ANALISIS OPTIMALISASI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK MI DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN BILLBOARD RANKING MODEL ACTIVE LEARNING

Raudah Raudah, Muhammad Majdi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengalisis penerapan strategi billboard ranking model active learning pada pembelajaran Akidah Akhlak kelas V di MI Imaduddin Kabupaten Banjar dan faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan strategi billboard ranking pada pembelajaran Akidah Akhlak kelas V di MI Imaduddin Kabupaten Banjar. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi, wawancara, dan observasi. Adapun teknik pengolahan data yang digunakan adalah reduksi data, display data, dan verifikasi data. Data yang sudah diolah kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Setelah itu dalam mengambil kesimpulan penulis mengambil metode induktif yaitu kesimpulan yang bersifat khusus kepada kesimpulan yang bersifat umum. Subjek dalam penelitian adalah peserta didik kelas V MI Imaduddin Kabupaten Banjar yang berjumlah 17 orang yang terdiri dari 10 orang laki-laki dan 7 orang perempuan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tahap pelaksanaan strategi billboard ranking pada observasi pembelajaran Akidah Akhlak kelas V sudah sesuai dengan langkah-langkah pelaksanaannya, sesuai dengan materi yang telah disampaikan. Namun, pelaksanaan strategi billboard ranking pada pembelajaran Akidah Akhlak untuk pembahasan tentang hidup bertetangga dan hidup bermasyarakat langkah-langkahnya ada yang tidak terlaksana, Hal ini dapat dilihat pada observasi pertama, Sedangkan pada observasi kedua dan ketiga tahap pelaksanaannya sudah terlaksana sesuai dengan langkah-langkah strategi billboard ranking, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi billboard ranking pada pembelajaran Akidah Akhlak kelas V di MI Imaduddin Kabupaten Banjar pada tahap pelaksanaan sudah terlaksana. Faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan strategi billboard ranking pada pembelajaran AkidahAkhlak kelas V di MI Imaduddin Kabupaten Banjar meliputi Faktor guru yaitu latar belakang pendidikan guru sudah sesuai dengan mata pelajaran yang beliau ajarkan, pengalaman guru sudah cukup berpengalaman. Faktor peserta didik meliputi minat dan motivasi peserta didik Faktor sarana dan prasarana di MI Imaduddin Kabupaten Banjar.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i2.938

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.