Implementasi Model Cooperative Think Pair and Share pada Mata Pelajaran IPAS untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas 3 SD Negeri Semin I
Abstract
Pembelajaran yang efektif membutuhkan kreativitas serta keterampilan yang baik dari seorang guru supaya kreativitas dan kerja sama siswa dalam proses belajar dapat berkembang. Studi ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan kerja sama siswa lewat penerapan model pembelajaran Think Pair and Share di kelas III SDN Semin I, Gunungkidul, DIY. Studi ini memakai metode kuantitatif dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dan subjek penelitiannya ialah siswa kelas III SDN Semin I. Studi ini dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus ada 2 pertemuan. Terjadi peningkatan skor kreativitas dan kerja sama siswa dalam pembelajaran IPAS, yang ditunjukkan oleh pergeseran dari tingkat kreativitas dan kerja sama yang rendah ke tingkat sedang, dengan kisaran rata-rata persentase antara 41–60%. Hasil studi memperlihatkan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS mampu meningkatkan kreativitas dan kerja sama siswa dalam proses pembelajaran. Selain itu, model TPS juga mempermudah siswa pahami materi karena proses pembelajaran menjadi lebih interaktif dan tidak hanya berpusat pada guru, melainkan juga mendorong partisipasi aktif siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, Abdullah. “Pendekatan Dan Model Pembelajaran Yang Mengaktifkan Siswa.” EDURELIGIA; JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM 1, no. 2 (April 4, 2018). https://doi.org/10.33650/edureligia.v1i2.45.
Amrulloh, Muhammad Soni. “Strategi Kepala Perpustakaan Dalam Menumbuhkan Minat Baca.” Salimiya: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam 3, no. 1 (n.d.). https://doi.org/10.58401/salimiya.v3i1.1242.
Annury, Muhammad Nafi. “Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Melalui Penelitian Tindakan Kelas.” Dimas: Jurnal Pemikiran Agama Untuk Pemberdayaan 18, no. 2 (February 8, 2019). https://doi.org/10.21580/dms.2018.182.3258.
Apriliani, Dewi. “Peningkatan Percaya Diri Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Pada Pembelajaran IPS Siswa Kelas V SD Negeri Serang Kulon Progo.” Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta, 2015.
Arifin, Syamsul. “Peran Guru Pendidikan Jasmani Dalam Pembentukan Pendidikan Karakter Peserta Didik.” Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga 16, no. 1 (July 11, 2017). https://doi.org/10.20527/multilateral.v16i1.3666.
Arikunto, S. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, n.d.
Budiariawan, I Putu. “Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Kimia.” Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia 3, no. 2 (October 11, 2019). https://doi.org/10.23887/jpk.v3i2.21242.
Camelia, Farrah. “Analisis Landasan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dalam Pengembangan Kurikulum.” SAP (Susunan Artikel Pendidikan) 5, no. 1 (August 4, 2020). https://doi.org/10.30998/sap.v5i1.6474.
Dihan, Wardah, Marzul Hidayat, and Ugi Nugraha. “Penerapan Metode Pq4r Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VI SD.” Jurnal Pendidikan Tematik Dikdas 7, no. 1 (June 1, 2022). https://doi.org/10.22437/jptd.v7i1.19544.
Fitriani, and Nurjamaludin. “Efektivitas Model Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Cerita Fiksi.” Bale Aksara 1, no. 1 (March 30, 2020). https://doi.org/10.31980/ba.v1i1.737.
Hafsah, Ibnu Rusydi, and Didik Himmawan. “Pendidikan Islam Di Indonesia (Problem Masa Kini Dan Perspektif Masa Depan).” Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 9, no. 1 (n.d.): 2023. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i1.374.
Harimurti, Eka Rista. “Supervisi Akademik Dalam Upaya Pembinaan Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).” Jurnal Buah Hati 6, no. 2 (n.d.). https://doi.org/10.46244/buahhati.v6i2.580.
Khairunisa, Rahmi Wilianti and Basuki. “Perbandingan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Antara Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS Dan CIRC.” Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika 1, no. 1 (March 30, 2021): 113–24. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i1.881.
Larasati, Destia, Dodik Mulyono, and Armi Yuneti. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps) Pada Pembelajaran Ipa Siswa Kelas Iv Sd Negeri 38 Lubuklinggau.” LJSE Linggau Journal Science Education 4, no. 2 (October 8, 2022): 37–43. https://doi.org/10.55526/ljese.v4i2.372.
Mariamah, Mariamah, Ida Bagus Putrayasa Bagus Putrayasa, and Nyoman Sudiana. “Penerapan Pembelajaran Inovatif Dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmiah Mandala Education 8, no. 1 (January 5, 2022). https://doi.org/10.58258/jime.v8i1.2797.
Marwiyati, Sri, and Istiningsih Istiningsih. “Pembelajaran Saintifik Pada Anak Usia Dini Dalam Pengembangan Kreativitas Di Taman Kanak-Kanak.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5, no. 1 (May 13, 2020). https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.508.
Musnar Indra Daulay and Nurmnalina. “Pengembangan Media Komik Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SDN 41 Pekanbaru.” Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra 7, no. 1 (May 1, 2021). https://doi.org/10.30605/onoma.v7i1.452.
Natty, Richard Adony, Firosalia Kristin, and Indri Anugraheni. “Peningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 3, no. 4 (November 9, 2019). https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.262.
Pauziah, Nurul, Baihaqi Alfaqih, Fuja Hoirunnisa, Mega Sulistyani Sadiyah, and Nadia Indah Khoerunnisa. “Kendala-Kendala Dalam Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas.” Jurnal Kreativitas Mahasiswa 1, no. 1 (n.d.). https://riset-iaid.net/index.php/jpm/article/view/1431.
Pelawi, Jhon Tyson, Idris, and Muhammad Fadhlan Is. “Undang Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Dalam Upaya Pencegahan Pernikahan Dini (Dibawah Umur).” Jurnal Education and Development 9, no. 2 (2021). https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/2792.
Rosarian, Ananda Wini, and Kurnia Putri Sepdikasari Dirgantoro. “Upaya Guru Dalam Membangun Interaksi Siswa Melalui Metode Belajar Sambil Bermain [Teacher’s Efforts In Building Student Interaction Using A Game Based Learning Method].” JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education 3, no. 2 (May 14, 2020). https://doi.org/10.19166/johme.v3i2.2332.
Roziqin, Zainur, and Hefny Rozaq. “Menggagas Competitive Advantage Melalui Branding Image Di Madrasah Aliyah Nurul Jadid Paiton Probolinggo.” Jurnal Ilmiah Didaktika 18, no. 2 (July 16, 2018). https://doi.org/10.22373/jid.v18i2.3244.
Saihu, Saihu, and Agus Mailana. “Teori Pendidikan Behavioristik Pembentukan Karakter Masyarakat Muslim Dalam Tradisi Ngejot Di Bali.” Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam 8, no. 2 (October 28, 2019). https://doi.org/10.32832/tadibuna.v8i2.2233.
Sari, Lia Armalita, Arsil, and Hendra Budiono. “Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (Tps) Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ipas Di Kelas IV Sekolah Dasar.” Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran 6, no. 3 (2023). https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.18980.
Slavin, Robert E. “Perspectives on Evidence-Based Research in Education—What Works? Issues in Synthesizing Educational Program Evaluations.” Educational Researcher 37, no. 1 (January 2008). https://doi.org/10.3102/0013189X08314117.
Susanti, Ana, and Astuti Wijayanti. “Think Pair Share: Hasil Belajar Ipa Dan Kerjasama Siswa.” Jurnal Pijar Mipa 12, no. 2 (October 20, 2017). https://doi.org/10.29303/jpm.v12i2.341.
Utomo, Prio, Nova Asvio, and Fiki Prayogi. “Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK): Panduan Praktis Untuk Guru Dan Mahasiswa Di Institusi Pendidikan.” Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia 1, no. 4 (July 30, 2024). https://doi.org/10.47134/ptk.v1i4.821.
Wangge, Yuliani Sepe, and Nining Sariyyah. “Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Media Gambar Tarian Gawi Pada Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6, no. 2 (February 9, 2022). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2166.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v9i4.5583
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Siti Mu’alimah, Unik Ambar Wati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.




