MANAJEMEN KELAS DAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI MI MUHAMMADIYAH PASIR LOR BANYUMAS

zuri pamuji

Abstract


Gerakan Literasi Sekolah (GLS) adalah suatu program Pemerintah sebagai upaya secara komprehensif untuk membentuk sekolah menjadi organisasi pembelajaran dimana warganya literat sepanjang hayat dengan pelibatan publik. GLS akan berhasil dengan baik dengan adanya dukungan dalam pengelolaan kelas oleh guru secara optimal. Salah satu diantara yang berusaha melakukan hal tersebut adalah guru kelas 1 di MI Muh. Pasir Lor. Pentingnya dilakukan penelitian ini karena dapat menjadi alternatif pola dalam mengelola kelas yang mendukung adanya Gerakan Literasi Sekolah Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru dalam mengelola kelas terbagi ke dalam tiga bagian utama, yakni: penataan perabot yang terdapat di kelas dengan tepat, adanya penggunaan strategi-strategi pembelajaran yang proaktif serta tindakan pencegahan dan respon ketika ada perilaku indisipliner pada peserta didik. Adapun Jenis literasi yang diajarkan guru kelas 1 MI Muhammadiyah Pasir Lor meliputi: literasi matematis, literasi sains, literasi membaca dan literasi menulis. Dengan adanya pola manajemen kelas tersebut, dapat membantu terlaksananya Gerakan Literasi Sekolah di MI Muhammadiyah Pasir Lor

Keywords


manajemen kelas, literasi, madrasah ibtidaiyah

Full Text:

PDF

References


Abidin, Yunus, Pembelajaran Literasi : Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, Dan Menulis (Jakarta: Bumi Aksara, 2017)

Akbar, Sa’dun, I Q A’yun, F Y Satriyani, W Widodo, R Paranimmita, and D Ferisa, Implementasi Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2016

Alfi, Azizah Nur, ‘Kajian Perpusnas 2015: Minat Baca 25,1 Atau Rendah’, Kabar24.Bisnis.Com, 2016 [accessed 12 July 2018]

Banggawan, Billy, ‘Berada Di Peringkat Tambun, Warga RI Perlu Banyak Baca’, Smart-Money.Co, 2017 [accessed 16 July 2018]

Cummings, Carol, Winning Strategies for Classroom Management (United States: ASCD, 2000)

David, Fred R dan Forest R Davd, Manajemen Strategik (Jakarta: Salemba Empat, 2017)

Dewayani, Sofie, Menghidupkan Literasi Di Ruang Kelas (Yogyakarta: Kanisius, 2017)

English, Evelyn Williams, Pendidikan Literasi (Bandung: Nuansa Cendekia, 2017)

Faizah, Dewi Utama, Susanti Sufyadi, Lanny Anggraini, Waluyo, Sofie Dewayani, Wien Muldian, and others, Panduan Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Sekolah Dasar (Jakarta: Kemendikbud, 2016)

Ichsan, Ahmad Shofiyuddin, ‘Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Islam (Sebuah Analisis Implementasi GLS Di MI Muhammadiyah Gunungkidul)’, AL-BIDAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 10 (2018), 1–20

Irvin, Judith L., Julie Meltzer and Melinda Dukes, Taking Action on Adolescent Literacy: An Implementation Guide for School Leaders (United States: ASCD, 2007)

Koesoema, A Doni, Pendidikan Karakter Berbasis Kelas: Menumbuhkan Karakter Dalam Pembelajaran (Yogyakarta: Kanisius, 2018)

Munawwaroh, Lailatul, samsul Arifin, ‘Budaya Membaca Sebagi Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Di MI Ma’arif Gondosuli Muntilan’, Jurnal Abdau, 1 (2018), 259–69

Pauzi, Rizal, ‘Program “Pendidikan Gratis” Masih Laris Di Pilgub Sulsel’, Matakita, 2017 [accessed 5 July 2018]

Robbins, Stephen and marry coulter, Manajemen, 10th edn (Jakarta: Erlangga, 2010)

Rohman, Faiz Auliya, and Nailatul Muna, ‘Kepemimpinan Demokratis Kepala Madrasah Ibtidaiyah (MI) Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta’, MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3.2 (2019), 269–88

Sainal. A, ‘Minat Baca, Smart Library, Dan Makassar Kota Dunia’, Makasarbicara.Com, 2017 [accessed 10 July 2018]

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan:(Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D) (Alfabeta, 2008)

Tauber, Robert T., Classroom Management: Sound Theory and Effective Practice, 4th edn (Greenwood Publishing Group, 2007)

Tempo.co, ‘Gerakan Literasi Sekolah Wujudkan Nawa Cita’, TEMPO.CO, 2017 [accessed 14 July 2018]

Tim Dosen Administrasi Pendidikan UPI, Manajemen Pendidikan (Bandung: Alfabeta, 2011)

Wiyani, Novan Ardy, Manajemen Kelas. Teori Dan Aplikasi Untuk Menciptakan Kelas Yang Kondusif, 1st edn (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2013)




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v5i2.576

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.