Integration of Religious Values in learning at MI Bustanul Ulum Batu City

Nunzairina Nunzairina, Mohd. Norma Sampoerno, Muhd Hayyanul Damanik, Wahyu Iskandar

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh amanat konstitusi yang menyiratkan perlunya integrasi nilai-nilai religius dalam pembelajaran. Problem yang terjadi bahwa ada indikasi fluktuasi dikotomis setiap pembelajaran terpisah dari integrasi nilai-nilai religious. Banyaknya problem yang timbul ditengah-tengah masyarakat sangat erat kaitannya dengan kualitas sumber daya manusia. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk dari pembelajaran integrasi nilai religius pada pembelajaran di MI Bustanul Ulum Kota Batu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, guru koordinator bidang kurikulum, wali kelas dan siswa di MI Bustanul Ulum Kota Batu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa integrasi nilai-nilai religius dalam pembelajaran di MI Bustanul Ulum Kota Batu dilihat melalui empat tataran yaitu visi dan misi (tataran Konseptual), budaya madrasah (tataran intitusional), rancangan dalam pembelajaran (tataran operasional) dan sarana prasarana madrasah (tataran arsitektural). Berdasarkan hasil penelitian ini teridentifikasi permasalahan yang timbul akan sulitnya untuk mencari serta menghubungkan ayat-ayat Al-Qur’an dan hadits dalam tema pembelajaran, maka peran guru dengan wawasan ke-Islaman sangat berpengaruh dalam pelaksanaan pembelajaran integrasi nilai-nilai religius.

Keywords


Integrasi, Nilai-nilai Religius, Pembelajaran, MI Bustanul Ulum Kota Batu

Full Text:

PDF PDF

References


REFERENCE

AE. UU 20. “AE UU No 20 Tahun 2003 (Sistem Pendidikan Nasional)” 1945, no. Uud (1945): 1–110.

Al-anwari, Amirul Mukminin. “Strategi Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan Di Sekolah Adiwiyata Mandiri.” Ta’dib 19, no. 02 (2014): 227–52. https://doi.org/10.19109/tjie.v19i02.16.

Alpusari, Mahmud. “Analisis Kurikulum Pendidikan Lingkungan Hidup Pada Sekolah Dasar Pekanbaru.” Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2, no. 02 (2014): 10. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v2i02.1957.

At-Sabrani. Al-Awsat Juga Al-Baihaqi Dari Abu Sa`id Ra. as Suyuthi, 1994.

Bagir, Haidar. Integrasi Ilmu. Yogyakarta: Arasy Hilah, 2005.

Bahar, H, I Iswan, V H Sundi, N L Fitri, and ... “Pembelajaran Beyond Centers and Circle Time (Bcct) Berbasis Al-Qur’an Dalam Peningkatan Nilai-Nilai Karakter Bagi Anak Usia Dini.” … Jurnal Pendidikan Anak … 4197 (2020). https://jurnal.umj.ac.id/index.php/YaaBunayya/article/view/7372.

Barat, Kalimantan. “Metadata, Citation and Similar Papers at Core.Ac.Uk 104 |” 7, no. 1 (2017): 104–26.

Barizi, Imam Tholkhah dan Ahmad. Membuka Jendela Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo persada, 2004.

Barizi, Imam Tolkhah dan Ahmad. Membuka Jendela Pendidikan; Mengurai Akar Tradisi Dan Integrasi Keilmuan Pendidikan Islam. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2006.

Dadang supardan. Manusia Kekerasan Multikultural Dan Transformasi Pendidikan. Bandung: Rizqi press, 2015.

———. Mengintip Bahaya Kekerasan, Sebagai Ancaman Pendidikan Karakter Bangsa, Makalah Seminar Nasional, 8 Agustus 2011 Di Auditorium FPIPS UPI. Bandung, n.d.

———. Turbulensi Dan Bahaya Kekerasan Dalam Pendidikan Dalam Helius Sjam Dan Andi SuwirtaHistoria Magistra Vitae, Menyambut 70 Tahun Prof Dr. Hj Rochiati Wiriatmadja MA. Bandung: Historia Press, 2003.

Departemen Pendidikan Nasional. “Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.” Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum, 2003, 6.

Dkk, Zainal Abidin Bagir. , Integrasi Ilmu Dan Agma: Interpretasi Dan Aksi. Bandung: : PT. MizanPustaka, 2005.

Edi Saputra. “Eksistensi PKn Sebagai Pendidikan Nilai Dalam Membangun Karakter Bangsa.” Tingkap 8, no. 2 (2012): 145–58. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/tingkap/article/view/1881.

Elihami, Elihami, and Abdullah Syahid. “Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Pribadi Yang Islami.” Edumaspul - Jurnal Pendidikan 2, no. 1 (2018): 79–96. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v2i1.17.

Faris, Ahmad, and Ade Fitria Lestari. “Anak Usia Dini.” Teknik Komputer 2, no. 1 (2016): 59–67.

Fuad, Nasrul, Erfansyah Uin, and Sunan Ampel. “Implementasi Lvep ( Living Value Education Program ) Di Madrasah Ibtidaiyah Manbaul Ulum Mojopuro Gede Bungah” 4, no. 1 (2019): 129–44.

Gardner, Susan K. “Socialization of Doctoral Students” 6, no. 6 (2010).

Ghufron, Anik. “Integrasi Nilai-Nilai Karakter Bangsa Pada Kegiatan Pembelajaran.” Jurnal Cakrawala Pendidikan 1, no. 3 (2010): 13–24. https://doi.org/10.21831/cp.v1i3.230.

Hakim, Lukman. “Nilai-Nilai Islam, Sikap Dan Perilaku,SDIT Al-Muttaqin.” Internalisasi Nilai-Nilai Agama Islam Dalam Pembentukan Sikap Dan Perilaku Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Muttaqin Kota Tasikmalaya 10, no. 1 (2012): 67–77. http://jurnal.upi.edu/file/5_Penanaman_Nilai.pdf%0Ahttps://media.neliti.com/media/publications/108820-ID-penerapan-strategi-pembelajaran-kreatif.pdf.

Hidayat, Nur. “Peran Dan Tantangan Pendidikan Agama Islam Di Era Global.” El-Tarbawi 8, no. 2 (2015): 131–45. https://doi.org/10.20885/tarbawi.vol8.iss2.art2.

Huberman, Matthew B. Miles & A Michael. Analisi Data Kualitatif, Terj. Tjetjep Rohendi Rohidi. UI Press, 2014.

———. Analisis Data Kualitatif, Terj. Tjejep Rohendi Rohidi. UI Press, 2014.

Ikhwan, Afiful. “Integrasi Pendidikan Islam (Nilai-Nilai Islami Dalam Pembelajaran).” Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2014). https://doi.org/10.21274/taalum.2014.2.2.179-194.

Iskandar, Wahyu, Universitas Islam, and Negeri Sunan. “Oleh :” 4, no. 1 (2019): 1–22.

Iskandar, Wahyu, and Fia Alifah Putri. “Persepsi Kepala Madrasah Ibtidaiyah Terhadap Kinerja Supervisi Manajerial Pengawas Madrasah Ibtidaiyah Kota Yogyakarta.” Dirasat: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam 6, no. 2 (2020): 158–81. https://doi.org/10.26594/dirasat.v6i2.2210.

Machali, Ara Hidayat dan Imam. Pengelolaan Pendidikan. Yogyakarta: Kaukaba, 2012.

Majid, Nurcholis. Masyarakat Religius; Membumikan Nilai-Nilai Islam Dalam Kehidupan Masyarakat. Jakarta: Paramadina, 2000.

Moleong, Lexy. Metodologi Penelitian Kualitatif. XXXI. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.

Muhammad, Lalu. Integrasi Pendidikan Religius Dan Sains. Ponorogo: CV Uwais Indonesia, 2002.

Muspiroh, Novianti. “Integrasi Nilai-Nilai Islam Dalam Pembelajaran IPA Di Sekolah.” Jurnal Pendidikan Islam 28, no. 3 (2013): 173.

———. “INTEGRASI NILAI ISLAM DALAM PEMBELAJARAN IPA (Perspektif Pendidikan Islam).” Jurnal Pendidikan Islam 28, no. 3 (2016): 484. https://doi.org/10.15575/jpi.v28i3.560.

Pasaribu, Asbin. “Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Pencapaian Tujuan Pendidikan Nasional Di Madrasah.” EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial 3, no. 1 (2017): 12–34.

Priatmoko, Sigit. “The Internalization of Wasathiyah Values In Inclusion Madrasah: A Case Study of Integrated Madrasah Ibtida’iyah of Ar-Roihan Malang.” Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam 11, no. 2 (2019): 358–78. https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v11i2.521.

Rai, Ida Bagus. “Pengembangan Pendidikan Karakter Di Perguruan Tinggi.” Widyasrama, no. 5 November (2016): 27–36.

S, Sanusi. Integrasi Umat Islam. Bandung: Iqomatuddin, 1987.

Sari, Indah Prasetyawati Tri Purnama. “Pendidikan Kesehatan Sekolah Sebagai Proses Perubahan Perilaku Siswa.” Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia 9, no. 2 (2013): 141–47. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji/article/viewFile/3017/2510.

Supardan, Dadang. Manusia Kekerasan Multikultural Dan Transformasi Pendidikan. Bandung: Rizqi press, 2015.

Universitas, D I, and Muhammadiyah Surakarta. “MODEL PEMBELAJARAN STUDI ISLAM ( Studi Komparatif Model Baitul Arqam,” n.d., 105–25.

Widyaningsih, Titik Sunarti, Zamroni Zamroni, and Darmiyati Zuchdi. “Internalisasi Dan Aktualisasi Nilai-Nilai Karakter Pada Siswa Smp Dalam Perspektif Fenomenologis.” Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi 2, no. 2 (2014): 181–95. https://doi.org/10.21831/jppfa.v2i2.2658.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.