Analisis Kesalahan Mahasiswa PGSD Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Dengan George Polya
Abstract
Materi pemecahan masalah di Sekolah Dasar merupakan materi yang harus dikuasai oleh mahasiswa PGSD dalam mata kuliah Konsep Dasar Matematika. Kesulitan mahasiswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah akan berakibat pada kesulitan dalam mencerna permasalahan soal-soal pemecahan masalah di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bertujuan untuk menunjukkan secara lebih cermat kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah dengan strategi polya. Penelitian ini dilakikan terhadap mahasiswa PGSD Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka semester 1. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan wawancara. Hasil analisis menunjukkan terdapat empat tipe kesalahan yang dibuat oleh mahasiswa PGSD pada materi pemecahan masalah.
Full Text:
PDFReferences
Kania, N. (2018). Analisis Kesalahan Mahasiswa PGSD Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan George Polya. EduMa, 7(1), 19–40. https://doi.org/10.1360/zd-2013-43-6-1064
Katon, K. S., & Arigiyati, T. A. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Menurut Polya Materi Persamaan Dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 576–580.
Nurkaeti, N. (2018). Polya’S Strategy: an Analysis of Mathematical Problem Solving Difficulty in 5Th Grade Elementary School. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 10(2), 140. https://doi.org/10.17509/eh.v10i2.10868
Nuryah, M., Ferdianto, F., Jati, S. G., & Gegesik, S. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Persamaan dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak Berdasarkan Langkah, 4(1), 63–70.
OECD. (2019). PISA 2018 Result Volume I-III.
Polya, G. (1978). How to solve it: a new aspect of mathematical method second edition. The Mathematical Gazette (Vol. 30). Retrieved from http://www.jstor.org/stable/3609122?origin=crossref
Rahmawati, R., & Ikashaum, F. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Teori Newman. Hipotenusa Journal of Research Mathematics Education (HJRME), 4(2), 102–113. https://doi.org/10.36269/hjrme.v4i2.499
Sastri, D. N., Sujatmiko, P., & Fitriana, L. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Pokok Bahasan Aplikasi Barisan Dan Deret Berdasarkan Langkah Polya Ditinjau Dari Kemampuan Awal Siswa. JPMM: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 3(6), 601–610.
Sumargiyani, Yusnia, I., & Asibah, Y. (2020). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Program Linear Berdasarkan Teori Newman, 9(2), 105–114.
Taroreh, B., Febriyanto, F., & Raharjo, E. P. (2020). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah dan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran Flipped Classroom pada Materi Pertidaksamaan Rasional. In Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 3, pp. 322–329).
Yulita, Y., & Ishartono, N. (2021). Kesalahan siswa kelas unggulan dalam menyelesaikan soal materi pecahan berdasarkan langkah-langkah Polya, 10(2), 240–253.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i1.912
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
index by:
Publish by:
Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai
Contact us:
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.