Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Masalah Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Penyajian Data pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Seli Aliani, Maulana Maulana, Isrok'atun Isrok'atun

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji sejauh mana pengaruh model pembelajaran berdiferensiasi berbasis masalah terhadap peningkatan pemahaman konsep matematika siswa sekolah dasar, khususnya pada materi piktogram dan diagram batang. Penelitian menggunakan metode kuasi eksperimen dengan rancangan nonequivalent control group design. Subjek penelitian melibatkan siswa kelas IV dari dua sekolah dasar di wilayah Tasikmalaya. Satu kelas ditetapkan sebagai kelompok eksperimen yang memperoleh perlakuan pembelajaran berdiferensiasi berbasis masalah, sedangkan kelas lainnya menjadi kelompok kontrol yang mengikuti pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan berupa tes pemahaman konsep yang diberikan sebelum dan sesudah perlakuan (pretest dan posttest). Hasil analisis data menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok, di mana rata-rata nilai N-Gain kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol. Hasil ini mengindikasikan bahwa model pembelajaran berdiferensiasi berbasis masalah efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika, serta layak dipertimbangkan sebagai alternatif strategi pembelajaran yang adaptif terhadap keberagaman karakteristik peserta didik di tingkat sekolah dasar.


Keywords


Pembelajaran Berdiferensiasi, Konvensional, Pemahaman Konsep

Full Text:

PDF

References


Azmi, Chairul. “Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Tema Perkembangan Teknologi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar 8, no. 1 (2024). https://doi.org/10.26811/didaktika.v8i1.1246.

Danuri, Prosa PGSD. “Model Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Sekolah Dasar Inklusif.” Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia, 2023. https://repository.upy.ac.id/id/eprint/7144.

Ezra Putranda Setiawan. “Statistical Literacy In Primary School Mathematics Curricula: Historical Review And Development.” Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 6, no. 1 (2021). https://doi.org/10.24832/jpnk.v6i1.1915.

Faizah, Anissatul, Rida Fironika Kusumadewi, and Nuhyal Ulia. “Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Model Matematika Nalaria Realistik (MNR) Terhadap Komunikasi Matematis Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar.” Tunas Nusantara 5, no. 2 (2023). https://doi.org/10.34001/jtn.v5i2.6054.

Fitriani, Sinta, Mudzanatun Mudzanatun, and Rimba Kusuma. “Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dengan Model PBL Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Kelas 2 SDN Panggung Lor.” Indo-MathEdu Intellectuals Journal 5, no. 2 (2024). https://doi.org/10.54373/imeij.v5i2.910.

Herwina, Wiwin. “Optimalisasi Kebutuhan Murid Dan Hasil Belajar Dengan Pembelajaran Berdiferensiasi.” Perspektif Ilmu Pendidikan 35, no. 2 (2021). https://doi.org/10.21009/PIP.352.10.

Kristiani, Heny, E. I. Susanti, N. Purnamasari, M. Purba, M. Y. Saad, and A. Anggaeni. “Model Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi.” Pusat Kurikulum Dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi, 2021. https://scholar.google.com/scholar?cluster=10668880781974351168&hl=en&oi=scholarr.

Latifah, Dewi Nikmatul. “Analisis Gaya Belajar Siswa Untuk Pembelajaran Berdiferensiasi Di Sekolah Dasar.” LEARNING : Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran 3, no. 1 (2023). https://doi.org/10.51878/learning.v3i1.2067.

Naibaho, Dwi Putriana. “Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Mampu Meningkatkan Pemahaman Belajar Peserta Didik.” Journal of Creative Student Research 1, no. 2 (2023). https://doi.org/10.55606/jcsrpolitama.v1i2.1150.

Ndiung, Sabina, Mariana Jediut, and Fransiskus Nendi. “Differentiated Teaching Module Development to Realize Pancasila Student Profile on the Sekolah Penggerak Curriculum.” MIMBAR PGSD Undiksha 11, no. 1 (2023). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v11i1.48005.

Nisrokhah, Sugiyanti, Siti Patonah, and Juwariyah. “Peningkatan Hasil Belajar Ipas Menggunakan Media Quizizz Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Pedurungan Lor 01.” Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 9, no. 3 (2024). https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.18578.

Nur, Isman M. STATISTIK DASAR UNTUK PENELITIAN PENDIDIKAN: Dilengkapi Cara Perhitungan Dengan SPSS. Mafy Media Literasi Indonesia, 2023. https://scholar.google.com/scholar?cluster=10614180549177087281&hl=en&oi=scholarr.

Nurhayati, Hermin, and Langlang Handayani. “Pemahaman Konsep Siswa Dalam Penyajian Data.” Jurnal Basicedu 5, no. 5 (2020).

Pratama, Y., and H. E Rudyanto. “Pengaruh Model Pembelajaran Visual Auditory Kinesthetic (VAK) Terhadap Motivasi Dan Keaktifan Belajar Siswa Di Kelas Rendah SDN Banjarsari Wetan 02 Kabupaten Madiun.” Jurnal Media Akademik (JMA) 2, no. 12 (2024).

Pratiwi, Siska Dian, and Krisma Widi Wardani. “Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dengan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas 5.” Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 9, no. 2 (2024). https://core.ac.uk/download/pdf/617866170.pdf.

Putri, Yuliana, and Yosi Gumala. “Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Pemahaman IPA Materi Cahaya Kelas V Sekolah Dasar.” QOUBA : Jurnal Pendidikan 1, no. 2 (2024). https://www.neliti.com/publications/587936/.

Ramadhanti, Astrid, Hendri Marhadi, and Erlisnawati. “Pengaruh Metode Gasing Pada Penjumlahan Dua Digit Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 2 SD.” Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang 10, no. 04 (2024). https://doi.org/10.36989/didaktik.v10i04.4598.

Ronald, Ronald, and Lidya Amalia Rahmania. “Pembelajaran Berdiferensiasi Di Sekolah Dasar Negeri Di Kota Malang Pada Pembelajaran Matematika Di Kurikulum Merdeka.” Journal of Innovation and Teacher Professionalism 3, no. 1 (2024). https://doi.org/10.17977/um084v3i12025p1-10.

Sari, Chika Ameta, Mela Marshelyna, and Eka Zuliana. “Penerapan PMRI Berbantuan Media Kantong Bilangan Perkalian & Pembagian Bilangan Cacah Kelas 3 Di Sekolah Dasar.” Apotema : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 11, no. 1 (2025). https://doi.org/10.31597/ja.v11i1.1208.

Sugiarti, Sugiarti, Siti Patonah, and Ismartiningsih Ismartiningsih. “Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dengan Model Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V SDN Pandean Lamper 04.” NUSRA : Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan 5, no. 3 (2024). https://doi.org/10.55681/nusra.v5i3.3177.

Sulaeman, Agus, and Ariyana Ariyana. “Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Examples Non-Examples Terhadap Hasil Belajar Menulis Teks Berita Pada Siswa Kelas VIII SMPN 14 Kota Tangerang.” Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing 1, no. 2 (2018). https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v1i2.201.

Tirtawati, Ni Luh Ratna. “Proses Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa SMA.” Journal of Education Action Research 8, no. 1 (2024). https://doi.org/10.23887/jear.v8i1.73936.

Widyawati, Reza. “Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Materi Ips Di Sekolah Dasar.” Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 11, no. 2 (2023). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/52775.

Zaeni, Abu, and Alfin Ngainun Na’ima. “Pengembangan Media Kartu Domino Modifikasi Pada Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar.” Dirasah : Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam 8, no. 1 (2025). https://doi.org/10.58401/dirasah.v8i1.1615.

Zainuri, Habib, Aldila Krisnaresanti, Mohammad Ali Mahmudi, et al. Media Pembelajaran. CV. Hei Publishing Indonesia, 2024. https://www.researchgate.net/profile/Mohammad-Mahmudi-4/publication/384674763_Media_Pembelajaran_Hei_Publishing/links/6702454e869f1104c6cc77fa/Media-Pembelajaran-Hei-Publishing.pdf.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i4.5580

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Seli Aliani, Maulana, Isrok'atun

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

seributoto

 

https://atasehirliyiz.net/

POSKOBET

https://www.chancerylaneprimitives.com/

 

https://atasehirliyiz.net/

POSKOBET

POSKOBET

https://www.chancerylaneprimitives.com/

 

https://professordeespanholsergio.com/

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

https://bomontiescort.com/

https://icfireland.org/

https://www.bearlakemonsterswim.com/

https://countersatisfiable.org/

https://www.discoverhurley.org/

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303