Analisis Motivasi Belajar Berbantukan Video Animasi Pada Siswa Kelas V SDN 01 Taman

Naniek Kusumawati

Abstract


Penelitian ini menggunakan penelitian metode kualitatif deskriptif yang terfokus pada analisis motivasi belajar siswa di masa pandemi COVID-19 yang berbantukan video animasi pada pembelajaran tematik di kelas V SDN 01 Taman Kota Madiun, Jawa Timur. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan motivasi belajar siswa di masa pandemi COVID-19 berbantukan video animasi pada pembelajaran tematik. Berdasarkan hasil penelitian bahwa motivasi belajar siswa di masa COVID-19 berbantukan video animasi dikatakan tinggi. Hal ini dibuktikan dengan hasil observasi, wawancara dan angket yang diperoleh. Hasil menunjukan bahwa siswa memiliki hasrat keinginan belajar yang tinggi, dan merasa senang jika penyampaian materi dilakukan dengan cara Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) disertai menggunakan video animasi.


Keywords


Motivasi Belajar, Video Animasi, Pembelajaran Tematik

Full Text:

PDF

References


Apriansyah, M. R. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Animasi Mata Kuliah Ilmu Bahan Bangunan Di Progran Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Pensil: Pendidikan Teknik Sipil. Vol 9. No. 1. Hal 9-18.

Abdul Majid. 2018. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: Rosdakarya.

Fitria, A. 2014. Penggunaan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Cakrawala Dini:Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol. 5. No. 2.

Hidayah, N. 2015. Pembelajaran Tematik Integratif Di Sekolah Dasar. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar. Vol. 2. No. 1. Hal. 34-39.

Nita, C. I. R, dkk. 2020. Analisis Motivasi Belajar Siswa IV Pada Pembelajaran Tematik Pada Masa Pandemi COVID-19 Di SD Negeri 5 Jatiguwi. In Prosiding Seminar Nasional PGSD UNIKAMA. Vol. 4, No. 1, pp 340-346.

Qorani, D. 2020. Peningkatan Hasil Belajar Tematik Tema 4 Subtema 1 Pembelajaran Melalui Penggunaan Media Video Animasi Pada Peserta Didik Kelas 1 SD Negeri Polokarto 03 Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2020/2021.Jurnal Pendidikan Dan Profesi Pendidik. Vol 6. No. 2.

Romadhona, W., Djahir, Y., & Barlian, I. 2014. Pengaruh Media Audsi Visual Berbasis Animasi Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sma Negeri 6 Palembang. Jurnal Profit. Vol 1. No. 1.

Sardiman, A. M. 2016. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali.

Sari, P. 2015. Memotivsi Belajar Dengan Menggunakan E-Learning. Jurnal Ummul Qura. Vol VI. No. 2.

Sugiyono. 2014. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sutarmi, M. 2018. Peningkatan Motivasi Belajar Dalam Pembelajaran Tematik Integratif Melalui Teknik Reword Pada Siswa Kelas II C SD Negeri Banjerejo Kota Madiun. Jurnal Ilmiah Pengembangan Pendidikan (JIPP). Vol. V. No. 1-8.

Sujantari, N. K., Sujana, I. N., & Zukhti, A. 2016. Pengaruh Reward Dan Punishment Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS (Studi Pada Smp Negeri Q Singaraja Kelas VIII Tahun Ajaran 2015/2016). Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha. Vol 7. No 2.

Syachtiyani, W. R., & Trisnawati, N. 2021. Analisis Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Di Masa Pandemi Covid-19. Prima Magistra. Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol. 2. No.1 Hal. 90-101.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i2.834

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.