Peran Home Visit Untuk Mengatasi Hambatan Belajar Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Madrasah Ibtidaiyah Normal Islam Rakha

Rif Atul Ajizah, Maemonah Maemonah, Alfi Rahmatin 'Ulya

Abstract


Riset ini menyoroti hambatan atau kendala belajar anak usia sekolah dasar pada saat wabah corona. Riset ini bertujuan mengetahui segala hambatan yang terjadi sewaktu proses belajar mengajar online berlangsung juga peran home visit sebagai solusinya. Penulis memilih masalah ini karena sekarang masih marak-maraknya pembelajaran online bagi anak-anak sekolah, khususnya di sini anak usia sekolah dasar. Hal ini menarik bagi penulis, selaku penulis juga adalah seorang pendidik di Madrasah Ibtidaiyah. Penulis selaku seorang pendidik merasa dan mengalami begitu banyak hambatan atau kendala selama mengajar secara online, secara lebih rinci di sini akan memfokuskan subyeknya adalah anak didik, yaitu hambatan mereka dalam belajar secara online. Metode penelitian yang dilakukan adalah wawancara dan observasi. Wawancara disini yang diwawancarai adalah 10 orang siswa Madrasah Ibtidaiyah Normal Islam Rakha dan 10 orangtua siswa. Selain itu, penulis melakukan observasi selama masa pembelajaran berlangsung. Kesimpulan akhir yang didapat ternyata setelah melakukan home visit hambatan belajar di saat pandemi lebih bisa teratasi dari pada pembelajaran lewat daring saja.

Keywords


Hambatan belajar, home visit, pandemi covid-19

Full Text:

PDF

References


Aisyah, Siti, dan Muhammad Alif Kurniawan. “Penggunaan Media Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi COVID- 19.” . . Vol. 1 (2021): 9.

Anugrahana, Andri. “Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 10, no. 3 (September 2020): 8.

Budianti, Aisyah, dan Puteri Ardina Melati. “IMPLEMENTASI KUNJUNGAN RUMAH DALAM PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI.” Academica: Journal of Multidisciplinary Studies 4, no. 2 (2020): 267–78.

Daheri, Mirzon, Juliana Juliana, Deriwanto Deriwanto, dan Ahmad Dibul Amda. “Efektifitas WhatsApp sebagai Media Belajar Daring.” Jurnal Basicedu 4, no. 4 (29 Juni 2020): 775–83. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.445.

Depdikbud. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka, 2018.

Fahmi, Muhammad Hanif. “KOMUNIKASI SYNCHRONOUS DAN ASYNCHRONOUS DALAM E-LEARNING PADA MASA PANDEMIC COVID-19.” Jurnal Nomosleca 6, no. 2 (30 Oktober 2020). https://doi.org/10.26905/nomosleca.v6i2.4947.

Fauzi, Irfan, dan Iman Hermawan Sastra Khusuma. “Teachers’ Elementary School in Online Learning of COVID-19 Pandemic Conditions.” Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan 5, no. 1 (6 Juni 2020): 58–70. https://doi.org/10.25217/ji.v5i1.914.

Fernandes, Luis, Yonathan Winardi, dan Oce Datu Appulembang. “HAMBATAN BELAJAR MATEMATIKA: STUDI KASUS DI KELAS VIII SUATU SEKOLAH DI SEMARANG [BARRIERS TO LEARNING MATHEMATICS: A CASE STUDY OF GRADE 8 STUDENTS AT A SCHOOL IN SEMARANG].” JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education 3, no. 1 (2 Desember 2019): 16. https://doi.org/10.19166/johme.v3i1.2071.

Ghufron, M Nur, dan Rini Risnawita. “KESULITAN BELAJAR PADA ANAK: Identifikasi Faktor yang Berperan” 3, no. 2 (2015): 15.

Imam Machali dan Ara Hidayat. The Handbook of Education Management. Pertama. Jakarta, Indonesia: PRENADAMEDIA GRUP, 2016.

Mahsuni, Abdul Wahid, Ahmad Ainun Nadhif, Evi Rahayu, Mu’izzatul Maghfiroh, Indriani Dian Lestari, Lisa Febrianty Valentino, Erlina Dwi Aprilianti, Ahmad Faruq, dan Muamar Kadhafi. “PEMBELAJARAN HOME VISITED DALAM MASA PANDEMI COVID-19,” 2021, 6.

M.Rizki Nasution. “COVID-19 TIDAK MENJADI HAMBATAN PENDIDIKAN DI INDONESIA?,” 2020. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.28543.36005/1.

Mutaqinah, Rina, dan Taufik Hidayatullah. “Implementasi Pembelajaran Daring (Program BDR) Selama Pandemi Covid-19 di Provinsi Jawa Barat.” JURNAL PETIK 6, no. 2 (6 Oktober 2020): 86–95. https://doi.org/10.31980/jpetik.v6i2.869.

Nusroh, Siti, dan Eva Luthfi. “Analisis Kesulitan Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) Serta Cara Mengatasinya.” Belajea; Jurnal Pendidikan Islam 5, no. 1 (22 Mei 2020): 71. https://doi.org/10.29240/belajea.v5i1.1145.

Purwanto, Agus, Rudy Pramono, Masduki Asbari, Priyono Budi Santoso, Laksmi Mayesti, Choi Chi Hyun, dan Ratna Setyowati Putri. “Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar,” 2020, 12.

Rahardjo, Mudjia. “Metode pengumpulan data penelitian kualitatif,” 2011.

Rofiah, Nurul Hidayati. “Proses Identifikasi: Mengenal Anak Kesulitan Belajar Tipe Disleksia Bagi Guru Sekolah Dasar Inklusi.” INKLUSI 2, no. 1 (2 Agustus 2015): 109. https://doi.org/10.14421/ijds.020110.

Sakti, Syahria Anggita. “Persepsi Orang Tua Siswa terhadap Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid 19 di Yogyakarta.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6, no. 1 (29 Maret 2021): 73–81. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.804.

Supena, Asep, Deane Umboh, Deysti Trifena Tarusu, dan Jeane Kalengkongan. “Learning Strategies in Elementary Schools During COVID-19 Pandemic in North Sulawesi.” Dalam Proceeding on Teaching and Science Education, 12–19. RSF Press & RESEARCH SYNERGY FOUNDATION, 2020. https://doi.org/10.31098/ictase.v1i1.14.

Suwendra, I Wayan. Metodologi penelitian kualitatif dalam ilmu sosial, pendidikan, kebudayaan dan keagamaan. Nilacakra, 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i1.742

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.