Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi dengan Model PBL Berbantuan Media Flipbook pada Siswa Kelas IV
Abstract
Berdasarkan hasil prapenelitian, keterampilan menulis narasi peserta didik kelas IV SD Negeri Gandri 1 Kecamatan Pangkur Kabupaten Ngawi masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis karangan narasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan di SDN Gandri 1 Kecamatan Pangkur Kabupaten Ngawi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi, presentasi, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan yang signifikan dalam keterampilam menulis narasi, hal itu ditunjukkan dengan hasil belajar siswa yang meningkat setelah diterapkan pembelajaran dengan menggunakan flipbook media gambar seri. Peningkatan hasil belajar siswa ditandai dengan peningkatan nilai rata-rata siswa pada pra siklus dan setelah dilaksanakan siklus I kemudian siklus II, yaitu pada pra siklus siswa mendapat nilai rata-rata 58,07 dengan prosentase ketuntasan 40% dari jumlah siswa, pada siklus I mendapat nilai rata-rata 75,75 dengan prosentase ketuntasan 70% dari jumlah siswa dan pada siklus II mendapat nilai 81,76 dengan prosentase ketuntasan 85% dari jumlah siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan media flipbook gambar seri efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Yunus, Tita Mulyati, and Hana Yunansah. Pembelajaran Literasi: Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. Bumi Aksara, 2021.
Akhyar, Fitria. “Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Dalam Kurikulum 2013 Sekolah Dasar.” Prosiding Seminar Nasional STKIP PGRI Bandar Lampung 1, no. 1 (2019). https://proceeding.stkippgribl.ac.id/index.php/semnas/article/view/7.
Astuti, Yanuarita Widi, and Ali Mustadi. “Pengaruh Penggunaan Media Film Animasi Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas V SD.” Jurnal Prima Edukasia 2, no. 2 (2014). https://doi.org/10.21831/jpe.v2i2.2723.
Awalia, Rani. “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Media Pembelajaran Flipbook Digital Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI DI MAN 2 KOTA MADIUN.” Skripsi, Universitas PGRI Madiun, 2024. https://eprint.unipma.ac.id/1389/.
A’yun, Dewi Quratul, Arnelia Dwi Yasa, and Anis Raudhatul Maghfiroh. “Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Gambar Kartun Seri Berbasis Flip-Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Narasi.” Seminar Nasional Dan Prosiding PPG Unikama 1, no. 1 (2024). https://conference.unikama.ac.id/artikel/index.php/ppg/article/download/764/630.
Cemelelioğlu Altın, Nur, and Hami Onur Bingöl. “Place of Flip Book Animation Technique in Communication Design Education.” Journal of Human Sciences 15, no. 2 (2018). https://doi.org/10.14687/jhs.v15i2.5346.
Dalman. Keterampilan Menulis. Fajar Interpratama Mandiri, 2016.
Ekasari, Anisa Diyah, Agus Nuryatin, and Wagiran Suwito. “Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Strategi Pikir Plus Dengan Menggunakan Media Gambar Peristiwa.” Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia 3, no. 1 (2014). https://doi.org/10.15294/jpbsi.v3i1.3984.
Hadi, Abd, Asrori, and Rusman. Penelitian Kualitatif Studi Fenomenologi, Case Study, Grounded Theory, Etnografi, Biografi. CV. Pena Persada, 2021.
Hamdayama, Jumanta. Metodologi Pengajaran. Bumi Aksara, 2016.
Hardiansyah, Dimas. “Pengembangan Media Flash Flipbook Dalam Pembelajaran Perakitan Komputer Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X TKJ SMK Negeri 7 Surabaya.” IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education 1, no. 3 (2016). https://doi.org/10.26740/it-edu.v1i3.17420.
Helda, Trisna, Rahayu Fitri, and Titiek Fujita Yusandra. “Hubungan Penguasaan Kosakata Siswa Sekolah Menengah Atas Terhadap Keterampilan Menulis Jenis-Jenis Karangan.” Literasi : Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia Serta Pembelajarannya 4, no. 2 (2020). https://doi.org/10.25157/literasi.v4i2.4122.
Hidayanti, Eva Nurdiana, Filia Prima Artharina, and Ismartiningsih. “Penggunaan Media Flipbook Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar.” Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru Universitas PGRI Semarang, 2023.
Jupriyanto, Jupriyanto, and Nuridin Nuridin. “Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru terhadap Aktivitas Belajar Siswa SD Negeri 04 Loning.” JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) 4, no. 1 (2019). https://doi.org/10.26737/jpdi.v4i1.944.
Maghfirothi, Nur Laili. “Pengembangan Flip Book Ipa Terpadu Bilingual Dengan Tema Minuman Berkarbonasi Untuk Kelas VIII SMP.” PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS 1, no. 03 (2013). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/3606.
Muslikhah, Riana Isti, Stats M, and Wiedy Murtini. “Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Berbantuan Flip Book terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Gaya Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pengantar Ekonomi dan Bisnis (Studi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas X Smk Negeri 1 Karangany.” Jurnal Pendidikan Insan Mandiri 1, no. 1 (2016). https://www.neliti.com/publications/120207/.
Noermanzah, Noermanzah. “Bahasa Sebagai Alat Komunikasi, Citra Pikiran, Dan Kepribadian.” Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 2019. https://ejournal.unib.ac.id/semiba/article/view/11151.
Sholihah, Rizki Amalia. “Praktik Pembelajaran Keterampilan Berbicara Di Masa Pandemi Covid-19.” NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran 5, no. 1 (2020). https://doi.org/10.35568/naturalistic.v5i1.977.
Suardi, Moh. Belajar Dan Pembelajaran. Deepublish, 2015.
Suharsimi, Arikunto. Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara, 2021.
Suwendra, Wayan. Metodologi Peneliti Kualitatif. Nilacakra Publishing House, 2018.
Tarigan, Henry Guntur. Menulis : Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa, 2008.
Wati, Santi Herlina, and Anang Sudigdo. “Keterampilan Menulis Karangan Narasi Sejarah Melalui Model Pembelajaran Mind Mapping Bagi Siswa Sekolah Dasar.” Prosiding Seminar Nasional PGSD UST, April 27, 2019. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/sn-pgsd/article/view/4760.
Zulfa, Tiara, Tursinawati Tursinawati, and Said Darnius. “Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 7, no. 4 (2023). https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i4.5451.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i4.5362
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Yunarmono Hantang Sapuntoro, Muhammad Hanif, Endang Sri Maruti, Wasilatul Murtafiah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.




