Implementasi Pembelajaran Qur’an Di Masa Pandemi Covid-19 Di Madrasah Ibtidayah Darussalim Bati Bati

Sari Kumala, Muhammad Iqbal Ansari, Sayemah Sayemah

Abstract


Pada penelitian ini dengan bertujuan memahami Implmentasi Pembelajaran Qur’an di masa Pandemi Covid-19 di Madrasah Ibtidayah Darussalim Bati Bati serta mendeskripsikan apa saja Faktor yang mempengaruhi Implementasi Pembelajaran Qur’an di masa Pandemi Covid-19 di Madrasah Ibtidayah Darussalim Bati Bati. Penelitian ini memakai Kualittatif deskriptif dengan pendekatan Study kasus subjek Pembelajaran Qur’an, Koordinator Pembelajaran Al-Qur’an, Kepala Sekolah dan Wali kelas. Data yang dikumpulkan hal ini melewati hasil Observasi, Wawancara dan Dokumentasi, kemudian analisis data yang dipakai reduksi data,display, dan penarikan kesimpulan. Peneliti memakai trianggulassi sumber untuk mendapatkan keabsahan data. Berlandaskan hasil penelitian bisa disimpulkan maka Implementasi pembelajaran Qur’an di masa pandemi Covid-19 di MI Darussalim Bati-Bati dilakukan dengan beberapa kali perubahan 1) Perencanaan pembelajaran Qur’an di masa pandemi covid-19 dimulai dari perencanaan pembelajaran I online, perencanaan pembelajaran II online dan tatap muka dan perencanaan pembelajaran III tatap muka 2) Pelaksanaan pembelajaran Qur’an di masa pandemi covid-19 ada tiga kali pelaksanaan yaitu pelaksanaan I dilakukan dengan online, pelaksanaan pembelajaran II dilakukan dengan Online dan tatap muka 1 minggu sekali dan pelaksanaan pembelajaran dilakukan III dilakukan dengan Tatap muka, 3) Evaluasi pembelajaran Qur’an di masa pandemi covid-19 dilakukan evaluasi pembelajaran I dilakukan dengan evaluasi Pembelajaran online melewati pengiriman Video/rekaman suara,  evaluasi pembelajaran II evalusi pembelajaran Qur’an dilakukan dengan online dan tatap muka dengan cara tatap muka atau hadir ke sekolah dan evaluasi III dilakukan dengan tatap muka. Yang mempengaruhi Implementasi Pembelajaran Qur’an di masa pandemi Covid-19 di MI Darussalim Bati-Bati yaitu:1) kebijakan dari pemerintah 2) Jaringan yang buruk 3) tanggapan dari guru 4) tanggapan dari orang tua siswa.


Keywords


Implementasi,pembelajaran Al-Qur’an,pandemi Covid-19

Full Text:

PDF

References


Abu Ahmadi,(2005) Didaktik Metodik,Semarang: Thoha Putra,

Akhmad Sirojudin, Manajemen Pengajaran Madrasah Ibtidaiyah, Jurnal Program Studi PGMI, 6(2),hlm.207

Aminullah, Proses Pembelajaran Selama Masa Pandemi Covid-19, Jurnal Of Community Empowermant, 3(1),hlm.24

Andini Amalia dan Nurus Sa’adah, Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Kegiatan Belajar Mengajar Di Indonesia, Jurnal Psikologi, 13(2),hlm.218

Andri Anugraha, Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar, Jurnal Pengajaran dan Kebudayaan, 10(3),hlm.286.

Aryuni Dini Rahayu dan Mohammad Syahidul Haq, Sarana dan Prasarana dalam mendukung pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19, Jurnal Insprirasi Manajemen Pengajaran, 09(1),hlm.187

Azhar Arsyad,(2014).Media Pembelajaran,Jakarta: Raja Grafindo Persada

Briliannur Dwi C, dkk, Analisis Keefektifan Pembelajaran Oline di masa Pandemi Covid-19, Jurnal Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 2721-7957,hlm.30

Dedi Mulyasana,(2012) Pengajaran Bermutu dan Berdaya Sainga,Bandung: PT. Remaja Rosdakarya,

Djaku Sudjana,(2006).Evaluasi Program pengajaran Luar sekolah untuk pengajaran Nonformal dan pengembangan sumber daya manusia,Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Faridah Alawiyah, Pengajaran Madrasah di Indonesia , Jurnal Islamic School Education in Indonesia, 5( 1 ),hlm.51

Harjanto, Perencanaan Pengajaran,(Jakarta: Rineka Cipta, 2003),hlm.6

Idrus L, Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran, Jurnal Managemen Pengajaran Islam, 9(2),hlm.933

Imas Mastoah dan Zulaeha MS, Kendala Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Belajar Pada Masa Covid-19 di kota Serang, Jurnal Pengajaran Anak Usia dini, 5(2),hlm.126

Ina Magdalena, dkk, Konsep Dasar Evaluasi Pembelajaran Sekolah Dasar di SD Negeri Bencongan, 1, 2(1),hlm.89

Jumardi Budiman, Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Daring di Indonesia Selama Masa Pandemi Covid-19, Jurnal Ilmiah Ilmu Pengajaran, 12(1),hlm.106

Kompri, Managemen Pengajaran,( Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2015 ),hlm.17

Marlin Kristina, dkk, Model Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 di Provinsi Lampung, Jurnal Ansiru PAI, 4(02),hlm.201

Menteri Agama Menag:masih ada 65 persen muslim diindonesia buta alqur’an https://www.republika.co.id dikutip pada tanggal 28 januari 2021

Mirzon Daheri, dkk, Efektifitas WhatsApp sebagai Media Belajar Daring, Jurnal Basicedu, 4(4),hlm.779

Muhammad Ridho Nugroho dan Hadiwinart, Evaluasi Strategi Pembelajaran pada Era New Normal di SDIT Raudhatul Jannah Lubuklinggau, Jurnal Media Informasi Pengajaran Islam, 19(2),hlm.314

Najamuddin Petta solong, Manajemen Pembelajaran Luring dan Daring dalam pencapaian kompetensi, Jurnal Manajemen Pengajaran Islam, 9(1),hlm.23

Nana Sudjana, Metode & Teknik Pembelajaran Partisipatif.(Bandung: Falah Production, 2001),hlm.28.

Nurul Hidayah, Dampak Sistem Pembelajaran Daring Terhadap Kegiatan Belajar Mengajar Pada Masa Pandemi Covid-19 di SDN 3 SRIMINOSARI, Jurnal As-Salam I, IX(2),hlm.200

Pengelola web kemendikbud, Penyesuaian Keputusan Bersama Empat Menteri Mengenai Panduan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19, http://www.kemendikbud.go.id./main/blog/2020/08/penyesuaian-keputusan-bersama-empat-menteri-Mengenai-panduan-pembelajaran-di-masa-pandemi-covid19, dikutip pada tanggal 30 april 2021

Pikiran Rakyat, Miris Lebih dari 50 persen muslim Indonesia Kurang mampu Baca Alquran, https://Bekasi.pikiran-rakyat.com, dikutip pada tanggal 27 januari 2021.

Rahmah Johar dan Latifah Hanum, Strategi Belajar Mengajar(Yogyakarta: Deepublish, 2016),hlm.25

Rahmat Rifai Lubis, Penerapan Al-Qur’an Era Covid-19: Tinjauan Metode dan Tujuannya pada masyarakat di Kutacene Aceh Tenggara, Jurnal Ilmu Pengajaran Islam, 4(2),hlm.515

Ria Puspita Sari, dkk, Dampak Pembelajaran Daring bagi siswa Sekolah Dasar selama Covid-19, Jurnal Ilmiah Pengajaran, 2(1),hlm.14

Ria Puspita, dkk, Dampak Pembelajaran Daring bagi siswa Sekolah Dasar pandemi Covid-19, Jurnal Ilmiah Pengajaran, 2(1),hlm.10

Rulam Ahmadi,(2014) Metodelogi Penelitian Kualittatif,Yogyakarta, Ar-Ruzz Media

Rusydi Ananda, Perencanaan Pembelajaran,(Medan: LPPPI, 2019),hlm.8[1] Djoko Susilo, Manajemen Perencaan Pembelajaran Daring Memakai Aplikasi Google Classroom Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Pengajaran, 08(01),hlm.37

Siti Faizatun Nissa dan Akhamd Haryanto, Implementasi Pembelajaran Tatap Muka Di Masa Pandemi Covid-19, Jurnal Ikatan Alumni Pgsd Unars, 8(2),hlm.403

Sugiyono, Metode Penelitian Kualittatif,(Bandung: Alfabeta, 2018),hlm.7

Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain,(2010).Strategi Belajar Mengajar.Jakarta: Rineka Cipta

co.id, Muslim Indonesia Terbanyak Didunia, 70 persen kurang mampu baca Al-qur’an, http://www.viva.co.id dikutip pada tanggal 27 januari 2021.

Wawancara dengan bapak Nahwani selaku wali kelas 5 b di MI Darussalim Bati-bati, pada tanggal 17 Maret 2020.

Wawancara dengan Bapak Rislani, selaku wali kelas 1 a di MI Darussalim Bati-bati, pada tanggal 18 Maret 2021

Zainal Arifin, Evaluasi Pembelajaran,(Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010),hlm.2




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i2.972

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.