PENERAPAN PEMBELAJARAN IPA BERBASIS KONSTRUKTIVISME DALAM MENINGKATKAN SIKAP ILMIAH PADA SISWA MADRASAH IBTIDAYAH

Mardiana Mardiana

Abstract


Hakikat sains terdiri atas tiga aspek yaitu sains sebagai produk, proses, dan sikap ilmiah. Dalam pembelajaran IPA masih kurangnya penanaman nilai sikap ilmiah yang berakibat pada peroleh hakikat sains yang tidak utuh dan kurangnya terbentuk sikap ilmiah siswa. Oleh karena itu, proses belajar mengajar harus menggunakan cara dan metode yang sesuai dalam mencapai tujuan pembelalajaran, khususnya pada pembelajaran IPA. Hal tersebut bisa dilakukan dengan pembelajaran IPA berbasis konstruktivisme yang secara langsung dapat membuat siswa secara aktif mengkonstruksi pengetahuan sendiri, sehingga dapat mengembangkan kemampuan berpikir siswa, meningkatkan penguasaan materi pembelajaran dan dapat menumbuhkan sikap ilmiah yang secara tidak langsung akan mempengaruhi sikap siswa dalam memecahkan masalah yang ada di lingkungan sekitar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) bertujuan untuk mengetahui peningkatan sikap ilmiah pada siswa kelas V Madrasah Ibtidayah Negeri Sinar Islam. Terdapat peningkatan sebanyak 7,7 % dari siklus 1 ke siklus2. Sikap ilmiah sangat bermakna dalam interaksi sosial, ilmu pengatahuan dan teknologi. Apabila sikap ilmiah telah terbentuk dalam diri siswa maka akan terwujudlah suri tauladan yang baik bagi peserta didik, baik dalam melaksanakan penyelidikan atau berinteraksi dengan masyarakat. Secara tidak langsung sikap ilmiah dalam proses pembelajaran IPA dapat menyelesaikan masalah-masalah moralitas anak bangsa ini.

Keywords


Pembelajaran IPA, Konstruktivisme, Hasil Belajar Kognitif, Sikap Ilmiah

Full Text:

PDF

References


Abidin, Y. Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT Refika Adikarya, 2014.

Budiningsih, C.A. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta, 2005.

Chain & Evan, Sciencing An Involvement Approach to Elementary Science Methods, (Edisi ke III. Korinna: Merrill,1990).

Darmiwati. Implementasi Model Pembelajaran Perubahan Konseptual Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar. Banda Aceh: FKIP Unsyiah, 2006.

Departemen Agama RI, KurikulumMadrasah Ibtidayah (Standar Kompetensi), Jakarta; Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam,2004

Holbrook, Jack dan Rannikmae, Miia. The Nature of Science Education for Enhancing Scientific Literacy. Intenational Jurnal of Science Education Vol 29, No 11, 3 September 2007, PP. 1347-1362, 2007.

Husin dan Bahrul Ilmi, ” Strategi Cooverative Learning dalam Perspektif Pendidikan Islam”, Al-Madrasah Vol. 3, No. 1 (2018).

Matthew H.Theories Of Learning, Edisi Ketujuh. Jakarta: Kencana, 2008.

S Hornby,A. Oxford Advanced Learner`sDictionary Of Current English.Ne York: Oxford University Pres, 2010

Sardiman A. M. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2007.

Silberman, Mel. Active Learning (Second Edition). New Jersey: A Willey Company, 1998.

Sulistyorini, Sri. Pembelajaran IPA Sekolah Dasar, Dan Penerapan Dalam KTSP. Yogyakarta: Unnes dan Tiara Wacana, 2007.

Suparno, Paul. Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Jogjakarta: Kanisius, 1997.

Surya, Pembelajaran berbasis konstruktivisme pada sekolah tingkat Dasar. Jurnal Sains. Universitas Pendidikan: Bandung, Vol. 6 no 3 (2011)

Tri Anni, Catharina. Psikologi Belajar. Semarang: UPT MKK UNNES, 2004.

Trianto. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka, 2011.

Tursinawati. Penerapan pembelajaran inkuiri terbimbing Untuk meningkatkan penguasaan konsep dan pemahaman hakikat sains siswa. Bandung: UPI Press. (Tesis, tidak diterbitkan), 2008.

Undang-undang Republik Indonesia No 20 pasal Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: CV Multi Persindo. 2013

Widodo, Ari, dkk. Pendidikan IPA Di SD. Bandung: UPI Press, 2007.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Free counters!

Indeksasi:

___________________________________________________________________________________________________________________________________

Contact us: Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: redaksi.almadrasah@gmail.com