Applying Mindfulness to Increase Intrinsic Motivation in Children at SD 09 Rajik Bangka Belitung

Mizlan Mizlan, Wahyu Nurrohman, Yulianika Yulianika, Agus Alfaya Arif, Aqsha Cahya Abdilah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dampak penerapan mindfulness terhadap peningkatan motivasi intrinsik pada siswa sekolah dasar. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya keterlibatan belajar anak-anak yang lebih mengandalkan motivasi ekstrinsik dibandingkan dorongan dari dalam diri mereka sendiri. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode studi lapangan di SDN 09 Rajik, Bangka Belitung, penelitian ini melibatkan siswa kelas IV dan V, guru, orang tua, dan konselor sebagai informan. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara mendalam, observasi partisipatif, dokumentasi, dan diskusi kelompok terarah (FGD). Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktik mindfulness seperti pernapasan sadar, refleksi diri, dan mindful colouring mampu meningkatkan fokus, mengatur emosi, serta mendorong motivasi belajar yang berasal dari rasa ingin tahu dan kepuasan pribadi. Anak-anak lebih menjadi aktif, percaya diri, dan mandiri dalam proses belajar. Temuan ini menegaskan bahwa mindfulness merupakan strategi yang efektif untuk memperkuat motivasi intrinsik serta menciptakan lingkungan belajar yang sehat secara emosional dan akademik. Rekomendasi diberikan bagi pendidik, orang tua, dan institusi pendidikan untuk mengintegrasikan latihan mindfulness dalam aktivitas sehari-hari anak

Keywords


Pembelajaran Berbasis Kesadaran, Motivasi Intrinsik, Regulasi Diri Emosional, Strategi

Full Text:

PDF

References


Adhinugroho, Satya, Partono Nyanasuryanadi, Suherman, Ari Sugata, and Meri Setiawan. “Meditasi Mindfulness Untuk Meningkatkan Konsentrasi Siswa.” Cendikia Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran 3, no. 1 (2025).

Agusta, Ratu Meri, Sulthona Faturrohman, and Ully Arta Miladia. “Pengaruh Mindfulness Dalam Meningkatkan Kompetensi Sosial Emosional, Motivasi Belajar Dan Regulasi Emosi (Amigdala) Pada Siswa Sekolah Dasar.” PAIDAGOGIA: Jurnal Pengajaran Dan Pendidikan 1, no. 2 (2025).

Akmal, Sari Zakiah, Miwa Patnani, Entin Nurhayati, and Endang Fourianalistyawati. “Strategi Peningkatan Motivasi Dan Resiliensi Akademik Siswa SMK Melalui Pembekalan Guru Bimbingan Konseling.” Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat 5, no. 1 (2024).

Cholis, Nur, Wasino, Tri Joko Raharjo, Sri Sumartiningsih, and Agus Yuwono. “Implementasi Pembelajaran Sosial Emosional (Pse) Dalam Domain Pendidikan Terhadap Motivasi Peserta Didik.” Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 09, no. 04 (2024).

Deci, Edward L, and Richard M and Ryan. “The ‘What’ and ‘Why’ of Goal Pursuits: Human Needs and the Self-Determination of Behavior.” Psychological Inquiry 11, no. 4 (October 1, 2000). https://doi.org/10.1207/S15327965PLI1104_01.

Diputera, Artha Mahindra, Zulpan, and Gita Noveri Eza. “Memahami Konsep Pendekatan Deep Learning Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini Yang Meaningful, Mindful Dan Joyful: Kajian Melalui Filsafat Pendidikan.” JURNAL BUNGA RAMPAI USIA EMAS 10, no. 2 (2024). https://doi.org/10.24114/jbrue.v10i2.67168.

Fadillah, Muti’ah, Eva Latipah, and Rohmatun Lukluk Isnaini. “Eksplorasi Pembelajaran Berbasis Mindfulness Dalam Meningkatkan Fokus Dan Sikap Religius Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Di Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta.” J-Simbol: Jurnal Magister Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia 13, no. 1 (2025). https://doi.org/https://doi.org/10.23960/J-Simbol EKSPLORASI.

Hamidah, Nur, Hertien Koosbandiah Surtikanti, and Riandi. “Implementasi Education For Sustainable Development (ESD) Pada Universitas Lintas Negara Terhadap Tingkat Pengetahuan Dan Perilaku Kesadaran Lingkungan Mahasiswa.” Asian Journal Collaboration of Social Environmental and Education 1, no. 1 (2023). https://doi.org/10.61511/ajcsee.v1i1.2023.247.

Kabat-Zinn, Jon. “What Physicians , Psychologists , Scientists , Meditation Teachers , Educators , and Leaders Are Saying about Full Catastrophe Living,” 1990.

Maghfyra, Yasyfa, and Dewi Ayu Larassati. “Membangun Budaya Kerja Sehat Dan Berkinerja Tinggi: Mengintegrasikan Work-Life Balance Dalam Manajemen Kantor Melalui Penerapan Ergonomi Dan K3.” Indonesian Journal of Public Administration Review 1, no. 2 (2024). https://doi.org/10.47134/par.v1i2.2440.

Mahmudi, Mohammad Ali, Sitti Anggraini, Didik Cahyono, Fiena Saadatul Ummah, Vera Rosalina Bulu, Alexander Indrakusuma Linggi, Deasy Christia Sera, Laily Nurmalia, and Eliza Sutri Utami. Psikologi Pendidikan. Edited by Free Dirga Dwatra. Cetakan pe. Kota Padang Sumatera Barat: CV HEI Publishing Indonesia, 2024.

Nurishlah, Laesti, Anisa Nurlaila, and Mangun Rusnaya. “Strategi Pengembangan Motivasi Instrinsik Di Dalam Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar.” JURNAL MURABBI 2, no. 2 (2023). https://doi.org/https://doi.org/10.69630/jm.v2i2.20.

Rahmadini, Rizqika, and Rose Mini Agoes Salim. “Peran Persepsi Dukungan Sosial Sebagai Mediator Antara Trait Mindfulness Dan Motivasi Akademik Mahasiswa.” Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan 7, no. 3 (2023). https://doi.org/10.23887/jppp.v7i3.58907.

Ryan, R M, and E L Deci. Self-Determination Theory: Basic Psychological Needs in Motivation, Development, and Wellness. Guilford Publications, 2017. https://books.google.co.id/books?id=GF0ODQAAQBAJ.

Setiawan, Dody. “Pengaruh Mindfulness Dan Organizational Citizenship Behavior (Ocb) Terhadap Kinerja Pegawai Dengan Motivasi Intrinsik Sebagai Variabel Mediasi.” Tesis, 2024.

Sholeh, Moh., Ahmad Zubairi, and Dhanang Amoasidhi. “Praktik Mindfulness Di Sekolah Dasar : Dampaknya Terhadap Kesejahteraan Peserta Didik Dan Kesuksesan Akademik.” PROSIDING SEMINAR NASIONAL, 2024.

Suwandi, Riska Putri, Siti Mariyatul Koimah, Nur Amalia Zahra, and Mas Fierna Janvierna Lusie Putri. “Efektivitas Mindful Education Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Mental , Prestasi Akademik , Dan Keterampilan Sosial Siswa.” Academy of Social Science and Global Citizenship Journal 4, no. 2 (2024).

Suyatno, Dholina Inang Pambudi, and Wantini. Makna Dalam Bekerja Dan Profesionalisme Guru Di Indonesia. Cetakan pe. Banguntapan, Bantul, Yogyakarta: K-Media, 2023.

Wijayanto, Adi, Uin Sayyid, and Ali Rahmatullah Tulungagung. Nilai-Nilai Social Science Di Dunia Pendidikan Dan Masyarakat. Book Chapter. Vol. 1, 2024. https://doi.org/10.5281/zenodo.11385524.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i4.5363

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Mizlan, Wahyu Nurrohman, Yulianika, Agus Alfaya Arif, Aqsha Cahya Abdilah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

seributoto

 

https://atasehirliyiz.net/

POSKOBET

https://www.chancerylaneprimitives.com/

 

https://atasehirliyiz.net/

POSKOBET

POSKOBET

https://www.chancerylaneprimitives.com/

 

https://professordeespanholsergio.com/

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

https://bomontiescort.com/

https://icfireland.org/

https://www.bearlakemonsterswim.com/

https://countersatisfiable.org/

https://www.discoverhurley.org/

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303