Strategi Pengajaran Bahasa Arab di MI RAKHA Amuntai

Alfianor Alfianor

Abstract


Untuk mencapai tujuan pembelajaran bahasa Arab pada materi mufradat tentunya tidak lepas dari perencanaan yang matang. Penggunaan strategi yang tepat akan memudahkan siswa menguasai mufradat. Tujuan riset ini adalah untuk mengeksplorasi tentang bagaimana strategi pengajaran bahasa Arab di MI Rakha Amuntai. Penelitian menggunakan metode kualitatif, dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data, dan teknik Miles dan Huberman yaitu reduksi data, display data dan verifikasi data sebagai teknik analisis datanya. Hasil penelitian ini adalah strategi pengajaran bahasa Arab pada materi mufradat di MI Rakha Amuntai sudah berjalan dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan adanya penyusunan perencanaan pelaksanaan pembelajaran dengan baik, setidaknya sudah tersusun dan tergambarkan proses pembelajaran mulai dari pendahuluan, kegiatan inti dan penutup. Namun begitu, dalam perencanaan tersebut belum tergambarkan secara jelas terkait strategi apa yang digunakan, serta langkah-langkahnya juga belum tersusun secara terperinci, begitu juga dengan metode dan medianya. Namun guru terlihat menggunakan strategi bermain peran dan demonstrasi dalam mengajarkan bahasa Arab pada materi mufradat di MI Rakha Amuntai. Secara teoretis dan praktis penelitian ini diharapkan dapat berkontribusi bagi sekolah dan guru agar mempersiapkan rencana pembelajaran dengan sebaik-baiknya, melengkapai komponen-komponen pada perencanaan pelaksanaan pembelajaran, dan menentukan strategi, metode, pendekatan, dan media yang tepat untuk materi pelajaran yang akan disampaikan kepada siswa, sehingga materi menjadi lebih mudah diserap dan kuasai oleh siswa dan tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan maksimal.


Keywords


Strategi, Pengajaran, Bahasa Arab, MI Rakha Amuntai

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Ramli. “Urgensi Penilaian Hasil Belajar Berbasis Kelas Mata Pelajaran IPS di Madrasah Tsanawiyah.” Lantanida Journal 3, no. 2 (2017): 168–81.

Asse, Ahmad, dan Nursyam Nursyam. “Strategi Pembelajaran Bahasa Arab di Insutut Agama Islam Negeri Palu.” Istiqra: Jurnal Hasil Penelitian 2, no. 2 (2014): 450–71.

Bararah, Isnawardatul. “Efektifitas Perencanaan Pembelajaran dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah.” Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam 7, no. 1 (2017): 131–47.

Fitri, Anggi. “Strategi Belajar Bahasa Anak.” PENTAS: Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia 4, no. 1 (2018): 22–32.

Gronlund, Norman. Meassurement and Evaluation in Teaching. New York: Mac Milan Publishing Company, 1985.

Hamalik, Oemar. Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara, 2003.

Isaac, Stephen, dan William B. Michael. Handbook in Research and Evaluation. Sandiego: Edits Publisher, 1981.

KBBI Offline versi 1.2, t.t.

Khansa’, Hasna Qunita. “Strategi Pembelajaran Bahasa Arab.” Proseding Konferensi Nasional Bahasa Arab 1, no. 2 (2016).

Khotijah, Khotijah. “Desain Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Di MI.” Al-Fathin: Jurnal Bahasa dan Sastra Arab 1, no. 01 (2018): 22–36.

Laki, Ridwan. “Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Erakurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).” Guru Tua: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 1, no. 1 (2018): 23–29.

Majid, Abdul. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013.

Purwanto, M. Ngalim. Prinsip-Prinsip Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2009.

Ramadhan, Saidah. “Strategi Pembelajaran Bahasa Arab pada Anak Usia Dini.” Utile: Jurnal Kependidikan 3, no. 2 (2017): 180–89.

Sapuadi. Strategi Pembelajaran. Palangka Raya: Harapan Cerdas, 2019.

Saputro, Suprihadi, Zainul Abidin, dan I Wayan Sutama. Strategi Pembelajaran, Bahan Sajian Program Pendidikan Akta Mengajar. Malang: Universitas Negeri Malang, 2002.

Sardiman, Arief M. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2020.

Slameto. Proses Belajar Megajar Dalam Sistim Kredit Semester. Jakarta: Bumi Aksara, 1991.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i1.867

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.