Penerapan Kegiatan Eksperimen dalam Pembelajaran IPA Untuk Menumbuhkan Kolaborasi Mahasiswa PGSD

Zulfatul Khoiriyah, Sedya Santosa, Ikhlasul Ardi Nugroho, Siti Nurhidayati, Endah Susilowati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penerapan kegiatan eksperimen dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dapat menumbuhkan kemampuan kolaborasi mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Kegiatan eksperimen dalam pembelajaran tidak hanya bertujuan untuk memahami konsep IPA secara lebih mendalam, tetapi juga berperan dalam membentuk soft skills, khususnya keterampilan kolaboratif yang sangat dibutuhkan oleh calon guru di abad ke-21. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif deskriptif dengan melibatkan 41 mahasiswa PGSD semester IV Universitas Negeri Yogyakarta sebagai responden. Data dikumpulkan menggunakan angket yang mencakup empat aspek utama kolaborasi, yaitu komunikasi, kerja sama, tanggung jawab, dan pengambilan keputusan. Hasil analisis menunjukkan bahwa seluruh aspek tersebut berada dalam kategori “sangat tinggi”, dengan persentase skor: komunikasi 88%, kerja sama 90%, tanggung jawab 91%, dan pengambilan keputusan 90%. Selain itu, dari 12 indikator perilaku kolaboratif yang diteliti, indikator “mengikuti kegiatan eksperimen dengan penuh tanggung jawab” dan “menyelesaikan konflik dengan diskusi” memperoleh skor tertinggi. Temuan ini menunjukkan bahwa kegiatan eksperimen memberikan pengalaman belajar yang tidak hanya bersifat kognitif tetapi juga sosial dan emosional, serta mendorong interaksi positif antar mahasiswa. Oleh karena itu, kegiatan eksperimen sangat direkomendasikan sebagai metode pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kolaborasi dan menyiapkan mahasiswa menjadi pendidik profesional yang mampu mengimplementasikan pembelajaran aktif dan kontekstual di sekolah dasar.


Keywords


Eksperimen, Kolaborasi, Pembelajaran IPA, Mahasiswa PGSD

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S., ‘Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik’, p. Edisi Revisi 6. Jakarta : Rineka Cipta, 2009.

Creswell, John W., ‘Research Design. Pustaka Belajar.’, Buku, 2019.

D.Ibrahim, and Abdullah Mat Rasyid, ‘Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kolaborasi Antar Siswa Dalam Mata Kuliah Desain Dan Teknologi.’, Jurnal Pendidikan Dunia , 12.3 (2022).

Dewi, Ni Putu Ayu Kartika Sari, Kadek Ayu Kartika Septiana, Ngurah Artha Yoga Pratama, I Made Suamba, Ni Putu Wulantari, I Gede Gita Wiastra, and others, ‘Hand-on Activities in English Learning Ground Level At Sos Children’S Village Bali’, BESIRU : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1.7 (2024), doi:10.62335/q1wsjy33

Fadilurrahman, Muhammad, Ch Ismaniati, and Ali Mustadi, ‘Increasing Student Learning Activeness through Group Investigation’, Journal of Physics: Conference Series, 1233.1 (2019), doi:10.1088/1742-6596/1233/1/012079

Famewo, Benjamin, Pelumi Abiodun, Gbekeloluwa Oguntimein, and Oludare Owolabi, Dampak Pembelajaran Berpusat Pada Eksperimen Terhadap Pembelajaran Dan Kolaborasi Sejawat Di Antara Mahasiswa Teknik Lingkungan Di Perguruan Tinggi Dan Universitas Kulit Hitam, 2024.

Fitriyana, Nur, and LA Purwasi, ‘Pengembangan Modul Berbasis Discovery Learning Bagi Mahasiswa PGSD Universitas PGRI Silampari.’, JMPI, 9.1 (2024).

Garashkina, N. V., and A. A. Druzhinina, ‘Technology of Organising Students’ Project Activities towards Development of Educational Independence of a Future Pedagogue’, Perspektivy Nauki i Obrazovania, 65.5 (2023), doi:10.32744/pse.2023.5.9

Hilman, Irfan, and Meri Yusup, ‘Pengaruh Penerapan Pembelajaran Eksperiential Learning Pada Pembelajaran IPA’, Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2017 <http://www.ejurnal-stitpringsewu.ac.id>

Hosna, Rofiatul, Adibah Adibah, and Royyanatul Mahbubah Suharto, ‘Pembiasaan Sholat Dhuha Dalam Membentuk Karakter Siswa MTs An-Nur Pamekasan’, Artikel, 2.01 (2025), doi:10.21432/t21c7r

Khumraksa, B, and P Burachat, ‘The Scientific Questioning And Experimental Skills Of Elementary School Student: The Intervention O Research-Based Learning’, Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 11.4 (2022).

Micklich, Douglas L, ‘Meneliti Dimensi Kognitif, Afektif, Dan Psikomotor Dalam Pengembangan Keterampilan Manajemen Melalui Pembelajaran Eksperiensial: Mengembangkan Kerangka Kerja’, 38 (2014).

Molendijk, Lara, Seorang Ross Taplin, and AJ Brennan, ‘Bukti Empiris Faktor-Faktor Yang Meningkatkan Keterlibatan Siswa Dalam Kegiatan Pembelajaran Eksperiensial’, Isu-Isu Dalam Pendidikan Akuntansi, 2024, <http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPF/article/view/8861>

Nguyen, TH, Nguyen, HQ, & Chu, HM, ‘Memandu Mahasiswa Pedagogis Untuk Mendesain Dan Mengorganisir Aktivitas Pembelajaran Berbasis Pengalaman Di Sekolah’, Jurnal Internasional Pembelajaran, Pengajaran, Dan Penelitian Pendidikan, 19.9 (2020).

Povarenkina, Irina Alexandrovna, Natalia Hidarovna Frolova, and Yulia Vladimirovna Chicherina, ‘The Role of Group Dynamics in Creating a Developing Educational Environment of a University’, SHS Web of Conferences, 122 (2021), doi:10.1051/shsconf/202112204002

Rini, Tien Sulistyo, ‘Penanaman Karakter Religius Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembiasaan Shalat Dhuha.’, Jurnal Inovasi Media Pengajaran Dan Pembelajaran, 1.2 (2021), doi:10.29303/jppipa.v7i3.724.

Suriaman, Suriaman, Sri Hariati, Iksan Agus Salim, and Haris Haris, ‘Pengaruh Team-Based Project Terhadap Keterampilan Komunikasi, Kolaborasi, Dan Berpikir Kritis Mahasiswa’, Jurnal Kewarganegaraan, 2024.

Susanti, Dewi, Muhammad Zaini, and Aminuddin Prahatama Putra, ‘Panduan Praktis IPA Yang Dikembangkan Berdasarkan Keterampilan Berpikir Kritis: Hasil Tes Implementasi’, Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 4.2 (2022). <https://doi.org/10.20527/bino.v4i2.12412>

Susilowati, D., ‘Peningkatan Keaktifan Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Metode Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ipas.’, Khazanah Pendidikan, 2023.

Yokhebed, Yokhebed, ‘Profil Kompetensi Abad 21: Komunikasi, Kreativitas, Kolaborasi, Berpikir Kritis Pada Calon Guru Biologi Profile of 21st Century Competency: Communication, Creativity, Collaboration, Critical Thinking at Prospective Biology Teachers’, Bio-Pedagogi, 8.2 (2019).

Zahra’, Alfina Muniffatuz, and Sofa Ainur Rofiq, ‘Implementasi Pembiasaan Shalat Dhuha Dan Shalat Dhuhur Secara Berjamaa’ah Dalam Membentuk Karakter Disiplin Di MI Tarbiyatul Islam Kraksaan. Jurnal Bima’, Jurnal Bima, 2.4 (2024).




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i4.5539

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Zulfatul Khoiriyah, Sedya Santosa, Ikhlasul Ardi Nugroho, Siti Nurhidayati, Endah Susilowati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

seributoto

 

https://atasehirliyiz.net/

POSKOBET

https://www.chancerylaneprimitives.com/

 

https://atasehirliyiz.net/

POSKOBET

POSKOBET

https://www.chancerylaneprimitives.com/

 

https://professordeespanholsergio.com/

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

https://bomontiescort.com/

https://icfireland.org/

https://www.bearlakemonsterswim.com/

https://countersatisfiable.org/

https://www.discoverhurley.org/

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303