Penanaman Nilai-Nilai Akhlak Berbasis Kegiatan Sunnah Rasululllah Di Sekolah Dasar

Novela Aditiya, Sutrisno Sutrisno

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penanaman nilai-nilai akhlak berbasis sunah rasulullah di SD IT Sahabat Qur’an. Penelitian ini mengunakan penelitian kulitatif dengan pendekatan deskriptif analitis, data penelitian didapatkan dari observasi, dan wawancara. Informan dalam penelitian ini terdiri dari 3 guru kelas dan guru pendamping. Hasil informasi dari informan melalui tahapan analisis reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penanaman nilai-nilai akhlak berbasis kegiatan sunnah rasulullah melalui 5 kegiatan yaitu 1)penguatan akidah yang bersumber dari ajaran Allah SWT, 2)pembiasan shalat sunah dhuda, qobliyah, badiyah, dan shalat wajib zuhur dan ashar yang dilaksankan dengan berjamaah, 3)kegiatan tahsin dan tahfiz yang telah ditentukan kegiatannya sesuai jadwal, 4)pakaian yang sesuai dengan syariat  islam dan pemisahan ruang kelas laki-laki dan perempuan, 5)akhlak dan abad islam yang dilakukan berdasarkan sunnah rasulullah.


Keywords


nilai -nilai akhlak, sunnah rasulullah, sekolah dasar

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Farhat. “Metode Pendidikan Karakter Nabi MUhammad SAW Di Madrasah.” Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2019): 63–83. https://doi.org/10.34005/tahdzib.v2i2.516.

Ainusyamsi, Fadlil Yani, and Husni Husni. “Perspektif Al-Qur’an Tentang Pembebasan Manusia Melalui Pendidikan Akhlak.” Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 9, no. 1 (2021): 51. https://doi.org/10.36667/jppi.v9i1.670.

Amri, Muhammad, Saharuddin Saharuddin, and La Ode Ismail Ahmad. “The Implementation of Islamic Education: The Process of Instilling Akhlakul Karimah (Noble Characters) for Madrasah Tsanawiyah Students.” Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah 4, no. 1 (2019): 117–25. https://doi.org/10.24042/tadris.v4i1.4070.

Aprily, Nuraly Masum. “Nidzomul Ma’had Dalam Pendidikan Akhlak Di Pesantren Cipari Kabupaten Garut.” Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran 9, no. 2 (2019): 141. https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.4987.

Bafadhol, Ibrahim. “Pendidikan Akhlak Dalam Persfektif Islam.” Jurnal Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam 06, no. 12 (2017): 45–61.

Befirman. “Pembentukan Akhlakqul Karimah Melalui Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Di Sekolah Dasar.” Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah 1, no. 1 (2016): 41–55. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/tadris%0Ahttp://moraref.or.id/record/view/48672.

Fadliyani, Fani, Yosep Farhan Dafik Sahal, and Muhamad Aris Munawar. “Implementasi Bina Pribadi Islam (BPI) Dalam Membina Akhlak Peserta Didik Di Sekolah Dasar Inspiratif Al-Ilham Kota Banjar.” Bestari | Jurnal Studi Pendidikan Islam 17, no. 2 (2021): 165. https://doi.org/10.36667/bestari.v17i2.512.

Fitriani, Sinta. “Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Menciptakan Akhlak Mulia Siswa Sekolah Dasar.” ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar 3, no. 2 (2019): 229–38. https://doi.org/10.30651/else.v3i2.3011.

Gustini, Neng. “Bimbingan Dan Konseling Melalui Pengembangan Akhlak Mulia Siswa Berbasis Pemikiran Al-Ghazali.” Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah 1, no. 1 (2016): 1–14. www.unissula.ac.id.

Idhaudin, Abdul Jabar, Akhmad Alim, and Abdul Hayyie Al Kattani. “Penerapan Model Pendidikan Akhlak Syaikh Utsaimin Di Sdit Al-Hidayah Bogor.” Jurnal As-Salam 3, no. 3 (2019): 53–66. https://doi.org/10.37249/as-salam.v3i3.137.

Latipah, Eva, and Nur Faizatul Mardliyah. “Keterkaitan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Akhlakul-Karimah Pada Siswa SMP Ma’had Islamy.” Jurnal Pendidikan Agama Islam 17, no. 1 (2020): 55–66.

Munthoha, Payiz Zawahir, and Ismail Suardi Wekke. “Pendidikan Akhlak Remaja Bagi Keluarga Kelas Menengah Perkotaan.” Cendekia: Journal of Education and Society 15, no. 2 (2017): 241. https://doi.org/10.21154/cendekia.v15i2.1153.

Ningsih, Eka Fitria. “Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan.” Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan 1, no. 2 (2016): 191–217. https://journal.iaimnumetrolampung.ac.id/index.php/ji/article/view/73.

Nirwani Jumala, Nirwani Jumala, and Abubakar Abubakar. “Internalisasi Nilai-Nilai Spiritual Islami Dalam Kegiatan Pendidikan.” Jurnal Serambi Ilmu 20, no. 1 (2019): 160. https://doi.org/10.32672/si.v20i1.1000.

Nurochim, Nurochim, and Siti Ngaisah. “Analisis Isi Sikap Sosial Dalam Buku Ajar Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti.” Al Hikmah: Journal of Education 2, no. 1 (2021): 37–52. https://doi.org/10.54168/ahje.v2i1.29.

Rahayu, Akis Indriana. “Sifat-Sifat Rasulullah Saw Sebagai Dasar Pendidikan Karakter.” Prosiding Seminar Nasional Dies Natalis 41 Utp Surakarta 1, no. 01 (2021): 19–26. https://doi.org/10.36728/semnasutp.v1i01.5.

Yunianto, Teguh, Suyadi Suyadi, and Suherman Suherman. “Pembelajaran Abad 21: Pengaruhnya Terhadap Pembentukan Karakter Akhlak Melalui Pembelajaran STAD Dan PBL Dalam Kurikulum 2013.” Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran 10, no. 2 (2020): 203. https://doi.org/10.25273/pe.v10i2.6339.

Zamroni, Amin. “Strategi Pendidikan Akhlak Pada Anak.” Sawwa: Jurnal Studi Gender 12, no. 2 (2017): 241. https://doi.org/10.21580/sa.v12i2.1544.

Zannah, Fathul. “Integrasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Berbasis Al Qur’an.” Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 5, no. 2 (2020): 1–8. https://doi.org/10.33084/tunas.v5i2.1233.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i2.780

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.