Pengaruh Keterampilan Guru Matematika Mengadakan Variasi Dalam Menggunakan Aplikasi Google Meet Dan Motivasi Mengajar Terhadap Kinerja Pada Masa Pandemi

Yulia Saraswati, Tita Rosita, Tian Abdul Aziz

Abstract


Pada masa covid-19 Keterampilan guru mengajar menggunakan media daring menjadi factor kurangnya dalam pembelajaran. Kurangnya Keterampilan guru dipengaruhi oleh motivasi mengajar yang menurun saat pandemic. Akibatnya penurunan kinerja pada pembelajaran matematika inipun menurun. Pada penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan guru mengadakan variasi dalam menggunakan aplikasi Google Meet dan motivasi mengajar terhadap kinerja guru pada pembelajan matematika kelas V di gugus II SD Kecamatan Jatiasih. Metode pada ini penelitian menggunakan metode survey dengan teknik pengumpulan data melalui angket Skala Likert. Metode pada ini penelitian menggunakan metode survei dengan teknik pengumpulan data melalui angket Skala Likert. Sampel yang digunakan Convenience Sampling dengan jumlah sampel 100 guru matematika SD. Teknik analisis data menggunakan regresi. Keterampilan guru mengadakan variasi  dalam menggunakan aplikasi Google meet dan motivasi mengajar mempunyai pengaruh yang sigifikan terhadap kinerja guru dalam pembelajaran matematika kelas V di SD gugus II kecamatan Jatiasih, dengan besar pengaruh Keterampilan guru mengadakan variasi  dalam menggunakan aplikasi Google meet dan motivasi adalah 63,95 %. Maka dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh  keterampilan guru mengadakan variasi  mengadakan variasi dalam menggunakan aplikasi Google Meet dan motivasi mengajar terhadap kinerja guru pada pembelajaran matematika kelas V di SD gugus II di kec. Jatiasih di masa pandemi.


Keywords


Keterampilan mengadakan variasi , Motivasi Mengajar dan Kinerja

Full Text:

PDF

References


Agus Gunawan. (2019). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 8–24.

Ahmadi, R. (2018). Profesi Keguruan Konsep & Strategi Mengembangkan Profesi & Karier Guru. Depok: Aa-Ruzz Media.

Dr.Sudayono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Fathinatul utammimah. (2015). e-book pengantar E-learning dalam dunia pendidikan modern. Malang: UIN Maliki Press (Aggota IKPI).

Mangkunegara. (2016). Manajemen sumber daya manusia perusahaan. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Marchianti, A., Nurus Sakinah, E., & Diniyah, N. et al. (2017). Digital Repository Universitas Jember Digital Repository Universitas Jember. Efektifitas Penyuluhan Gizi Pada Kelompok 1000 HPK Dalam Meningkatkan Pengetahuan Dan Sikap Kesadaran Gizi, 3(3), 69–70.

Rusman. (2018). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.

Sugiono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supardi. (2016). Kinerja Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Wijayanto, A., Yunis, S. dkk. (2020). eBook B Strategi Pembelajaran PJKR selama Covid19 (1st ed.). Tulungagung: Akademia Pustaka.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i2.927

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.