Implementasi Blended Learning Pada Pembelajaran SKI MI Sebagai Penguatan Literasi Digital Mendesain E-Learning Berbasis Blogger Dan Google Form

Muhammad Nasir, Syarifuddin Syarifuddin, Ahmad Rifa'i

Abstract


Abstrak

Pembelajaran online merupakan solusi alternatif yang harus dikembangkan oleh para pendidik seperti pembelajaran online berbasis blogger dan evaluasi online berbasis google form, disaat pengembangan e-learning yang mahal dan perlu SDM terampil dalam mengembangkan teknologi pendidikan. Oleh karena itu calon pendidik khususnya mahasiswa keguruan harus dibekali kompetensi ini sebagai penguatan literasi digital. Metode peneltian menggunakan metode kombinasi model sequential exploratory design, pada tahap awal menggunakan metode kualitatif deskriptif kemudian selanjutnya menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian implementasi blended learning diterapkan dengan menggunakan  Alternative Model Blended Learning terdiri lima tahapan yaitu 1) membuat rumusan capaian pembelajaran, 2) mendeskripsikan dan menyusun materi pembelajaran, dan 3) menetapkan dan menentukan aktivitas pembelajaran. Kemampuan literasi digital mahasiswa dalam mendesain pembelajaran berbasis blogger menunjukkan 60% mahasiswa mampu mendesain e-learning berbasis blogger dengan sangat baik, sedangkan kemampuan literasi digital mahasiswa dalam mendesain evaluasi berbasis google form menunjukkan 70% mahasiswa mampu mendesain evaluasi online berbasis google form dengan sangat baik.

 

Abstract

Online learning is an alternative solution that must be developed by educators such as online learning based on bloggers and online evaluation based on google forms, while developing e-learning is expensive and requires skilled human resources in developing educational technology. Therefore, prospective educators, especially teacher students, must be equipped with this competency as a strengthening of digital literacy. The research method uses a combination method of sequential exploratory design models, at the initial stage using descriptive qualitative methods and then using descriptive quantitative methods. The results of the research on the implementation of blended learning were applied using the Alternative Model Blended Learning consisting of five stages, namely 1) formulating learning outcomes, 2) describing and compiling learning materials, and 3) setting and determining learning activities. Students' digital literacy ability in designing blogger-based learning shows 60% of students are able to design blogger-based e-learning very well, while students' digital literacy skills in designing google form-based evaluations show that 70% of students are able to design google form-based online evaluations very well.


Keywords


: E-Learning, Blended Learning, Literasi Digital, Blogger, Google Form

Full Text:

PDF

References


Anggrasari, Liya Atika. “Penerapan E-Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Digital Di Era New Normal.” Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran 10, no. 2 (December 1, 2020): 248–56. https://doi.org/10.25273/pe.v10i2.7493.

Arief, Rachman. “Aplikasi Presensi Siswa Online Menggunakan Google Forms, Sheet, Sites, Awesome Table Dan Gmail” 2017 (2017): 8.

Fathurrahman. Membuat Website Mudah dan Praktis dengan Weebly. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2014.

Firman, Firman, and Sari Rahayu. “Pembelajaran Online Di Tengah Pandemi Covid-19.” Indonesian Journal of Educational Science (IJES) 2, no. 2 (April 27, 2020): 81–89. https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659.

Habibi, Ibnu. “Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Daring (Whatsapp Group, Google Classroom Dan Zoom Meeting) Di SMP MBS Al Amin Bojonegoro.” CENDEKIA 12, no. 2 (October 23, 2020): 161–78. https://doi.org/10.37850/cendekia.v12i2.134.

Hadi Sutopo, Ariesto. Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2012.

Kenali 4 Kekurangan Sistem Pendidikan Online Berbasis Open-Source. “Kenali 4 Kekurangan Sistem Pendidikan Online Berbasis Open-Source.” Accessed January 22, 2022. https://www.akubelajar.id/blog/kenali-4-kekurangan-sistem-pendidikan-online-berbasis-open-source.

“Kesulitan Akses Internet, Siswa Di Nagekeo Berjuang Cari Sinyal Hingga Ke Perbukitan - Regional Liputan6.Com.” Accessed January 22, 2022. https://www.liputan6.com/regional/read/4503480/kesulitan-akses-internet-siswa-di-nagekeo-berjuang-cari-sinyal-hingga-ke-perbukitan.

Nopitasari, Erna, Fitri Puji Rahmawati, and Wahyu Ratnawati. “Blended Learning Berbasis Blog Sebagai Inovasi Pembelajaran Pada Masa Pandemi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas 3 Sekolah Dasar.” Educatif Journal of Education Research 4, no. 1 (2022): 1–7. https://doi.org/10.36653/educatif.v4i1.86.

Nursobah, Ahmad. “Pemanfaatan Media Sosial Youtube Pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Madrasah Ibtidaiyah.” El Midad 13, no. 2 (December 22, 2021): 76–85. https://doi.org/10.20414/elmidad.v13i2.4122.

Putri, Rahmawida. Model Blended Learning Berbasis Quided Inquiry. Sukoharjo: Penerbit Tahta Media Group, 2021.

Sugiyono. Cara mudah menyusun skripsi, tesis, dan disertasi (STD). Bandung: Alfabeta, 2013.

Trilaksono, Agustinus Rio, T. Husain, and Rouly Doharma. “Uji Model Keberhasilan Sistem Informasi: Media Penyimpanan Google Drive.” Jurnal Teknologi Sistem Informasi dan Aplikasi 3, no. 2 (April 30, 2020): 57–63.

Ujulawa, Matilda. “Perancangan Learning Management System (LMS) Menggunakan Moodle Pada Sekolah Tinggi Tarakanita Jakarta.” Komputasi: Jurnal Ilmiah Komputer & Sistem Informasi 16, no. 1 (2017): 61–69.

Wati, Dwi Suseno, Sardianto Markos Siahaan, and Ketang Wiyono. “Efektivitas Learning Management System Chamilo Materi Gerak Harmonik Sederhana Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik.” LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA 11, no. 2 (October 31, 2021): 100–109. https://doi.org/10.24929/lensa.v11i2.166.

Wiriadinata, Windo, and Fahmil Haris. “Tingkat Pemahaman Guru Penjas Terhadap Penerapan E-Learning Dalam Proses Pembelajaran Di Sekolah Menengah Pertama Kabupaten Limapuluh Kota Bukik Barisan.” Jurnal Stamina 2, no. 12 (2019): 12–19.

Zaharah, Zaharah, Galia Ildusovna Kirilova, and Anissa Windarti. “Impact of Corona Virus Outbreak Towards Teaching and Learning Activities in Indonesia.” Salam: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-i 7, no. 3 (2020): 269–82.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i1.874

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.