Relevansi Epistemologi Dari Abid Al-Jabiri Terhadap Pembaruan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar

Ridhatullah Assya'bani

Abstract


Muhammad Abid Al-Jabiri adalah tokoh pemikir kontemporer muslim yang berasal dari Feji, Fekik. Al-Jabiri adalah tokoh yang pemikirannya sangat berpengaruh pada masa kontemporer. Namanya selalu disebut-sebut dari berbagai kalangan. Ia juga seorang kritikus pada ilmu pengetahuan Arab di Barat dan di Timur. Muhammad Al-Jabiri sangat gigih untuk membangun epistemologi yang bertujuan untuk menyejahterakan perkembangan pada masyarakat, epistemologinya dikenal dengan sebutan irfani, burhani, dan bayani. Epistemologi ini dalam dunia pemikiran, memiliki posisi penting, maka dari itu, Al-Jabiri mencoba merelevansikan epistemologinya pada pembaruan kurikulum pendidikan Islam Pendidikan Sekolah Dasar. Relevansi pemikiran dari Muhammad Abid Al-Jabiri ini mencoba mengembangkan dengan cara pola sirkular. Pendekatan yang dilakukan adalah dengan pendekatan tematik, yakni pendekatan yang kegiatannya dilakukan dengan cara mengintegrasikan materi pada beberapa mata pelajaran dalam satu topik atau pada satu tema pembahasan

Keywords


relevansi epistemologi Al-Jabiri; kurikulum pendidikan agama Islam

Full Text:

PDF

References


Abbas, Nurlaelah. “Al-Jabiri Dan Kritik Nalar Arab (Sebuah Reformasi Pemikiran Islam).” Aqidah-Ta: Jurnal Ilmu Aqidah 1, no. 1 (2 Juni 2015): 163–85. https://doi.org/10.24252/aqidahta.v1i1.1316.

Abdul Mukti Ro’uf. Kritik Nalar Arab Muhammad abid Al-Jabiri. Yogyakarta: LKiS, 2018.

Assya’bani, Ridhatullah. “Methodology of Scientific Reseacrh Programmes Imre Lakatos: Implikasi Terhadap Studi Dan Pendidikan Islam.” AT-TURAS: Jurnal Studi Keislaman 7, no. 2 (31 Desember 2020): 218–31. https://doi.org/10.33650/at-turas.v7i2.1053.

Aziz, Asep A., Ajat S. Hidayatullah, Nurti Budiyanti, dan Uus Ruswandi. “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Pai) Di Sekolah Dasar.” Taklim : Jurnal Pendidikan Agama Islam 18, no. 2 (21 September 2020): 131–46.

Baharun, Hasan, dan Saudatul Alawiyah. “Pendidikan Full Day School Dalam Perspektif Epistemologi Muhammad ‘Abid Al- Jabiri.” POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam 4, no. 1 (1 Juli 2018): 1–22. https://doi.org/10.24014/potensia.v4i1.4362.

Bahri, Samsul. “Bayani, Burhani Dan Irfani Trilogi Epistemologi Kegelisahan Seorang Muhammad Abid Al Jabiri.” Jurnal Cakrawala Hukum 11, no. 1 (20 April 2017). https://ejournal.up45.ac.id/index.php/cakrawala-hukum/article/view/186.

Damanik, Nurliana. “Muhammad Abid Al-Jabiri.” Al-Hikmah: Jurnal Theosofi dan Peradaban Islam 1, no. 2 (11 Juli 2019). https://doi.org/10.51900/alhikmah.v1i2.4843.

Faisol, M. “Struktur Nalar Arab-Islam Menurut Abid al-Jabiri.” TSAQAFAH 6, no. 2 (30 November 2010): 335–59. https://doi.org/10.21111/tsaqafah.v6i2.124.

Hafizallah, Yandi, dan Muhammad Abdul Wafa. “Pemikiran Abed Al-Jabiri Terhadap Nalar Arab: Konsep Dan Relevansi.” Mawa’izh: Jurnal Dakwah Dan Pengembangan Sosial Kemanusiaan 10, no. 1 (18 Juli 2019): 60–76. https://doi.org/10.32923/maw.v10i1.742.

Idham, Idham. “Problematika Pemanfaatan Buku Pendidikan Agama Islam Pada Sekolah Dasar Di Kabupaten Mamuju.” Penamas 28, no. 2 (3 Agustus 2017): 259–76.

Musyafaah, Nur Lailatul. “Filsafat Epistemologi Islam Muhammad Abid Al Jabiri.” AL AFKAR: Jurnal Kajian Keislaman XVII, no. 02 (Desember 2009): 12–21.

Rahmadi S, Fil I. “Epistemologi Arab-Islam Muhammad Abid Al-Jabiri.” TARBAWI 7, no. 01 (24 Juni 2020). http://www.journal.stitdarulhijrahmtp.ac.id/index.php/Jurnal/article/view/10.

Ridwan, Ahmad Hasan. “Kritik Nalar Arab: Eksposisi Epistemologi Bayani, ‘Irfani Dan Burhani Muhammad Abed Al-Jabiri.” Afkaruna: Indonesian Interdisciplinary Journal of Islamic Studies 12, no. 2 (27 Desember 2016): 187–222. https://doi.org/10.18196/afkaruna.v12i2.2793.

Saputra, Happy. “Reaktualisasi Tradisi Menuju Transformasi Sosial: Studi Pemikiran Muhammad Abid Al-Jabiri.” Substantia: Jurnal Ilmu-Ilmu Ushuluddin 18, no. 1 (11 April 2016): 17–34. https://doi.org/10.22373/substantia.v18i1.3031.

Ubaidillah, M. Hasan. “Konstruksi Nalar Politik Kenegaraan Arab-Islam Perspektif al-Jabiri.” Al-Daulah: Jurnal Hukum dan Perundangan Islam 2, no. 1 (2012): 68–96.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i1.744

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.