Penerapan Model (Visual, Auditory Dan Kinestetik) VAK Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Sekolah Dasar

Damar Putri Rahayu, Deni Adi Putra, Lilik Binti Mirnawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan penggunaan model pembelajaran model kooperatif learning visual auditory kinestetik yang dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika materi bangun ruang di sekolah dasar, dan 2) mendeskripsikan peningkatan pemahaman konsep matematika materi bangun ruang setelah diterapkan model Visual auditory kinestetik. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang memiliki karakteristik dan seting tempat, waktu, dan subjek penelitian. Penelitian Tindakan kelas (PTK) ini akan dilaksanakan di kelas 5 SD I Roudlatul Jannah . SD I Roudlatul Jannah beralamat di Dusun gading RT04/RW06. Dengan jumlah siswa kelas    5 sebanyak 16 orang. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menggunakan desain model spiral dari Kemmis dan Taggart. Yang terdiri dari 2 siklus. Dalam setiap siklus terdiri dari 3 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap implementasi dan observasi, dan tahap refleksi. Pada tahap prasiklus diketahui nilai ulangan harian siswa 60% siswa nilainya masih dibawah KKM <75. Setelah menerapkan model pembelajaran VAK di siklus 1 diketahui bahwa prosentase keberhasilan belajar sebesar 62,5% berkategori cukup dapat disimpulkan bahwa tindakan selama siklus I belum berhasil dan akan dilakukan perbaikan di siklus 2. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus II Nilai prosentase ketuntasan belajar siswa siklus II yaitu 93,75% menunjukkan kategori “sangat baik”. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat ditarik kesimpulan Pembelajaran dengan model VAK dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan tersebut dikatakan sangat signifikan. Pada tahap siklus I  62,5% dan pada siklus II juga mengalami peningkatan yaitu 93,75%.


Keywords


Model VAK, Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika

Full Text:

PDF

References


IGAK Wardhani, dkk, Penelitian Tindakan Kelas, (Jakarta: Universitas Terbuka, 2008)

Karunia, E. L., & Mokhamad, R. Y. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Kunti, D.A., & Deni, A. P. (2017). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Siswa Kelas III Sd Melalui pembelajaran Berbasis Pengajuan Masalah. Surabaya: Universitas Muhammadiyah Surabaya.

Nuhyal, U.& Yunita, S. (2018). Pembelajaran Visual, Auditory dan Kinestetik Terhadap Keaktifan dan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Sekolah Dasar , Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI.

Oemar, H. (2004). Kemampuan Belajar, Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Tirtarahardja, U. dan La, S. (1994). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Dirjen Dikti Depdikbud




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i2.841

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.