PROGRAM RUMAH TAHFIZH DI KABUPATEN TABALONG KALIMANTAN SELATAN

M. Ahim Sulthan Nuruddaroini, Muh. Haris Zubaidillah, Rusiana Rusiana, Hatmiah Hatmiah, Nurul Izzati, Andini Putri Titasari

Abstract


Abstrak

Saat ini program menghafal Alquran mengalami kenaikan yang sangat pesat. Di tengah besarnya perhatian masyarakat terhadap program menghafal Alquran, pengelola lembaga harus memastikan kualitas dan mutu pendidikan di dalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi tentang program rumah tahfizh di Kabupaten Tabalong. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (kualitatif) dengan jenis penelitian naratif. Teknik pengumpulan data menggunakan Teknik observasi, dokumentasi dan wawancara. Sedangkan Teknik analisis data menggunakan Teori Miles and Huberman yaitu reduksi data, display data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa Rumah tahfiz yang menyelenggarakan pembelajaran di jam tertentu 2-3 jam perhari, santri pulang kerumah sebagaimana pola pembelajaran di TPA/TPQ. Rumah tahfiz yang menerima santri mondok diasrama dan non asrama (pulang kerumah). Rumah tahfiz yang mewajibkan santri untuk tinggal dirumah tahfiz atau asrama. santri tetap sekolah formal diluar rumah tahfiz. Waktu pembelajaran untuk santri yang tidak menginap sekitar 2-3 jam selama tiga, empat atau lima hari. Untuk santri menginap pembelajaran tahhfiz dilaksanakan tiga kali sehari yakni pada waktu pagi, sore dan malam. Materi dan program terdapat beberapa program yaitu program Tahsin, program tahfizh, murajaah hafalan, dan ada program tambahan. RTQ yang menerima santri sudah bisa baca Alquran dengan baik, tahsin yang dilaksanakan dengan memperbaiki bacaan pada surah yang dihafal saja. Dari beberapa RTQ pelaksanaan muraja’ah yaitu: 1) Muraja’ah dirumah dengan disimak orangtua. 2) Muraja’ah sekali dalam satu minggu. 3) Muraja’ah setiap hari secara klasikal. 4) Muraja’ah setelah selesai satu juz. 5) Muraja’ah setiap hari disimk teman. 6) Muraja’ah setiap hari diwaktu malam. Sedangkan program tambahannya adalah Tajwid, Aqidah & Akhlak, Fiqih (praktek ibadah sehari-hari), doa-doa harian. Metode menghafal yang digunakan lebih banyak dengan metode tikrar dan talaqqi, dan media yang digunakan adalah papan tulis untuk tahsin, speaker qur’an, TV, MP3 Morattal, menggunakan Alquran blok warna seperti Al-Hufaz, Al-hafiz, Alquran waqaf ibtida. Selain itu, ada pelaksanaan evaluasi atau penialain. Pelaksanaan evaluasi ini Guru mencatat di buku mutaba’ah, buku prestasi atau buku setoran santri dengan memberikan keterangan “sangat baik, baik, cukup, ulang”, memberikan tanda bintang tiga, dua atau satu untuk tahfiz usia balita. Penilaian atau tes setiap selesai satu juz. Secara teoretis maupun praktis hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dan khazanah keilmuan Islam terutama tentang bagaimana cara mengelola program rumah tahfizh.


Keywords


Program, Rumah Tahfizh

Full Text:

PDF

References


“Ka.Kankemenag: Banyaknya Rumah Tahfiz, Indikator Berkembangnya Pendidikan Islam.” Diakses 14 Maret 2021. https://kalsel.kemenag.go.id/berita/515914/KaKankemenag-Banyaknya-Rumah-Tahfiz-Indikator-Berkembangnya-Pendidikan-Islam.

Nugraha, Enung. “Implementasi Program Tahfizh Qur’an Di PAUD Inklusif Dengan Model HOTS.” As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5, no. 2 (2020): 95–106.

Nursidiq, Nursidiq, dan Hafiedh Hasan. “Manajemen Pendidikan Islam Berbasis Sekolah Di Rumah Tahfizh Il-Mina Pemalang.” Promis 1, no. 2 (2020): 121–39.

Putra, Gemy Radisa. “Pembelajaran Al-Qur’an Dalam Tahfizh Al-Qur’an Di Rumah Tahfizh Al-Markaz Kota Bengkulu.” Skripsi, Institut Agama Islam Negeri Bengkulu, 2020.

Sabiq, Ahmad Fikri. “Hasil Dan Rencana Tindak Lanjut Program Supervisi Pembelajaran Tahfizh Di SD PTQ Annida Salatiga.” Inovasi-Jurnal Diklat Keagamaan 15, no. 1 (2021): 88–100.

“Web Resmi Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Selatan.” Diakses 14 Maret 2021. https://kalsel.kemenag.go.id/cetak/515819/Kasubbag-TU-Rumah-Tahfidz-Akan-Lahirkan-Lebih-Banyak-Generasi-Qurani.

Yusniawati, Yusniawati, dan Ahmad Falah. “Manajemen Program Tahfizh Terintergrasi Mata Pelajaran di MTs NU Al-Hidayah Kudus.” QUALITY 9, no. 2 (2021): 249–62.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i2.936

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.