Eksistensi Madrasah Diniyyah Takmiliyyah Awwaliyah (MDTA) Al-Amin Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dikalangan Siswa Minoritas Muslim di Desa Lau Bekeri Kecamatan Kutalimbaru Deli Serdang

Sofyan Sofyan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membahas sejarah berdirinya MDTA Al-Amin,  nilai-nilai Pendidikan Islam yang diajarkan, metode penanaman nilai-nilai pendidikan Islam serta hambatan dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam dikalangan siswa yang minoritas Muslim di Desa Lau Bekeri Kutalimbaru Deli Serdang. Untuk menjawab permasalahan di atas penulis menggunakan penelitian kulitatif deskriptif dengan pendekatan field research (penelitian lapangan). Sebagai key instrumen penulis terjun langsung ke lapangan untuk mengumpulkan data dari sumber primer dan sekunder yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Data dianalisis menurut pemikiran Miles dan Huberman. Untuk menjamin keabsahan data digunakan triangulasi dan perpanjangan penelitian. Hasil penelitian menjelaskan MDTA Al-Amin berdiri atas saran dari BKM Masjid Al-Amin yang menginginkan anak-anak di tingkat dasar dibekali dengan pemahaman agama Islam agar menjadi generasi tangguh, yang saleh serta salehah dan siap menghadapi lingkungan yang mayoritas non Muslim. Nilai-Nilai Pendidikan Islam yang diajarkan meliputi akidah dan akhlak, Alquran, Bahasa Arab, sejarah Islam, tafsir, hadis, fikih, tambahan aksara Arab Melayu, al-khat (menulis indah). Metode yang dipergunakan ceramah, demonstrasi, dan training. MDTA Al-Amin mendapat dukungan dana dari Pemerintah Kabupaten Deli Serdang untuk honor pendidik, dukungan dana dari donatur yang tidak terikat, dan masyarakat di sekitar Desa Lau Bekeri. Hambatan dalam menanamkan pendidikan Islam meliputi pemahaman orang tua yang minim terhadap agama sehingga kurang mendorong anak untuk belajar agama, hambatan teknologi dalam hal ini media sosial, serta lingkungan pergaulan yang mayoritas non Muslim dimana mereka tidak beribadah sesuai tuntunan Islam sehingga anak-anak Muslim pun takut ikut terpengaruh dengan pergaulan mereka. Bahkan yang Muslim sendiri pun masih banyak yang tidak menjalankan ajaran Islam dengan baik.

 


Keywords


Madrasah Diniyah, Pendidikan Islam, Al-Amin

Full Text:

PDF

References


Al-Syaibany, 1979. Omar Mohammad al-Toumy. Falsafah at-Tarbiyah al-Islamiyah, terj. Hasan Langgulung, Falsafah Pendidikan Islam. Jakarta: Bulan Bintang.

Anwar, Rosihon. 2010. Akhlak Tasawuf. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Al-Qattan, Manna Khalil. 2001. Mabahis fi ‘Ulum al-Qur’an, terj. Mudzakir, Studi Ilmu-Ilmu Alquran. Jakarta: Litera Antar Nusa.

Buku Silabus dan Kurikulum Pendidikan dan Pengajaran di MDTA Syuhada.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Zein, Aswan. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Jalaluddin, 2012. Psikologi Agama. Jakarta: Rajawali Pers.

Lubis, Lahmuddin dan Muchtar, Elfiah. 2013. Pendidikan Agama Dalam perspektif Islam, Kristen dan Budha. Bandung: Citapustaka Media Perintis.

Muhibbinsyah, 2010. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Poerwardarminta, 1976. W.J.S. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Suparta, 2006. Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah RI Tentang Pendidikan. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama RI.

Studi dokumen, Buku Pelajaran Fikih di MDTA Syuhada

Studi dokumen, Buku Pelajaran Hadis di MDTA Syuhada

Studi dokumen, Buku Pelajaran Alquran di MDTA Syuhada

Wawancara dengan Ustaz Abidin Saragih, Kepala Sekolah MDTA Syuhada

Yuslim. Nawir, 2001. Ulumul Hadis. Jakarta: Mutiara Sumber Widya.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i1.900

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.