Karya Seni Mozaik Berbahan Dasar Pasir Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar

Inzoni Inzoni, Woro Sumarni, Nuni Widiarti, Agus Yuwono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran dan efektivitas seni mozaik berbahan dasar pasir dalam meningkatkan motivasi belajar siswa sekolah dasar. Melalui pendekatan studi literatur, penelitian ini menelaah berbagai sumber ilmiah yang membahas penggunaan bahan alam dalam seni rupa, khususnya pasir, serta keterkaitannya dengan pendidikan seni dan pengembangan kreativitas anak. Hasil kajian menunjukkan bahwa seni mozaik pasir mampu memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan, melibatkan aspek motorik halus, estetika visual, dan eksplorasi kreatif siswa. Pasir sebagai media memiliki daya tarik tersendiri karena teksturnya yang unik, fleksibilitas visual, serta kemampuannya membangun keterlibatan emosional melalui pendekatan experiential learning. Selain itu, penggunaan pasir dinilai ramah lingkungan, mudah diakses, dan dapat dikombinasikan dengan bahan alami lainnya untuk memperkaya nilai artistik karya. Kegiatan ini terbukti meningkatkan motivasi intrinsik siswa dalam pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBdP), sekaligus mendukung nilai-nilai pendidikan karakter dan pelestarian lingkungan. Kajian ini merekomendasikan integrasi seni mozaik pasir dalam strategi pembelajaran kreatif di sekolah dasar sebagai bentuk inovasi edukatif yang estetis dan kontekstual.


Keywords


Seni, Mozaik, Pasir, Kreativitas, Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Adam, A., and Sum. “The Impact Of Creative Learning Media In Enhancing Student Motivation In Elementary Education.” Journal Of Educational Creativity 8, no. 2 (2023).

Akbar, Taufik, Ferawati Ferawati, and Idun Ariastuti. “Pelatihan Keterampilan Pemanfaatan Cangkang Telur Untuk Produk Seni Kerajinan Bagi Kelompok Ibu Rumah Tangga Kota Padang Panjang.” Jurnal Abdidas 2, no. 2 (2021). https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i2.251.

Akyol, Tugce, and Nefise Semra Erkan. “The Effect of Mosaic Based Approach on Involvement Levels of Children.” International Journal of Educational Methodology 4, no. 4 (2018). https://doi.org/10.12973/ijem.4.4.303.

Amalia, Lia Amalia, and Hani Nurhanisah Nurhanisah. “Pemanfaatan Media Bahan Alam Melalui Metode Buzz Group (Diskusi Kelompok Kecil) Dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa Berkarya Seni Rupa Mozaik Dikelas III.” COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education) 2, no. 4 (2019). https://doi.org/10.22460/collase.v2i4.3278.

Ambarsari, Yuliani Dwi, Muhammad Azidan Alanthony, Elisa Ayu Safitri, Syafina Muzdalifah, and Najwa Shahibatun Wafa. “Sharpening Creativity in Elementary Education through Simple Fine Arts: Literature Review.” JENIUS (Journal of Education Policy and Elementary Education Issues) 5, no. 1 (2024). https://ejournal.uinsaid.ac.id.

Anggraini, Lilia, and Haryono Yuwono. “Improve Creativity of Early Children Age with Art Activities.” Early Childhood Research Journal (ECRJ) 5, no. 1 (2022). https://doi.org/10.23917/ecrj.v5i1.11681.

Astuti, Meirina Dewi. “Proses Berkarya Seni Mozaik Anak Tunadaksa Dalam Konteks Pembelajaran Di YPAC Semarang.” Eduarts: Jurnal Pendidikan Seni 13, no. 3 (2024). https://doi.org/10.15294/eduarts.v13i3.4111.

Astuti, Meirina Dewi. “Proses Berkarya Seni Mozaik Anak Tunadaksa Dalam Konteks Pembelajaran Di Ypac Semarang.” Eduarts: Jurnal Pendidikan Seni 13, no. 3 (2024). https://doi.org/10.15294/eduarts.v13i3.4111.

Auliana, F. “The Role Of Natural Materials In Fostering Intrinsic Motivation And Perseverance In Elementary School Students.” International Journal of Early Childhood Education 12, no. 1 (2024).

Csikszentmihalyi, M., and I. S. Csikszentmihaly. Optimal Experience: Psychological Studies of Flow in Consciousness. Cambridge University Press, 1988.

Deci, E. L., and R. M. Ryan. Intrinsic Motivation and Self-Determination in Human Behavior. Springer Science & Business Media, 1985.

Farina, Resa, Rosma Ely, and Mislinawati Mislinawati. “Pengembangan Kreativitas Siswa Melalui Karya Mozaik Di Kelas III SD Negeri Iboih Kabupaten Pidie.” Elementary Education Research 5, no. 3 (2020). https://doi.org/10.24815/primary.v5i3.13331.

Garsia, Dani, and Indah Chrysanti Angge. “Uji Coba Pembuatan Karya Mozaik Dengan Memanfaatkan Kaleng Bekas.” Jurnal Seni Rupa 12, no. 1 (2024). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/va/article/view/58338.

Hakim, Lukman. Pendidikan Seni Dan Budaya Di Sekolah Dasar: Tantangan Dan Peluang. Pustaka Cendekia, 2012.

Hasnawati, Hasnawati, and Dwi Anggraini. “Mozaik Sebagai Sarana Pengembangan Kreativitasanakdalampembelajaran Seni Rupa Menggunakan Metode Pembinaan Kreativitas Dan Keterampilan.” Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar 9, no. 2 (2016). https://doi.org/10.33369/pgsd.9.2.226-235.

Ihwan, Ihwan, Nurdiyah Lestari, Fauziah Wulansari, Wulansari Wulansari, and Miftakhul Khasanah. “Pengembangan Diri Anak SD Berbasis Seni Pada Masa Pandemi Di Kupang.” Buletin KKN Pendidikan 3, no. 1 (2021). https://doi.org/10.23917/bkkndik.v3i1.14666.

Istiyati, S., and R. Palupi. “Penerapan Seni Mozaik Berbahan Dasar Pasir Dalam Pembelajaran Seni Budaya Dan Prakarya Di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Anak 24, no. 1 (2020).

Khoirunnisa, Khoirunnisa. “Minat Belajar Siswa Dalam Karya Mozaik Pembelajaran Seni Budaya Dan Prakarya Di SD Negeri 79 Palembang.” JGK (Jurnal Guru Kita) 7, no. 3 (2023). https://doi.org/10.24114/jgk.v7i2.36988.

Laksana, Robert Budi, Adelia Septa Anugrah, and Hetilaniar Hetilaniar. “Penggunaan Media Pembelajaran Mozaik Terhadap Kreativitas Siswa Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Dan Prakarya Di Kelas IV SD Negeri 5 Pedamaran.” Jurnal Ilmiah Dikdaya 13, no. 2 (2023). https://scholar.google.com/scholar?cluster=5154993524889187414&hl=en&oi=scholarr.

Maqfiroh, Ary Delia, Filyas Aleansyah, Ulin Nimmati Millati Askha, and Putri Amelia Noviyanti. “Penerapan Pembelajaran Karya Seni Menempel ( Mozaik ) Menggunakan Biji-Bijian Siswa Kelas IV SDN 1 Cendono Kabupaten Kudus.” Jurnal Ilmu Sosial, Humaniora Dan Seni 2, no. 3 (2024). https://doi.org/10.62379/jishs.v2i3.1433.

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Remaja Rosdakarya, 2017.

Nenggolan, Rusmiyati, Melvi Lesmana Alim, and Joni Joni. “Analisis Penggunaan Mozaik Dari Bahan Kain Perca Untuk Peningkatan Motorik Halus.” Journal of Education Research 1, no. 2 (2020). https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.10.

Nofriati, Eli, Dwi Adhinda Junaidi Putri, and Zulkarnaini Zulkarnaini. “Increasingthe Students’ Creativity Through Mosaic Activity Using Plastic Bag Waste As Mediaat Sd Negeri 3 Muara Batu Kabupaten Aceh Utara.” Journal of English Education and Social Science 4, no. 1 (2024). https://scholar.google.com/scholar?cluster=8703129173625045756&hl=en&oi=scholarr.

Pahenra, Pahenra, Usman Usman, Roni Amaludin, Risna Jayanti, Nurul Idhayani, and Fitma Fitma. “Mosaic Imaging Technique: A Game to Optimize Fine Motor Skills in Early Cildhood.” JECED : Journal of Early Childhood Education and Development 5, no. 2 (2023). https://doi.org/10.15642/jeced.v5i2.3433.

Permadi, A., and I. Agusdianita. “Efektivitas Penggunaan Media Mozaik Berbahan Alami Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SD.” Jurnal Pendidikan Dasar 29, no. 3 (2023).

Ritonga, Hotman Sugeng, Ahmad Umam Mustopa, Moh Rusnoto Susanto, Estri Oktarena Ikrarini, Siti Mariah, and Rahayu Retnaningsih. “Learning Innovation Through Montage Artwork Creation Activities in SBdP SD Lessons.” International Seminar Commemorating the 100th Annniversary of Tamansiswa 1, no. 1 (2022). https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/ISECN/article/view/155.

Uştu, Hasan, Tomoki Saito, and Ayşe Mentiş Taş. “Integration of Art into STEM Education at Primary Schools: An Action Research Study with Primary School Teachers.” Systemic Practice and Action Research 35, no. 2 (2022). https://doi.org/10.1007/s11213-021-09570-z.

Wulansari, Eka. “Meningkatkan kreativitas siswa melalui seni rupa Mozaik pada mata pelajaran SBdP : Penelitian tindakan kelas pada siswa kelas IV A MI Nurul Falah Jatinangor.” Tesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 2022. https://digilib.uinsgd.ac.id/60839/.

Zed, Mestika. Literatur Dan Studi Kepustakaan: Sebuah Pengantar Praktis. Yayasan Obor Indonesia, 2004.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i4.5561

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Inzoni, Woro Sumarni, Nuni Widiarti, Agus Yuwono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

seributoto

 

https://atasehirliyiz.net/

POSKOBET

https://www.chancerylaneprimitives.com/

 

https://atasehirliyiz.net/

POSKOBET

POSKOBET

https://www.chancerylaneprimitives.com/

 

https://professordeespanholsergio.com/

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

https://bomontiescort.com/

https://icfireland.org/

https://www.bearlakemonsterswim.com/

https://countersatisfiable.org/

https://www.discoverhurley.org/

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303