Barcode Sebagai Media Pembelajaran Blended Learning Pada Pelajaran IPS

Syarifuddin Syarifuddin, Muhammad Nasir, Mardiana Mardiana

Abstract


Kegiatan belajar-mengajar pada peserta didik di sekolah sekarang mayoritas menggunakan Smartphone, semua ini disebabkan karena adanya wabah virus covid-19 yang menyerang dunia dan tanpa terkecuali Indonesia. Peserta didik dalam menggunakan smartphone harus diawasi dan dibantu orang tua, karena dalam smartphone begitu banyak informasi yang tidak bisa disaring oleh anak-anak, baik dari sesi positif dan negatifnya. Oleh karena itu perlu sesuatu alat yang dapat mengarahkan anak-anak dalam belajar dan lebih terfokus dengan materi pembelajaran. Barcode merupakan suatu gambar yang berbentuk abstrak yang bisa memunculkan tulisan, data, suara bahkan video. Manfaat dari media barcode ini diharapkan mampu membuat peserta didik menjadi lebih terfokus dengan pelajaran yang diberikan guru. Metodologi yang digunakan dalam pembuatan (R&D) tahapannya menggunakan model ADDIE. Media yang dikembangkan adalah media barcode. Hasil uji validasi pengembangan media barcode secara keseluruhan sudah lengkap dan sudah layak digunakan untuk kegiatan belajar mengajar di kelas. Media ini diharapkan akan membantu guru-guru dalam membuat bahan ajar yang simpel dan terfokus pada smartphone.


Keywords


Barcode, Smartphone, Kertas Satu Lembar, Covid-19

Full Text:

PDF

References


Albeta, Sri Wilda, Nofianti Nofianti, dan Sri Rahmandani. “PERANAN TURNAMEN BERBASIS ICT DENGAN APLIKASI QUIZIZZ TERHADAP PEMBELAJARAN KIMIA.” Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Riau 5, no. 1 (28 Januari 2020): 11–15. https://doi.org/10.33578/jpk-unri.v5i1.7778.

Dewi, Nanda, R. Eka Murtinugraha, dan Riyan Arthur. “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA KULIAH TEORI DAN PRAKTIK PLAMBING DI PROGRAM STUDI S1 PVKB UNJ.” Jurnal Pensil : Pendidikan Teknik Sipil 7, no. 2 (24 Agustus 2018): 95–104. https://doi.org/10.21009/pensil.7.2.6.

Media, Kompas Cyber. “Diumumkan Awal Maret, Ahli: Virus Corona Masuk Indonesia dari Januari.” KOMPAS.com. Diakses 22 November 2020. https://www.kompas.com/sains/read/2020/05/11/130600623/diumumkan-awal-maret-ahli--virus-corona-masuk-indonesia-dari-januari.

Megawanti, Priarti, Erna Megawati, dan Siti Nurkhafifah. “PERSEPSI PESERTA DIDIK TERHADAP PJJ PADA MASA PANDEMI COVID 19.” Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan 7, no. 2 (20 Juli 2020): 75–82. https://doi.org/10.30998/fjik.v7i2.6411.

Mustakim, Sartika, Daud K. Walanda, dan Siang Tandi Gonggo. “PENGGUNAAN QR CODE DALAM PEMBELAJARAN POKOK BAHASAN SISTEM PERIODIK UNSUR PADA KELAS X SMA LABSCHOOL UNTAD.” Jurnal Akademika Kimia 2, no. 4 (30 November 2013): 215-221–221.

Nindia Taradisa, 160209063. “Kendala yang Dihadapi Guru Mengajar Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 di Min 5 Banda Aceh.” Kendala yang Dihadapi Guru Mengajar Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 di Min 5 Banda Aceh, 20 Agustus 2020, 1–11.

Rayanto, Yudi Hari, dan Sugianti. PENELITIAN PENGEMBANGAN MODEL ADDIE DAN R2D2: TEORI & PRAKTEK. Pasuruan: Lembaga Academic & Research Institute, 2020.

Syarifuddin. “Bimbingan Penggunaan Google Form Untuk Pembelajaran IPS Pada Madrasah di Banua Enam | Syarifuddin | Manhaj: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat.” Manhaj: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat 9, no. 1 (2020): 45–58. http://dx.doi.org/10.29300/mjppm.v9i1.3002.g2479.

Tutiasri, Ririn Puspita, Niko Kurniawan Laminto, dan Karim Nazri. “Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Pembelajaran Bagi Mahasiswa Di Tengah Pandemi Covid-19” 2, no. 2 (10 Oktober 2020). http://ejurnal.ubharajaya.ac.id/index.php/KOMASKAM/article/view/311.

Wirasasmita, Rasyid Hardi, dan Muhammad Zamroni Uska. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Buku Digital Elektronic Publication (Epub) Menggunakan Software Sigil Pada Mata Kuliah Pemrograman Dasar.” Edumatic : Jurnal Pendidikan Informatika 1, no. 1 (27 Desember 2017): 11–16.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i1.741

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.