Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep IPA dan Literasi Informasi Siswa Kelas 5 SD Negeri Semin III
Abstract
Pendidikan terhadap anak merupakan tonggak awal dalam kehidupan yang harus dilaksanakan dengan baik. Guru memiliki andil yang begitu penting pada penentuan metode ataupun model pembelajaran yang tepat untuk para siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning pada pemahaman konsep IPA bagi siswa kelas 5 SDN Semin III. Penelitian dilakukan dengan menggunakan desain eksperimen komparatif yang membandingkan hasil belajar siswa pada dua kelompok, yakni kelompok eksperimen yang mempergunakan model discovery learning di SD Negeri Semin III dan kelompok kontrol yang mempergunakan model problem based learning (PBL) di SD Negeri Sumberejo, Kabupaten Gunung Kidul. Hasil penelitian pada kedua kelompok sama-sama menunjukan peningkatan pemahaman setelah dikenakan stimulus, tetapi hasil pada kelompok eksperimen lebih berpengaruh signifikan dibandingkan pada kelompok kontrol. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan selisih rata-rata nilaia antara kedua kelompok. Kelompok eksperimen dengan discovery learning berhasil naik 32 poin, sedangkan kelompok kontrol hanya naik 25 poin. Hasil uji dengan independen sampel t-test menunjukan nilai signifikasi sebesar 0,004 dan berada di bawah nilai α= 0,05. Artinya, terdapat pengaruh signifikan pada penerapan model discovery learning belajar terhadap pemahaman konsep IPA dan literasi informasi siswa. Terdapat faktor keaktifan dan keterlibatan siswa yang lebih dominan pada model ini sehingga meningkatkan pengaruhnya terhadap pemahaman siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdussyukur, Abdussyukur, Ramsah Ali, and Musfirah Ali. “Penerapan Metode Outdoor Study Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Kelas IV Di MI Negeri 2 Aceh Tengah.” JUMPER: Journal of Educational Multidisciplinary Research 2, no. 1 (January 31, 2023). https://doi.org/10.56921/jumper.v2i1.50.
Adil, Ahmad, Yunita Liana, Rini Mayasari, Annastasia Sintia Lamonge, Rida Ristiyana, Fahmy Rinanda Saputri, Irma Jayatmi, et al. Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif : Teori Dan Praktik. Padang Sumatera Barat: GET Press Indonesia, 2023.
Ayu Sri Wahyuni. “Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Dalam Pembelajaran IPA.” JURNAL PENDIDIKAN MIPA 12, no. 2 (June 7, 2022). https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.562.
Cherly Ana Safira, Agung Setyawan, and Tyasmiarni Citrawati. “Identifikasi Permasalahan Pembelajaran IPA Pada Siswa Kelas III SDN Buluh 3 Socah.” JURNAL PENDIDIKAN MIPA 10, no. 1 (June 30, 2020). https://doi.org/10.37630/jpm.v10i1.277.
Dian Ayu Ningsih, Sholeha, Gabe Deliana Sihombing, Siti Aisah Azarah, Siti Anggraini Pancenang, and Yesi Novitasari. “Strategi Pembelajaran Bahasa Inggris Anak Usia Dini Melalui Pendekatan Gerak Dan Lagu.” PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 7, no. 2 (May 3, 2024). https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v7i2.19764.
Eskandari, Monireh, and Hassan Soleimani. “The Effect of Collaborative Discovery Learning Using MOODLE on the Learning of Conditional Sentences by Iranian EFL Learners.” Theory and Practice in Language Studies 6, no. 1 (January 19, 2016). https://doi.org/10.17507/tpls.0601.20.
Indrawati, Indrawati, Ilham Ilham, Muslim Muslim, and Ahmad Ahmad. “Peran Guru Dalam Membangun Motivasi Belajar Anak Usia Dini Di TK PGRI Ibadurrahman Mande Kota Bima.” Generasi Emas 7, no. 2 (August 11, 2024). https://doi.org/10.25299/ge.2024.vol7(2).18107.
Istidah, Anik, Usep Suherman, and Abdul Holik. “Peningkatan Hasil Belajar Ipa Tentang Materi Sifat-Sifat Cahaya Melalui Metode Discovery Learning.” Jurnal Pendidikan Indonesia : Teori, Penelitian, Dan Inovasi 2, no. 1 (January 23, 2022). https://doi.org/10.59818/jpi.v2i1.187.
Mansyuri, Aulya Hamidah, Beta Ardana Patrisia, Binti Karimah, Defi Vita Fitria Sari, and Wahyu Nur Huda. “Optimalisasi Peran Pesantren Dalam Lembaga Pendidikan Islam Di Era Modern.” MA’ALIM: Jurnal Pendidikan Islam 4, no. 1 (June 30, 2023). https://doi.org/10.21154/maalim.v4i1.6376.
Mubarak Ahmad, Muhammad Azhar Nawawi, Ahmad Ruslan, and Gery Erlangga. “Edukasi Terhadap Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Memasuki Sekolah Dasar.” Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 6, no. 5 (October 30, 2022). https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i5.11242.
Mulasih, and Hudhana. “Urgensi Budaya Literasi Dan Upaya Menumbuhkan Minat Baca.” Lingua Rima 9, no. 2 (n.d.).
Mulyanto, Mohammad Masykuri, and Sarwanto. “Pengembangan Modul IPA Terpadu SMP/MTs Kelas VII Dengan Model Discovery Learning Tema Air Limbah Industri Batik Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains.” INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA 6, no. 2 (2017). https://doi.org/10.20961/inkuiri.v6i2.17308.
Nasution, Isma Jumriana. “Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Accelerated Learningh Terhadap Hasil Belajar Dan Motivasi Belajar Matematika Pada Materi Statistika Kelas XI SMA Taman Siswa Medan Tahun Pembelajaran 2018 / 2019.” Skripsi, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, 2020. http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/8057.
Putri, Anisa, Darul Arifin, and Solat Riani. “Pengaruh Teman Sebaya Terhadap Perkembangan Kognitif AUD.” BUHUTS AL-ATHFAL: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini 1, no. 1 (June 14, 2021). https://doi.org/10.24952/alathfal.v1i1.3673.
Qodriarti, Ana, Ugi Nugraha, and Muhamad Sofwan. “Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Model Discovery Learning Berbantuan LKPD Di Kelas IV SD N 10/II Muara Buat Kecamatan Bathin III Ulu Kabupaten Bungo.” Thesis, Universitas Jambi, 2023. https://repository.unja.ac.id/46176/.
Rahayu, Sri, Antonius Tri Widodo, and Supartono Supartono. “Pengembangan Model Pembelajaran Advance Organizer Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia 4, no. 1 (2010). https://doi.org/10.15294/jipk.v4i1.1306.
Ristiantita, Monica, Ainiyyah Yunita Sari, Najwa Apriliani Azahra, Indri Okta Winarsih, Muhammad Faiz Alkhoiri, M. Fadli Mubarak, and Mayarni Mayarni. “Analisis Strategi Dan Metode Pembelajaran Bahasa Indonesia Dengan Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar Kelas 5.” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 1, no. 3 (January 11, 2024). https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.290.
Rulianto, Rulianto. “Pendidikan Sejarah Sebagai Penguat Pendidikan Karakter.” Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial 4, no. 2 (January 7, 2019). https://doi.org/10.23887/jiis.v4i2.16527.
Rusdy A Siroj, M. Win Afgani. “Experimental Research Dalam Penelitian Pendidikan.” Zenodo, September 30, 2024. https://doi.org/10.5281/ZENODO.13986985.
Salamah, Fitriani Nur, and Risma Amelia. “Upaya Meningkatkan Self Confidence Siswa SMK Menggunakan Pendekatan Open Ended.” Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika 3, no. 1 (April 25, 2019). https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.68.
Sutrisna, Nana, and Petri Reni Sasmita. “Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas VIII SMP.” Science, and Physics Education Journal (SPEJ) 5, no. 2 (June 30, 2022). https://doi.org/10.31539/spej.v5i2.3849.
Tokolang, Nisfbania, Herson Anwar, and Febry Rizki Susanti Kalaka. “Peran Orang Tua Dalam Pembentukan Karakter Anak.” EDUCATOR (DIRECTORY OF ELEMENTARY EDUCATION JOURNAL) 3, no. 1 (July 20, 2022). https://doi.org/10.58176/edu.v3i1.621.
Tri Wulandari and Adam Mudinillah. “Efektivitas Penggunaan Aplikasi CANVA Sebagai Media Pembelajaran IPA MI/SD.” Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA) 2, no. 1 (February 2, 2022). https://doi.org/10.32665/jurmia.v2i1.245.
Yuliati, Yuyu. “Literasi Sains Dalam Pembelajaran IPA.” Jurnal Cakrawala Pendas 3, no. 2 (July 1, 2017). https://doi.org/10.31949/jcp.v3i2.592.
Yunita, Septi, and Dinie Anggraeni Dewi. “Urgensi Pemenuhan Hak Dan Kewajiban Warga Negara Dalam Pelaksanaannya Berdasarkan Undang-Undang.” De Cive : Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan 1, no. 12 (December 7, 2021). https://doi.org/10.56393/decive.v1i12.274.
Zuliani, Siti, and Tri Suharti. “Pengaruh Kompensasi Terhadap Kinerja Guru Di SMP Negeri 1 Jombang.” Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan 3, no. 3 (November 30, 2023). https://doi.org/10.54437/irsyaduna.v3i3.1339.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i4.5581
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Zainal Arifin, Agung Hastomo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.




