki anak pada tingkat Sekolah dasar atau Madrasah Ibtidaiyah dampak Covid-19. Hasil penelitian dari 6 narasumber ditemukan bahwa pola asuh orang tua berbeda-beda. Hasilnya dijabarkan sebagai berikut: Narasumber 1 pola asuh Demokratis, narasumber 2 pola asuh Otoriter, narasumber 3 pola asuh Autoritatif, narasumber 4 pola asuh Demokratis, narasumber 5 pola asuh permisif, dan narasumber 6 pola asuh Demokratis dan Permisif. Hasil yang berbeda terjadi pada Narasumber yang ke-5 berdampak negatif karena kurang tegas dan kurang seimbangnya pengaruh orang tua sehingga orang tua dibawah kendali anak.

Keywords


Pola Asuh Orang Tua; “Zaman Now”; Keterampilan Berbicara Anak Usia Dasar.

Full Text:

PDF

References


E Lestari dan R Auliana, Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Prestasi Belajar Siswa Konsentrasi Patiseri SMK Negeri 1 Sewon, Bantul. Jurnal Pendidikan , Http://eprints.uny.ac.id/10617/1/JurnalErmaLestari/pdf. E.B, Surbakti, Parenting Anak.Jakarta: Kompas Gramedia, 2012. Euis Sunarti, Mengasuh Dengan Hati. Bandung: Elax Media Komputindo, 2004. Hasanatul Jannah, “Bentuk Pola Asuh Orangtua Dalam Menanamkan Perilaku Moral Pada Anak Usia Dini di Kecamatan Ampek Angkek”, dalam Jurnal PG-PAUD FIP, Universitas Negeri Padang. Henry Guntur Tarigan, Menulis: sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa, 1986. Hurlock, Perkembangan Anak. Jakarta:Erlangga, 1978. Isah Cahyani, modul pembelajaran bahasa Indonesia. Jakarta: direktorat jenderal pendidikan Islam, 2012. Maimunah Hasan, Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta : DIVA Press, 2009. Muhyani, Pengaruh Pengasuhan Orang Tua dan Peran Guru Di Sekolah Menurut Persepsi Murid Terhadap Kesadaran Religius dan Kesehatan Mental (Jakarta: Kementrian Agama Republik Indonesia, 2012. Nana Syaodih Sukmadinata, Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya,2015. Rabiyatul Adawiyah, Poa Asuh Orang Tua dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Anak, FKIP ULM Banjarmasin, Jurnal pendidikan, Http://pola-asuh-orang-tua-dan-implementasinya-ter/pdf. Diakses 13 Januari 2021. Rita Cahyati dan Rita Kusumah, Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran di Rumah Saat Pandemi Covid 19, PG PAUD STIKIP Muhamadiyah Kuningan, Vol.04 No 1 diakses 13 Januari 2021. Solchan T.W., Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Banten: universitas terbuka press, 2014. Sugiyono, Metode Penelitian Kualitatif untuk Penelitian yang Bersifat: Eksploratif Interaktif dan Konstruktif. Bandung: Alfabeta, 2017. Sumiati dkk, Kesehatan Jiwa Remaja Dan Konseling. Jakarta: Trans Info Media, 2014. Yeti Mulyati, dkk. Bahasa Indonesia. Banten: Universitas Terbuka, 2011.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i1.533

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.