Penerapan Media Kopi Dengan Strategi Kripik Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis di SDN Semangat Dalam 2 Handil Bakti
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan kemampuan menulis pada siswa kelas II di SDN Semangat Dalam 2 Handil Bakti Barito Kuala setelah diterapkanya media kopi dengan strategi kripik dalam proses pembelajaran.KOPI merupakan KO=Kotak, Pi=Pintar. Kripik merupakan akronim dari K=Kenali,R=Rencanakan,I=Implementasikan,Pi=Penilaian dan K=Kontinyu. Adapun penelitian ini memiliki dua rumusan masalah, yaitu : 1) Bagaimana penerapan Media Kopi dengan strategi kripik dalam kemampuan menulis di SDN Semangat Dalam 2 Handil Bakti, 2) Apakah penerapan media kopi dengan strategi kripik dapat meningkatkan kemampuan menulis cerita di SDN Semangat Dalam 2 Handil Bakti. Metode Penelitian menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukan peningkatan keterampilan menulis di SDN Semangat Dalam 2 Handil Bakti. Indikator keberhasilan rata-rata kemampuan dan keaktifan berada pada kategori B (Baik). Hasil dari 31 orang anak seluruhnya 4 anak mendapat kategori Mulai Berkembang, 18 anak berkategori Berkembang Sesuai Harapan dan 9 anak berkategori Berkembang Sangat Baik. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menulis cerita dan sudah mencapai ketuntasan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adhim, Mohammad Fauzil. (2004). Membuat Anak Gila Membaca. Bandung: Mizan Pustaka
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta:Rineka Cipta
Baker, William D. 1978. Reading Skill. New Jersey: Prentice Hall
Desmita. 2005.PsikologiPerkembangan.Bandung :RemajaRosdakarya
Dhieni, Nurbiana, Lara Fridani, Gusti Yarmi, & Nany Kusniaty. (2008). Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.
Grellet, Francoice. 1986. Developing Reading Skill. USA: Cambridge
Indonesia, Balai Pustaka
Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta:Grasindo
Lie, Anita. 2005. Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative
Muhyidin , A. (Vol. 4 Nomor 1 Maret 2018). Metode Pembelajaran Membaca dan Menulis Permulaan di Kelas Awal. JPSD, 30 – 42
Nurbiana Dhieni, dkk, 2015. PAUD 4106 Metode Pengembangan Bahasa, Universita Terbuka, Jakarta
Pendidikan PAUD Tim Penyusun , 2002. Kamus Besar Bahasa
Permendikbud No 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional
PT Bumi Aksara, Depdikbud. 2001. Emca Menulis Permulaan. Jakarta.
Rahim, Farida.2005. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta:
Susanto, A. (2011).Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar dalam berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
University Isjoni, 2009. Cooperative Learning . Bandung: Alfabeta
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i2.842
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com
![Creative Commons License](https://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.