Implementasi Metode Al-Husna di SDIT Izzudin Palembang

Mutia Dewi, Amir Hamzah, Novia Ballianie, Tutut Handayani, Nurlaeli Nurlaeli

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode al-husna di SDIT Izzudin Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, penelitian ini memusatkan pada penggunaan metode Al-Husna dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implemntasi metode al-husnadi SDIT Izzudin diawali dengan perencanaan pembelajaran membaca Al-Qur’an dengan menggunakan metode Al-Husna terdiri dari pembuatan RKH (Rencana, Kegiatan Harian) yang dibuat sesuai dengan indikator yang ada. Selain itu juga menyiapkan alat peraga seperti buku cerita dari Al-Husna, peraga kartu kecil berukuran 5x5 cm untuk kegiatan individual serta alat peraga kelas yang akan digunakan dalam pembelajaran. Tahapan-tahapan pelaksanaan metode Al-Husna di SDIT Izzudin palembang adalah perencanaan, pelaksanaan, tahap akhir. Hasil akhir menunjukan peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an anak dan mempermudah anak menghapal huruf langsung, mengenal makhraj dan ma’d. Faktor pendukung nya meliputi ruang kelas, waktu, evaluasi, fasilitas yang lengkap dan guru.


Keywords


Implementasi, Al-husna, SDIT Izzudin

Full Text:

PDF

References


Abbas, Nahar, S., dan Mardianto. (2018). “ Pembelajaran Al-Qur’an di Sekolah Islam Terpadu Kota Medan”. Edu Religia, Vol. 2 (4), Oktober-Desember 2018.

Abu Ahmadi dan Widodo Supriyono. Tanpa Tahun. Psikologi Belajar. Jakarta: PT RINEKA Ahmad Munir, Sudarsono, S.I. (1994). Ilmu Tajwid dan Seni Baca Al-Qur'an. Jakarta:

Rineka Cipta.

Aswan, Z, Bahri Syamsul, & Djamarah .(2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Penerbit PT. Rineka Cipta

Asnawir & M. Basyiruddin Usman. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat. Pers. Dalyono. (1997). Psikologi Pendidikan. (Jakarta: Rineka Cipta

Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta:Departemen Pendidikan Nasional.

Dhieni, N. dkk. (2005). Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas.

Donald D. Hammil dan Nettie R. Bartel (1978). Teaching Children With Learning And Behavior Problem

Fitria, Mega. (2018) Pengaruh Implementasi Metode Al-Husna Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Peserta Didik di SMP Islam Plus Assalamah Ungaran. Skripsi. Semarang : PAI Jurusan Tarbiyah. Universitas Islam Sultan Agung

Hamalik, O. (2002). Psikologi Pendidikan. Bandung : Sinar Baru.

Jalaludin, R. (2012). Metode Penelitian Komunikasi. Bandung : PT. Remaja.

Lestari, W. A. (2016). Persepsi Siswa Terhadap Metode Al-Husna dalam Pembelajaran Al- Qur’an di SD Muhammadiyah Program Khusus Andong, Boyolali. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Mansur, H., Budiarti, T. (2014). Psikologi Ibu dan Anak. Jakarta : Salemba Medika.

Mardiyo. (1999). Pengajaran Al-Qur'an, dalam Habib Toha, dkk. (eds), Metodologi.

Pengajaran Agama. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Munir. (2010). Metode Yasinnia Sebagai Metode Pembelajaran Membaca Al-Qur’an. Vol.

XV No. 01. Ta’dib. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/ ta’dib.

Murdjito, I. Tanpa Tahun. Pedoman Metode Praktis Pengajaran Lmu Baca Tulis Al-Quran Qiroati. Semarang: Yayasan Pendidikan al-Quran Raudlatul Mujawidin.

Santrock, J. W. . (2007). Perkembangan Anak. Jilid 1 Edisi ke Sebelas. Jakarta : PT. Erlangga.

Slameto. (1995). Belajar dan Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta. Soenarjo, dkk. (2006). Al-Qur'an dan Terjemahannya. Jakarta: Depag RI.

Sugandi, A. (2000). Teori Pembelajaran. Bandung : PT. Remaja. Rosdakarya.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendekatan Kualitatif, Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta

Sulistyowati, S. (2001). Cara Belajar Yang Efektif dan Efisien. Pekalongan : Cinta Ilmu. Suriadi, A. (2016). Buku Qiraah; Metode Super Cepat Belajar & Mengajar Fashih

Membaca Al-Quran. Makassar : Yayasan FOSLAMIC Pusat Makassar

Tampubolon. (1991). Mengembangkan Minat Dan Kebiasaan Membaca Pada Anak.

Bandung: Angkasa.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i2.968

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.