Literasi Sains Peserta Didik Berdasarkan Konteks Asesmen PISA
Abstract
Membangun literasi sains pada generasi masa kini diharapkan agar memiliki kemampuan dalam membangun pengetahuan sains dan teknologi untuk berperan dalam menentukan pilihan yang berdampak pada kelangsungan hidup saat ini dan masa mendatang. Salah satu cara mengukur tinggi rendahnya kemampuan literasi sains peserta didik adalah melalui asesmen, yang mana hasil asesmen PISA peserta didik Indonesia selama tiga tahun terakhir, yakni 2015, 2018, dan 2022 memiliki rerata pencapaian skor literasi sains yang menurun dengan rentang paling rendah pada tahun 2022 dengan jumlah 383. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif metode kombinasi (mixed methods) dengan desain sequential explanatory yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi sains peserta didik. Berdasarkan Penelitian tentang kemampuan literasi sains secara keseluruhaan terkategori rendah dengan persentase nilai 59,45%. Hal tersebut diuraikan kepada tiga aspek literasi sains yaitu aspek konteks termasuk dalam kategori sedang dengan perolehan nilai 60,11%; pada aspek pengetahuan termasuk ke dalam kategori rendah dengan perolehan sebesar 58,80%; dan pada aspek kompetensi termasuk dalam kategori rendah dengan perolehan nilai 59,25%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adawia, Rabiatul, Winny Anggraeni, Lisda Eunike Siboro Purba, Riyadi Riyadi, and Choirul Anwar. “Peningkatan Keterampilan Proses Sains Pada Materi Mengubah Bentuk Energi Melalui Penerapan Pendekatan CER Pada Siswa Kelas IV SDICT Al-Abidin Surakarta.” Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series 7, no. 4 (2024). https://doi.org/10.20961/shes.v7i4.97225.
Ariska, I., and D. Rosana. “Analysis of Junior High School Scientific Literacy Skills: Domain Competence on Vibrations, Waves and Sound Materials.” Journal of Physics: Conference Series 1440, no. 1 (2020). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1440/1/012094.
Arlis, Syamsu, Sri Amerta, Tin Indrawati, Zuryanty Zuryanty, Chandra Chandra, Sherlyane Hendri, Annisa Kharisma, and Muhardila Fauziah. “Literasi Sains Untuk Membangun Sikap Ilmiah Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Cakrawala Pendas 6, no. 1 (2020). https://doi.org/10.31949/jcp.v6i1.1565.
Banila, Lidya, Hana Lestari, and Ridwan Siskandar. “Apllication of Blended Learning with a STEM Approach to Improve Students’ Science Literacy Ability during the Covid 19 Pandemic.” Journal of Biology Learning 3, no. 1 (2021).
Budiono, Budiono. “Implementasi Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Bahasa Jawa Kelas V Di SD Negeri 1 Karanganyar.” Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan 9, no. 1 (2022). https://doi.org/10.30998/fjik.v9i1.10155.
Fauziah N. “Keterampilan Proses Sains Dalam Pembelajaran Ipa Di Madrasah Ibtidaiyah.” An-Nahdhah-Jurnal Imiah Kegamaan Dan Kemasyarakatan 11, no. 21 (2018).
Firdaus, M, and Asmali. “Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis Literasi Numerasi.” Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, Dan Pendidikan Menengah Direktorat Sekolah Menengah Atas Tahun 2021, 2021.
Kemendikbud. “Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial (IPAS) SD-SMA.” Merdeka Mengajar, 2022. https://guru.kemdikbud.go.id/kurikulum/referensi-penerapan/capaian-pembelajaran/sd-sma/ilmu-pengetahuan-alam-dan-sosial-ipas/.
Merta, I Wayan, I Putu Artayasa, Kusmiyati Kusmiyati, Nur Lestari, and Dadi Setiadi. “Profil Literasi Sains Dan Model Pembelajaran Dapat Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains.” Jurnal Pijar Mipa 15, no. 3 (2020). https://doi.org/10.29303/jpm.v15i3.1889.
OECD. Pisa 2022 Results. Factsheets. Vol. I, 2023. https://www.oecd-ilibrary.org/education/pisa-2022-results-volume-i_53f23881-en%0Ahttps://www.oecd.org/publication/pisa-2022-results/country-notes/germany-1a2cf137/.
———. “Pisa 2025 Science Framework.” OECD (Organisation for Economic Co-Operation and Development) Publication, no. May 2023 (2023).
Pratama, Rifqi, Mashudi Alamsyah, Martua Ferry Siburian, Giry Marhento, Jupriadi Jupriadi, George Louwis Jonathan, and Wirda Susanti. “Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPA.” Jurnal Pendidikan Mipa 14, no. 2 (2024). https://doi.org/10.37630/jpm.v14i2.1619.
Pratiwi, S.N., C. Cari, and N. S. Aminah. “21st Century Science Learning with Students’ Scientific Literacy.” Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika 9, no. 1 (2019).
Purwanto, M Ngallim. Prinsip-Prinsip Dan Teknik Evaluasi Pengajaran. 16th ed. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2020.
Ramli, Munasprianto, Baiq Hana Susanti, and Media Putri Yohana. “Indonesian Students’ Scientific Literacy in Islamic Junior High School.” International Journal of STEM Education for Sustainability 2, no. 1 (2022). https://doi.org/10.53889/ijses.v2i1.33.
Sugiyono. Metode Penelitian Dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta, 2017.
Tillah, Nurmazia, Firahma, and Hasan Subekti. “Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP Berdasarkan Indikator Dan Level Literasi Sains.” Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains, Dan Teknologi 12, no. 1 (2025).
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i4.5552
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Nurul Fauziah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.