Peningkatan Minat Baca dan Keterampilan Membaca Pemahaman Melalui Cooperative Integrated and Reading Composition di Kelas 4 SD Negeri Semin III

Dewi Losari, Supartinah Supartinah

Abstract


Tuntutan terhadap kemampuan literasi semakin tinggi, sehingga minat baca dan keterampilan membaca harus ditanamkan sejak dini, khususnya pada jenjang SD. Pembiasaan membaca sejak usia dini diharapkan dapat menumbuhkan dan mengembangkan minat baca seiring bertambahnya usia. Studi ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca serta keterampilan membaca pemahaman siswa lewat penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada siswa kelas IV SDN Semin III, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Studi ini memakai metode kuantitatif dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ialah siswa kelas IV SDN Semin III. Studi ini dilaksanakan pada dua siklus, tiap siklus ada 2 pertemuan. Hasil studi ini ialah terjadi peningkatan minat baca serta keterampilan membaca siswa. Minat baca siswa mempunyai jumlah skor 1026 dengan rata-rata 78% dan masuk kategori baik, lalu keterampilan membaca berrata-rata 79,09 (81%) dan masuk kategori baik. Tahapan peningkatan terjadi secara progresif melalui tiga fase utama, yakni pra-siklus, siklus I, dan siklus II. Studi ini sangat penting dilakukan untuk meningkatkan kreativitas siswa, khususnya menyampaikan ide-ide yang mereka miliki saat berdiskusi. Selain itu, metode CIRC juga membuat siswa lebih aktif, bersemangat saat belajar, dan melatih siswa untuk mempertahankan minat baca.


Keywords


Minat Baca, Keterampilan Membaca Pemahaman, Cooperative Integrated Reading and Composition

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Abdullah. “Pendekatan Dan Model Pembelajaran Yang Mengaktifkan Siswa.” EDURELIGIA; JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM 1, no. 2 (April 4, 2018). https://doi.org/10.33650/edureligia.v1i2.45.

Amrulloh, Muhammad Soni. “Strategi Kepala Perpustakaan Dalam Menumbuhkan Minat Baca.” Salimiya: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam 3, no. 1 (2022). https://doi.org/10.58401/salimiya.v3i1.1242.

Anjani, ri, Nyoman Dantes, and Gde Artawan. “Pengaruh Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Dan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V Sd Gugus Ii Kuta Utara.” Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia 3, no. 2 (2024). https://doi.org/10.23887/jpdi.v3i2.2869.

Annury, Muhammad Nafi. “Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Melalui Penelitian Tindakan Kelas.” Dimas: Jurnal Pemikiran Agama Untuk Pemberdayaan 18, no. 2 (February 8, 2019). https://doi.org/10.21580/dms.2018.182.3258.

Budiharto, Budiharto, Triyono Triyono, and Suparman Suparman. “Literasi Sekolah Sebagai Upaya Penciptaan Masyarakat Pebelajar Yang Berdampak Pada Peningkatan Kualitas Pendidikan.” SEUNEUBOK LADA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sejarah, Sosial, Budaya Dan Kependidika 5, no. 2 (2018). https://ejurnalunsam.id/index.php/jsnbl/article/view/888.

Camelia, Farrah. “Analisis Landasan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Dalam Pengembangan Kurikulum.” SAP (Susunan Artikel Pendidikan) 5, no. 1 (August 4, 2020). https://doi.org/10.30998/sap.v5i1.6474.

Christina, Lucia Venda, and Firosalia Kristin. “Efektivitas Model Pembelajaran Tipe Group Investigation (Gi) Dan Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ) Dalam Meningkatkan Kreativitas Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas 4.” Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 6, no. 3 (September 28, 2016). https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i3.p217-230.

Dihan, Wardah, Marzul Hidayat, and Ugi Nugraha. “Penerapan Metode Pq4r Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VI SD.” Jurnal Pendidikan Tematik Dikdas 7, no. 1 (June 1, 2022). https://doi.org/10.22437/jptd.v7i1.19544.

Fitriani, and Nurjamaludin. “Efektivitas Model Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Cerita Fiksi.” Bale Aksara 1, no. 1 (March 30, 2020). https://doi.org/10.31980/ba.v1i1.737.

Harimurti, Eka Rista. “Supervisi Akademik Dalam Upaya Pembinaan Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).” Jurnal Buah Hati 6, no. 2 (n.d.). https://doi.org/10.46244/buahhati.v6i2.580.

Herlina, Emi Silvia. “Membaca Permulaan Untuk Anak Usia Dini Dalam Era Pendidikan 4.0,” n.d. https://core.ac.uk/reader/328163913.

Jariah, Ainun, Rina Gustina, Sintayana Muhardini, Habiburrahman, Baiq Yuliatin Ihsani, and Nurmiwati. “Efektifitas Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar.” Prosiding Seminar Nasional Paedagoria, n.d. https://journal.ummat.ac.id/index.php/fkip/article/view/16449.

Karyadi, Agung Cahya. “Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Storytelling Menggunakan Media Big Book.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Keguruan Dan Pendidikan 1, no. 2 (2023). https://doi.org/10.31326/jmp-ikp.v1i02.70.

Kasrawati, Andi Halimah, Hamsiah Djafar, and Rafiqah. “Faktor-Faktor Penyebab Kurangnya Minat Membaca Buku Paket Pai Dan Solusinya Pada Peserta Didik Kelas X IPS.” Al Asma : Journal of Islamic Education 4, no. 1 (May 31, 2022). https://doi.org/10.24252/asma.v4i1.28849.

Khairunisa, Rahmi Wilianti and Basuki. “Perbandingan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Antara Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS Dan CIRC.” Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika 1, no. 1 (March 30, 2021). https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i1.881.

Mariamah, Mariamah, Ida Bagus Putrayasa Bagus Putrayasa, and Nyoman Sudiana. “Penerapan Pembelajaran Inovatif Dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmiah Mandala Education 8, no. 1 (January 5, 2022). https://doi.org/10.58258/jime.v8i1.2797.

Mulasih, and Hudhana. “Urgensi Budaya Literasi Dan Upaya Menumbuhkan Minat Baca.” Lingua Rima 9, no. 2 (2020).

Musnar Indra Daulay and Nurmnalina. “Pengembangan Media Komik Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SDN 41 Pekanbaru.” Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra 7, no. 1 (May 1, 2021). https://doi.org/10.30605/onoma.v7i1.452.

Niliawati, Hermawan, and Riyadi. “Penerapan Metode Circ(Cooperativeintegrated Readingandcomposition)Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV.” Jurnal UPI, n.d.

Pauziah, Nurul, Baihaqi Alfaqih, Fuja Hoirunnisa, Mega Sulistyani Sadiyah, and Nadia Indah Khoerunnisa. “Kendala-Kendala Dalam Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas.” Jurnal Kreativitas Mahasiswa 1, no. 1 (2023). https://riset-iaid.net/index.php/jpm/article/view/1431.

Rahmi, Yulia, and Ilham Marnola. “Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Melalui Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Compotion (CIRC).” Jurnal Basicedu 4, no. 3 (May 28, 2020). https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.406.

Rambe, Riris Nurkholidah, Abdal Rizky Munthe, Alfiah Hairani, Hasny Delaila Siregar, Lutfi Aulia, and Shafa Azzahra Nurzal. “Analisis Pengoptimalisasian Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa Sekolah Dasar.” EDU SOCIETY: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 3, no. 2 (August 12, 2023): 950–56. https://doi.org/10.56832/edu.v3i2.341.

Rohman, Syaifur. “Membangun Budaya Membaca Pada Anak Melalui Program Gerakan Literasi Sekolah” 4, no. 1 (2017). https://dx.doi.org/10.24042/terampil.v4i1.2118.

Surbakti, Krista. “Pengaruh Game Online Terhadap Remaja.” JURNAL CURERE (Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan 1, no. 1 (n.d.). http://dx.doi.org/10.36764/jc.v1i1.20.

Utomo, Prio, Nova Asvio, and Fiki Prayogi. “Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK): Panduan Praktis Untuk Guru Dan Mahasiswa Di Institusi Pendidikan.” Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia 1, no. 4 (July 30, 2024). https://doi.org/10.47134/ptk.v1i4.821.

Wulandari, Ikha Rizki. “Pengaruh Metode Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ) Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Kelas Iv Di Sdn Gugus Diponegoro Kabupaten PAT.” Skripsi, Universitas Negeri Semarang, 2016. https://lib.unnes.ac.id/31204/1/1401412251.pdf.

Yanti, Sri. “Penerapan Metode Sq3r Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Teks Narrative Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris.” LANGUAGE : Jurnal Inovasi Pendidikan Bahasa Dan Sastra 2, no. 1 (April 25, 2022). https://doi.org/10.51878/language.v2i1.1116.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i4.5582

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Dewi Losari, Supartinah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

seributoto

 

https://atasehirliyiz.net/

POSKOBET

https://www.chancerylaneprimitives.com/

 

https://atasehirliyiz.net/

POSKOBET

POSKOBET

https://www.chancerylaneprimitives.com/

 

https://professordeespanholsergio.com/

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

https://bomontiescort.com/

https://icfireland.org/

https://www.bearlakemonsterswim.com/

https://countersatisfiable.org/

https://www.discoverhurley.org/

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

SUNDA787

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303

BRI303