Pengaruh Media Educandy Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V SD/MI

Berliana Salsabila, Desak Made Darmawati

Abstract


Media Educandy merupakan sebuah inovasi pembelajaran interaktif berbasis permainan yang dapat membantu guru dalam menciptakan suasana belajar yang menarik dan menyenangkan di era digital. Media ini menghadirkan berbagai fitur permainan edukatif yang dirancang untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas V MI Plus Fatahillah Ciledug, khususnya pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kuantitatif eksperimen dengan desain Quasi Experimental Design yang melibatkan dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang keduanya diberikan pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media Educandy memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa. Kelas eksperimen yang menggunakan media Educandy memiliki rata-rata hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media Educandy terbukti efektif digunakan dalam proses pembelajaran matematika di kelas V SD/MI sebagai media yang mampu meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa secara signifikan.


Keywords


Educandy, Hasil Belajar Matematika, Media Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Amelia Putri Wulandari, Annisa Anastasia Salsabila, Karina Cahyani, Tsani Shofiah Nurazizah, Zakiah Ulfiah. “Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar.” Journal on Education 05 (2023).

Hamalik, Oemar. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2019.

Hermawan, Iwan. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif, Kualitatif & Mix Method. Kuningan: Hidayatul Quran Kuningan, 2019.

Hidayati, Puja, Safrizal Safrizal, and Fadriati Fadriati. “Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar.” Limas Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 4, no. 1 (2023). https://doi.org/10.19109/limas_pgmi.v4i1.15855.

Kurniawati, Dewi, and Arta Ekayanti. “Pentingnya Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika.” Griya Journal of Mathematics Education and Application 3, no. 2 (2020).

Musholliyatin, and Dwi Puspitarini. “Efektivitas Media Educandy Dalam Meningkatkan Minat Belajar Fikih Di Mts Al-Azhar Ajung.” AL-ADABIYAH: Jurnal Pendidikan Agama Islam 5, no. 1 (March 2024). https://doi.org/10.35719/adabiyah.v5i1.892.

Nurhayati, Hermin, Langlang Handayani, and Nuni Wdiarti. “Keefektifan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Pelajaran IPS Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 7, no. 3 (July 2023). https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i3.5384.

Nurhikmah, Aisyah, Hasnah Putri Madianti, Putri Aiko Azzahra, and Arita Marini. “Pengembangan Media Pembelajaran Melalui Game Educandy Untuk Meningkatkan Karakter Belajar Siswa Di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora 2, no. 3 (2023).

Rahmawati, Rita, Desi Fitriyana, Ginung Pratidina, and Gotfridus Goris Seran. “Efektivitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bogor.” Karimah Tauhid 3, no. 2 (February 2024). https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i2.11607.

Safari, Yusuf, and Pina Nurhida. “Pentingnya Pemahaman Konsep Dasar Matematika Dalam Pembelajaran Matematika.” Karimah Tauhid 3 (2024).

Tampubolon, Juliana, Nurdini Atiqah, and Unedo Immanuel Panjaitan. “Pentingnya Konsep Dasar Matematika Pada Kehidupan Sehari-Hari Dalam Masyarakat.” Program Studi Matematika Universitas Negeri Medan 2, no. 3 (2019).

Wahyuni, Endang Sri. Model Pembelajaran Mastery Learning Upaya Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa. Yogyakarta: CV. Adanu Utama, 2020.

Wahyuningsih, Endang Sri. Model Pembelajaran Mastery Learning Upaya Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish, 2020.

Widiastuti, Ratna, Ika Candra Sayekti, and Rita Eryani. “Peningkatan Hasil Belajar Melalui Media Kuis Educandy Pada Peserta Didik Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5, no. 4 (2021). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1161.

Yogi Fernando, Popi Andriani, and Hidayani Syam. “Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan 2, no. 3 (2024). https://doi.org/10.59246/alfihris.v2i3.843.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i4.5357

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Berliana Salsabila, Desak Made Darmawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

seributoto

 

https://atasehirliyiz.net/

POSKOBET

https://www.chancerylaneprimitives.com/

 

https://atasehirliyiz.net/

POSKOBET

POSKOBET

https://www.chancerylaneprimitives.com/

 

https://professordeespanholsergio.com/

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

https://bomontiescort.com/

https://icfireland.org/

https://www.bearlakemonsterswim.com/

https://countersatisfiable.org/

https://www.discoverhurley.org/

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303