Pengembangan Media Pembelajaran Articulate Storyline 3 Mata Pelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas V di Gugus II Kecamatan Tejakula
Abstract
Pengembangan media pembelajaran Articulate Storyline 3 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti diperlukan karena perkembangan teknologi semakin pesat dan tuntutan penggunaan teknologi dalam dunia pendidikan agar kegiatan belajar menjadi lebih bermakna. Selain itu, pendidikan agama Hindu dan budi pekerti merupakan pendidikan yang bertujuan untuk dapat memadukan, menyelaraskan dan menyeimbangkan antara tatwa, etika dan upacara dalam kehidupan. Tujuan penelitian ini untuk: (1) untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran Articulate Storyline 3 dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAH dan Budi Pekerti kelas V Gugus II Kecamatan Tejakula. (2) untuk menjelaskan keefektifan media Articulate Storyline 3 pada mata pelajaran PAH dan Budi Pekerti dalam meningkatan motivasi dan hasil belajar siswa kelas V Gugus II Kecamatan Tejakula. Metode yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan atau disebut dengan research and development (RnD) dengan menggunakan model ADDIE analyze (menganalisis), design (merancang), develop (mengembangkan), implement (menerapkan), dan evaluate (mengevaluasi). Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V Gugus II Kecamatan Tejakula. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, angket dan tes. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah: (1) Media pembelajaran Articulate Storyline 3 mata pelajaran PAH dan Budi Pekerti layak digunakan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas V Gugus II Kecamatan Tejakula dinyatakan layak digunakan. (2) Media Articulate Storyline 3 pada mata pelajaran PAH dan Budi Pekerti dinyatakan efektif dan praktis dalam meningkatan motivasi dengan dan hasil belajar siswa kelas V Gugus II Kecamatan Tejakula.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Fadilla, Nur, Irma Yunita Sari, Febriyanti Arafah, and Nabilah Nur Azmi. “Peranan Media Animasi Interaktif Untuk Mengenalkan Nilai-Nilai Keagamaan Di Sekolah Dasar.” Jurnal al Muta’aliyah: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 3, no. 1 (2023). https://doi.org/10.51700/almutaliyah.v3i1.402.
Hanafi, Halid, La Adu, and H. Muzakkir. Profesionalisme Guru Dalam Pengelolaan Kegiatan Pembelajaran Di Sekolah. Deepublish, 2018. https://repository.deepublish.com/publications/589992/.
Hasibuan, Zainal Efendi. Metodologi Penelitian Pendidikan. AE Publishing, 2024.
Laksana, Dek Ngurah Laba, Dimas Qondias, and Gde Putu Arya Oka. Desain Penelitian Pengembangan Pendidikan. Penerbit NEM, 2025.
Meisin, Meisin, Siti Zulaiha, and Tika Meldina. “Problematika Guru Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Siswa Kelas I Dan IV Di Sdn 17 Rejang Lebong.” Undergraduate, IAIN Curup, 2022. https://e-theses.iaincurup.ac.id/1923/.
Mukaromah, Euis. “Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Meningkatkan Gairah Belajar Siswa.” Indonesian Journal of Education Management & Administration Review 4, no. 1 (2020). https://jurnal.unigal.ac.id/ijemar/article/view/4381.
Nasution. Perkembangan Teknologi Dan Transformasi Digital Dalam Dunia Pendidikan. UMSU Press, 2024.
Nugroho, Fandi, and Muhammad Iqbal Arrosyad. “Learning Multimedia Development Using Articulate Storyline for Students.” International Journal of Elementary Education 4, no. 4 (2020). https://doi.org/10.23887/ijee.v4i4.27763.
Priyatno, Duwi. Teknik Dasar untuk Analisis Data Menggunakan SPSS. Andi, 2024.
Saputro, Budiyono. Manajemen Penelitian Pengembangan ( Research & Development ) Bagi Penyusun Tesis Dan Disertasi. Aswaja Pressindo, 2017. http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/1788/.
Sarageti, Sartika, Juliana Margareta Sumilat, and Deysti Trifena Tarusu. “Pengembangan Media Pembelajaran Mpi Berbasis Teknologi DI SD.” Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran 6, no. 4 (2023).
Sonia, Nur Rahmi. “Strategi Pengembangan Mutu Lembaga Pendidikan di Era Globalisasi.” EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN 4, no. 3 (2022). https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2961.
Susilowati, Evi. “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam.” Al-Miskawaih: Journal of Science Education 1, no. 1 (2022). https://doi.org/10.56436/mijose.v1i1.85.
Wibawanto. Desain Dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif. Cerdas Ulet Kreatif, 2017.
Wicaksono, Anggit Grahito. Belajar dan Pembelajaran Konsep Dasar, Teori, dan Implementasinya. Unisri Press, 2020.
Widiasanti, Irika, Noval Anki Ramadhan, Muhammad Alfarizi, Aisyah Nur Fairus, Astrid Wardani Oktafiani, and Dhiya Thahur. “Pemanfaatan Sarana Multimedia dan Media Internet sebagai Alat Pembelajaran yang Efektif.” EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN 5, no. 3 (2023). https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i3.4939.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i4.5578
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Nengah Sukrayasa, I Made Ariasa Giri, Gede Mahardika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.




