Penggunaan Media Visual dalam Pembelajaran IPAS Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas V di SDN 008 Tana Tidung
Abstract
Media visual berfungsi sebagai alat bantu pembelajaran yang mengandalkan indra penglihatan untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. Berdasarkan pengamatan awal, metode ceramah dan pembelajaran berbasis buku teks masih mendominasi proses pembelajaran, sehingga diperlukan inovasi dalam pemanfaatan media visual untuk meningkatkan partisipasi dan pemahaman siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan media visual dalam pengajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) serta dampaknya terhadap minat belajar siswa kelas lima di SDN 008 Tana Tidung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk memperoleh pemahaman mendalam tentang efektivitas media visual dalam meningkatkan minat belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media visual, seperti gambar, poster, dan diagram, meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran, membuat materi lebih mudah dipahami, dan membantu mencegah kebosanan di kelas. Siswa menjadi lebih antusias dalam belajar, berpartisipasi lebih aktif dalam mengajukan pertanyaan, dan menunjukkan peningkatan dalam hasil belajar mereka.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anugraheni, Ernanda Widya. ‘Implementasi Pembelajaran Humanistik Kelas IIIB Di Sekolah Dasar Islam Ababil Sidoarjo’. PhD Thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 2017.
Asyafiq, Sutrisno. ‘Berbagai Pendekatan Dalam Pendidikan Nilai Dan Pendidikan Kewarganegaraan’. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran 4, no. 1 (2016). https://doi.org/10.24269/dpp.v4i1.56.
Budianti, Chaerani Nurmalia, and Kusumawardani. ‘Peningkatan Pemahaman Konsep IPA Melalui Media Visual’. Jurnal UMJ, 2024.
Deysti Tarusu, and Wongkar. ‘Pemanfaatan Media Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran IPAS Di SD Inpres Leleko’. Jurnal on Education Vol. 7 (2025).
Ma’arif, A. Syafi’I. Pendidikan Islam Di Indonesia Antara Cita Dan Fakta. PT. Tiara Wacana, 1991.
Nur Marsyani Dwi Agustina, and Baiq Yuni Wahyuningsih. ‘Efektifitas Penggunaan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Matematika Siswa Sekolah Dasar’. Jurnal Teknologi Pendidikan Dasar 1 (2024).
Nurjanah, Syahrifah. Pisikologis Belajar. CV. Wade Grop, 2016.
Oktori, Agus Riyan. ‘Urgensi Pendidikan Humanis Religius Pada Pendidikan Dasar Islam’. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar 3, no. 2 (2019).
Putri, Vanessa, Mawar Sari, Universitas Muhammadiyah, and Sumatera Utara. ‘Pengaruh Media Gambar Interaktif Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Di Kelas IV SD’. Journal of Education Research 5, no. 4 (2024).
Qolbu, N. S., & Astri Sutrisnawati, A. R. A. ‘Pengembangan Media Animus Dalam Pembelajaran IPAS Di Sekolah Dasar’. Jurnal Basicedu 6, no. 6 (2022).
Ramdani, Nurin Salma, Hafsah Nugraha, and Angga Hadiapurwa. ‘Potensi Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Daring’. Akademika 10, no. 02 (2021). https://doi.org/10.34005/akademika.v10i02.1406.
Riyana, Dita. ‘Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Video Pada Peserta Didik Sekolah Dasar Negeri 07 Wonogiri’. BAHUSACCA : Pendidikan Dasar Dan Manajemen Pendidikan 4, no. 1 (2024). https://doi.org/10.53565/bahusacca.v4i1.927.
Siwi Utaminingtyas, and Zeni Musfianingsih. ‘Manfaat Media Video Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Pembelajaran IPAS Di Sekolah Dasar’. Jurnal Ilmiah Pendidijian Ke-DS-An Vol 10 (2022).
Tilaar, H.A.R. Manifesto Pendidikan Nasional, Tinjauan Dari Perspektif Postmodernisme Dan Studi Kultural. Penerbit Buku Kompas, 2005.
Yudhi. Media Pembelajaran. Gaung Persada Press, 2008.
Senandun.gbiru. “Medi.a Dalam Pe.mbelajaran.” WordPress. 29 September 2010. https://wordpress.com/2010/09/29/media-dalam-pembelajaran-4/, diakses 13 Januari 2025.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i4.5560
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Maryanah, Shirly Rizki Kusumaningrum, Slamet Arifin, Aynin Mashfufah, Riska Pristiani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.