Pendidikan Agama Hindu di SD Negeri 2 Kaliasem Kecamatan Banjar Kabupaten Buleleng

I Made Padma, Nengah Bawa Atmaja, I Nyoman Raka

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peeristiwa pembelajaran pendidikan agama Hindu secara komprehensif mulai dari proses pembelajaran sampai dengan mendeskripsikan kendala pembelajaran agama Hindu di SD Negeri 2 Kaliasem. Deskripsi pembelajaran seperti ini penting guna dapat dijadikan dasar merumuskan saran tindak lanjut Pendidikan Agama di Sekolah Dasar, guna meningkatkan kualitas pendidikan agama Hindu di tingkat Sekolah Dasar. Dengan pendekatan deskriptif, penelitian ini dirancang memakai pendekatan kualitatif. Data digali melalui eksplorasi tiga teori yakni: Teori Kendala, Teori Pendidikan Sebagai Sebuah Sistem dan Teori Persepsi. Kemudian data dianalisis secara kualitatif dengan empat langkah yakni: deskripsi data, abstraksi data, interpretasi data dan diakhiri dengan penarikan simpulan. Melalui proses ini didapatkan simpulan bahwa: pembelajaran agama Hindu di SD Negeri 2 Kaliasem belum bisa dikatakan sempurna, ada beberapa kendala yang mesti diatasi untuk bisa menjadikan pembelajaran agama di SD Negeri 2 Kaliasem. Kendala terbesar ditamukan pada metode pembelajaran yang masih lemah di bidan penerapan teknologi, variasi bahan ajar maupun kendala fasilitas pembelajaran. Persepsi guru sudah menempatkan pentingnya ajaran agama ditanamkan pada anak sekolah dasar, namun kehadiran media sosial masih menjadi daya taarik tersendiri bagi siswa sehingga membuat pembelajaran agama Hindu belum mendapat perhatian lebih di kalangan peserta didik. Oleh karena itu saran tindak lanjut yang bisa diberikan antara lain: guru perlu diberikan pemahaman lebih dibidang metode pembelajaran, baik melalui work shop maupun melalui kegiatan MGMP, materi ajar perlu bervariasi, selain itu fasilitas praktik pembelajaran agama Hindu juga perlu ditingkatkan.


Keywords


Pendidikan Agama Hindu, Kendala, Saran Tindak Lanjut

Full Text:

PDF

References


A, Doni Koesoema. Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Grasindo, 2010.

Astawa, I. Pendidikan Agama Hindu: Teori Dan Praktik Di Sekolah Dasar. Udayana University Press, 2014.

Castaneda, Carlos. The Power of Silence: Further Lessons of Don Juan. Simon and Schuster, 1987.

Dewantara, Ki Hajar. Pemikiran, Konsepsi, Keteladanan, Sikap Hidup. Majelis Luhur Persatuan Tamansiswa, 1977.

Fowler, James W. Stages of Faith: The Psychology of Human Development and the Quest for Meaning. Harper & Row, 1981.

Gardner, Howard. Frames of Mind: The Theory of Multiple Intelligences. Basic Books, 1983.

Gateri, Ni Wayan. “Pendidikan Karakter Hindu.” Bawi Ayah: Jurnal Pendidikan Agama Dan Budaya Hindu 10, no. 1 (2019). https://core.ac.uk/download/pdf/285985418.pdf.

Lickona, Thomas. Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. Bantam, 1992.

Merta, I. Pendidikan Agama Hindu Dalam Konteks Pembelajaran Di Bali. Pustaka Bali, 2016.

Rohr, Richard. Falling Upward: A Spirituality for the Two Halves of Life. Jossey-Bass, 2011.

Saraswati, N. “Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Hindu Di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Agama Hindu 15, no. 2 (2017).

Subawa, Ida Bagus Gede. “Agama Hindu Dan Budaya Bali: Warisan Luhur Dalam Kehidupan Modern.” Kamaya: Jurnal Ilmu Agama 7, no. 4 (2024). https://doi.org/10.37329/kamaya.v7i4.3805.

Suparno, M. Peran Masyarakat Dalam Pendidikan Agama Hindu Di Sekolah. Universitas Warmadewa Press., 2015.

Suyanto. Pendidikan Karakter: Landasan, Pilar, Dan Implementasi. UNY Press, 2009.

Taylor, Barbara Brown. An Altar in the World: A Geography of Faith. Canterbury Press Norwich, 2009.

Wilber, Ken. Integral Psychology: Consciousness, Spirit, Psychology, Therapy. Integral Psychology: Consciousness, Spirit, Psychology, Therapy. Shambhala Publications, 2000.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i4.5538

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 I Made Padma, Nengah Bawa Atmaja, I Nyoman Raka

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

seributoto

 

https://atasehirliyiz.net/

POSKOBET

https://www.chancerylaneprimitives.com/

 

https://atasehirliyiz.net/

POSKOBET

POSKOBET

https://www.chancerylaneprimitives.com/

 

https://professordeespanholsergio.com/

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

https://bomontiescort.com/

https://icfireland.org/

https://www.bearlakemonsterswim.com/

https://countersatisfiable.org/

https://www.discoverhurley.org/

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303