Penerapan Media Kopi Dengan Strategi Kripik Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis di SDN Semangat Dalam 2 Handil Bakti

Tutus Rani Arifa, Sari Kumala, Barsihanor Barsihanor

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan kemampuan menulis pada siswa kelas II di SDN Semangat Dalam 2 Handil Bakti Barito Kuala setelah diterapkanya media kopi dengan strategi kripik dalam proses pembelajaran.KOPI merupakan KO=Kotak, Pi=Pintar. Kripik merupakan akronim dari K=Kenali,R=Rencanakan,I=Implementasikan,Pi=Penilaian dan K=Kontinyu. Adapun penelitian ini memiliki dua rumusan masalah, yaitu : 1) Bagaimana penerapan Media Kopi dengan strategi kripik dalam kemampuan menulis di SDN Semangat Dalam 2 Handil Bakti, 2) Apakah penerapan media kopi dengan strategi kripik dapat meningkatkan kemampuan menulis cerita di SDN Semangat Dalam 2 Handil Bakti. Metode Penelitian menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukan peningkatan keterampilan menulis di SDN Semangat Dalam 2 Handil Bakti. Indikator keberhasilan rata-rata kemampuan dan keaktifan berada pada kategori B (Baik). Hasil dari 31 orang anak seluruhnya 4 anak mendapat kategori Mulai Berkembang, 18 anak berkategori Berkembang Sesuai Harapan dan 9 anak berkategori Berkembang Sangat Baik. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menulis cerita dan sudah mencapai ketuntasan.


Keywords


Media Kopi, Strategi Kripik, Kemampuan Menulis Cerita

Full Text:

PDF

References


Adhim, Mohammad Fauzil. (2004). Membuat Anak Gila Membaca. Bandung: Mizan Pustaka

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta:Rineka Cipta

Baker, William D. 1978. Reading Skill. New Jersey: Prentice Hall

Desmita. 2005.PsikologiPerkembangan.Bandung :RemajaRosdakarya

Dhieni, Nurbiana, Lara Fridani, Gusti Yarmi, & Nany Kusniaty. (2008). Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.

Grellet, Francoice. 1986. Developing Reading Skill. USA: Cambridge

Indonesia, Balai Pustaka

Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta:Grasindo

Lie, Anita. 2005. Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative

Muhyidin , A. (Vol. 4 Nomor 1 Maret 2018). Metode Pembelajaran Membaca dan Menulis Permulaan di Kelas Awal. JPSD, 30 – 42

Nurbiana Dhieni, dkk, 2015. PAUD 4106 Metode Pengembangan Bahasa, Universita Terbuka, Jakarta

Pendidikan PAUD Tim Penyusun , 2002. Kamus Besar Bahasa

Permendikbud No 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional

PT Bumi Aksara, Depdikbud. 2001. Emca Menulis Permulaan. Jakarta.

Rahim, Farida.2005. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta:

Susanto, A. (2011).Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar dalam berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

University Isjoni, 2009. Cooperative Learning . Bandung: Alfabeta




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i2.842

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.