PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK, FIQIH DAN MATEMATIKA DI MADRASAH IBTIDAIYAH

Miftahul Jannah, Hikmatu Ruwaida, Nida Mauizdati

Abstract


Tahun 2020 dan 2021, tahun dimana dunia pendidikan memasuki fase baru dan mengalami banyak hal baru. Pendidikan dituntut untuk beradaptasi dengan keadaan yang sedang terjadi secara global. Dalam hal ini kemendikbud mengumumkan kebijakan me-rumahkan pembelajaran. Semua aktifitas belajar kemudia dilakukan jarak jauh melalui platform online. Menghadapi hal ini, semua pihak berbenah dan belajar kembali. Termasuk dalam hal pembelajaran, banyak aspek yang kemudian perlu menyesuaikan dengan keadaan ini. Tulisan ini berusaha mengungkapkan hal-hal yang menjadi kesulitan dalam beradaptasi tersebut. Dalam hal ini yang menjadi pembahasan ada pada pembelajaran di mata pelajaran Aqidah akhlak, Fiqih, dan Matematika di Madrasah Ibtidaiyah.

Keywords


pembelajaran daring; problematika; pembelajaran jarak jauh

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Mulyono. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Adhe, Kartika Rinakit. “Model Pembelajaran Daring Mata kuliah Kajian PAUD di Jurusan PG PAUD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya.” Journal of Early Childhood Care & Education (JECCE) 1 (2018).

Ani. “Evaluasi Pembelajaran Online Matematika Siswa Kelas 5 SD Negeri 5 Metro Pusat.” Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro, 2020.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta, 2002.

Bilfaqih, dan Qomarudin. Esensi Penyusunan Materi Daring Untuk Pendidikan dan Pelatihan. Yogyakarta: Deepublish, 2015.

Bilfaqih, Yusuf, dan M. Nur Qomarudin. Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring. Yogyakarta: Budi Utama, 2015.

Bungin, Burhan. Metodologi Penelitian Kuantitatif, cet. 9. Jakarta: Kencana, 2017.

Debdikbud. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Bulan Bintang, 2002.

Ekaningsih Paimin, Joula. Agar Anak Pintar Matematika. Jakarta: Puspa Swara, 1998.

Fauzi, Alwan, dan Puji Nur Fauziah. “Kesulitan Pembelajaran Daring Matematika Pada Masa Pandemi Covid 19 Di SMP Muslimin Cililin.” Cimahi 5 (2021).

Fitriani, Yuni, dan Roida Pakpahan. “Analisa Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Jarak Jauh di tengah Pandemi Virus Corona Covid-19.” Jurnal Of Information System Applied 4 (2020).

Hasratudin. “Membangun Karakter Melalui Pembelajaran Matematika.” Pendidikan Matematika Paradigma 6 (2013).

Hudoyono, Herman. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: Universitas Negeri Malang, 2003.

Iskandar. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial. Jakarta: Gaung Persada Press, 2009.

Jamilah, Nayla Rahma. “Pembelajaran Matematika Semester Ganjil Selama Pandemi Covid-19 Di Mts Al Hidayah Purwokerto Utara.” Institut Agama Islam Negeri Purwokerto, 2020.

J.Moleong, Lexy. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000.

Kartika Sari, Raras. “Analisis Problematika Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Pertama dan Solusi Alternatifnya.” Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika 02 (2019).

Kuntarto, Eko. “Kefektifan Model Pembelajaran Daring Dalam Perkuliahan. Bahasa Indonesia Diperguruan Tinggi.” Indonesian Language, 2017.

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Depdiknas, 2006.

Latuconsina, Hudayana. Pendidikan Kreatif Menuju Generasi Kreatif dan Kemajuan Ekonomi Kreatif di Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2014.

Mahmud. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia, 2011.

Marsigit. Pedoman Khusus Pengembangan Sistem Penilaian Matematika SMP. Jakarta: Universitas Negeri Yogyakarta, 2013.

Mohammad, Ali, dan Asrori Muammad. Metodologi dan Aplikasi Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2014.

Mufarizuddin. “Analisis Kesulitan Pembelajaran Matematika Siswa Kelas 5 SD Negeri 02 Belas Bangkinang Kota.” Journal On Education 1 (2018).

Muri, Yusuf. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan, cet. 4. Jakarta: Kencana, 2007.

Mustaqim. “Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matemtika.” Jurnal Of Islamic Education 2 (2020).

Mustofa. “Formulasi Model Perkuliahan Daring Sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas. Perguruan Tinggi.” Walisongo Journal of Information Technology 1 (2019).

Nazir, Moh. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia, 2003.

Putri Safitri, Dyah. “Evaluasi Kompetensi Pedagogik Guru Pasca Pelatihan Guru Pembelajar Moda Daring.” Jurnal Pembelajaran Inovatif 1 (2018).

Rony. Metode Penelitian Hukum dan Jurimeter. Jakarta: Ghalis, 1994.

Sbana, Muhammad, dan Sudrajat. Dasar-dasar Penelitian Ilmiah. Bandung: Pustaka Setia, 2005.

Sedarmati, dan Syarifudin. Hidayat Metodologi Penelitian. Bandung: Mandar Maju, 2002.

Setiawan, Fuad. “Pelaksanaan Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Matematika Kelas 5A Di SDN Mawar 2 Banjarmasin.” UIN Antasari Banjarmasin, 2021.

Soedjadi, R. Pendidikan Matematika Di Indonesia: Konstatasi Keadaan Masa Kini Menuju Harapan Masa Depan. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas, 2000.

Sudijono, Anas. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo, 2008.

Sudjana, Nana. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru, 1990.

Sugiono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2017.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2007.

Syukir. Dasar-dasar Strategi Dakwah Islami. Surabaya: Al-Ikhlas, 1983.

Usman, Husaini, dan Purnomo Setiady Akbar. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Akhsara, 2009.

Uwes, Sanusi. Visi dan Pondasi Dalam Perspektif Islam. Jakarta: Logos, 2003.

Vrednbregt, J. Metode dan Teknik Penelitian Masyarakat. Jakarta: Gramedia, 1978.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v5i2.610

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.