Pengaruh Pola Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru di SDN Kersamaju Kabupaten Tasikmalaya
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di SDN Kersamaju, Kabupaten Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat. Kepemimpinan kepala sekolah memegang peranan penting dalam menentukan arah, budaya kerja, dan motivasi guru dalam menjalankan tugasnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui angket (kuesioner) berbasis skala likert. Skala likert ini digunakan untuk mengukur sikap, persepsi, dan pendapat para guru terhadap pola kepemimpinan kepala sekolah yang diterapkan. Setiap pernyataan dalam angket diberi skor, dari sangat tidak setuju hingga sangat setuju. Responden diminta untuk memberikan penilaian atas berbagai pernyataan yang berkaitan dengan kepemimpinan kepala sekolah dan dampaknya terhadap pelaksanaan tugas mereka di sekolah. Penilaian tersebut mencerminkan apakah responden mendukung (positif) atau tidak mendukung (negatif) dari pernyataan yang diberikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola kepemimpinan partisipatif yang diterapkan oleh kepala sekolah memiliki pengaruh signifikan terhadap peningkatan kinerja guru. Kepala sekolah yang melibatkan guru dalam pengambilan keputusan, membuka ruang komunikasi yang baik, serta memberikan motivasi dan dukungan yang cukup, mampu menciptakan lingkungan kerja yang kondusif dan produktif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pola kepemimpinan partisipatif dapat menjadi pendekatan yang efektif dalam meningkatkan profesionalisme dan kinerja guru di sekolah dasar, karena dengan pendekatan partisipatif, kepala sekolah bukan hanya sekedar memberi intruksi, namun ikut andil sebagai teladan yang baik pada saat melakukan berbagai kegiatan di sekolah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Elyati, Eni, Abdullah Idi, and Yulia Tri Samiha. “Sekolah/Madrasah Sebagai Organisasi.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 11, no. 001 (December 2022). https://doi.org/10.30868/ei.v11i4.3376.
Hasibuan, H. M. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara, 2019.
Kuswadi, Edi. “Peran Lingkungan Sekolah Dalam Pengembangan Mental Siswa.” EL-BANAT: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam 9, no. 1 (May 2019). https://doi.org/10.54180/elbanat.2019.9.1.62-78.
Kwartarani, Yunita, Islam Ali Akbar, and Irenne Putren. “Pengaruh Antara Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Budaya Organisasi Dengan Motivasi Kerja Pada Guru Sekolah Dasar Islam Al Ikhlas Di Kecamatan Cilandak Jakarta Selatan.” Jurnal Pendidikan Tambusai 9, no. 2 (July 2025). https://doi.org/10.31004/jptam.v9i2.29503.
Nurdianti, R., R. N. Fajar, and Hannan. Stop Bullying Untuk Meningkatkan School Well-Being. Semarang: Laporan PKM Penelitian Sosial Humaniora, 2016.
Ramlin, Ramlin, Andi Kaharuddin, Ramli Ramli, Hasmirawati Injar L, Sukmawati Sukmawati, M. Fadli, Umar Umar, and Asri Nova Rama. “Sosialisasi Implementasi Pendidikan Karakter Di Era 4.0 Bagi Peserta Didik Pada Pusat Kegiatan Belajar (Pkbm) Mitra Bakti Edukasi Di Desa Wonua Mbae Kecamatan Konawe.” Publikasi Ilmiah Bidang Pengabdian Kepada Masyarakat (SIKEMAS) 2, no. 1 (June 2023): 17–22. https://doi.org/10.47353/sikemas.v2i1.252.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: CV. Alfabeta, 2009.
Sukmawati, Anita, Sri Sundari, and Marisi Pakpahan. “Faktor Yang Memengaruhi Kinerja Karyawan: Kajian Studi Literatur Manajemen Sumber Daya Manusia.” Maeswara : Jurnal Riset Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan 2, no. 1 (2024). https://doi.org/10.61132/maeswara.v2i1.622.
Sunardi. “Fungsi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru.” Manajer Pendidikan 9, no. 6 (2015).
Suryosubroto, B. Manajemen Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta, 2004.
Suzanna, Dwi, Rizky Fauzan, and Nurul Komari. “Pengaruh Kompetensi Dan Kepemimpinan Terhadap Motivasi Kerja Serta Dampaknya Pada Kinerja Guru Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) Di Kabupaten Sintang.” Equator Journal of Management and Entrepreneurship (EJME) 11, no. 01 (January 2023). https://doi.org/10.26418/ejme.v11i01.60531.
Wahyudi, Muhammad. “Peran Kepala Sekolah Pada Era Digital Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di SMPN 1 Pariangan.” Skripsi, Universitas Islam Negeri (UIN) Mahmud Yunus Batusangkar, Batusangkar.
Widiastuti, lka. “Pengaruh Kepemimpinan Terhadap Kinerja Pegawai Di Dinas Pendidikan Kota Bandung.” JURNAL ILMIAH WIDYA 4, no. 2 (2017).
Widiyarti, Gemala, Muhammad Daliani, and Rosin Naibaho. “Analisis Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di MIS Al Khairat Deli Tua.” Jurnal Curere 8, no. 1 (2024).
Yustiyawan, Rachman Halim. “Penguatan Manajemen Pendidikan Dalam Mutu Pendidikan Tinggi Studi Kasus Di STIE IBMT Surabaya.” JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan) 4, no. 1 (October 2019). https://doi.org/10.26740/jdmp.v4n1.p1-10.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i4.5526
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Aqsha Cahya Abdilah, Euisy Dwi Nur Fadhilah, Hasna Nabilah Mumtaz, Diva Nur Wulandari, Fadhila Mizana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.