Penerapan Karakter Religius Dan Tanggung Jawab Melalui Pengembangan Materi Bahasa Indonesia Di Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Nurul Mun’im Probolinggo

Achmad Fawaid, Moh Kholil MS

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menanamkan karakter Islam dengan mengembangkan materi membaca intensif bahasa Indonesia pada kelas 3 Madrasah Ibtidaiyah Nurul Mun'im Probolinggo. Dari hasil penelitian ini akan dihasilkan produk bahan ajar berupa buku ajar bahasa Indonesia materi membaca intensif berbasis karakter Islam untuk madrasah ibtidaiyah/ sekolah dasar kelas 3. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) atau penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Walter Dick dan Lou Carey. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa tes soal, angket, dan rating scale. Penanaman Islam pada bahan ajar Indonesia dilakukan dengan mengintegrasikan nilai-nilai Islam, relegius dan karakter pada materi, baik secara pertunjukan dan dimunculkan melalui ilustrasi gambar, narasi, serta kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan. Hasil penilaian dan analisis semua siswa kelas 3 di MI Nurul Mun'im Probolinggo sudah menunjukkan perkembangan dan bahkan membudayakan karakter religius dan tanggung jawab

Keywords


Karakter Islami;Pengembangan; bahasa Indonesia

Full Text:

PDF

References


Abdul, Majid. “Perencanaan Pembelajaran.” Bandung,: PT. Remaja Rosdakarya (2007).

Arikan, Arda. “An Examination of Online Grammar Teaching Materials Available for Young Learners.” Procedia-Social and Behavioral Sciences 158 (2014): 18–22.

Dick, Walter, and Lou Carey. Instructor’s Manual for the Systematic Design of Instruction. Scott, Foresman & Company, 1978.

Dr, P. “Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D.” CV. Alfabeta, Bandung (2008).

Fitri, Agus Zaenul. “Pendidikan Karakter Berbasis Nilai Dan Etika Di Sekolah.” Yogyakarta: Ar-Ruzz Media (2012).

Indonesia, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik. “Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2016 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar Dan Menengah.” Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (2016).

John, Echols. “Kamus Populer.” Jakarta: Rieneka Cipta Media (2005).

Megawangi, Ratna. “Indonesia Merdeka, Manusia Indonesia Merdeka,” 2005.

Mularsih, Heni. “Strategi Pembelajaran, Tipe Kepribadtan Dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama.” MAKARA, SOSIAL HUMANIORA, 14, no. 1 (2010): 65–74.

Mulyani, Fitri. “Konsep Kompetensi Guru Dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen (Kajian Ilmu Pendidikan Islam).” Jurnal Pendidikan UNIGA 3, no. 1 (2017): 1–8.

Musfah, Jejen. Pendidikan Holistik: Pendekatan Lintas Perspektif. Prenada Media, 2012.

Muslich, K S. “Moral Islam Dalam Serat Piwulang Paku Buwana IV.” Yogyakarta: Global (2006).

Parmin, Parmin, and E Peniati. “Pengembangan Modul Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar IPA Berbasis Hasil Penelitian Pembelajaran.” Jurnal Pendidikan IPA Indonesia 1, no. 1 (2012): 121361.

Prastowo, Andi. “Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif.” Yogyakarta: DIVA press, 2011.

Ruhimat, Toto. “Kurikulum Dan Pemebelajar-an/Tim Pengembangan MKDP Kurikulum Dan Pembelajaran.” PT Raja Grafindo Persada. Jakarta (2013).

Stracke, Elke. “Language Learning Strategies of Indonesian Primary School Students: In Relation to Self-Efficacy Beliefs.” System 60 (2016): 1–10.

Strevens, Peter. “Special-Purpose Language Learning: A Perspective.” Language Teaching 10, no. 3 (1977): 145–163.

Syaodih Nana, Sukmadinata. “Metode Penelitian Pendidikan.” Bandung: Rosda Karya (2005).

Tegeh, I Made, I Nyoman Jampel, and Ketut Pudjawan. “Model Penelitian Pengembangan.” Yogyakarta: Graha Ilmu 88 (2014): 90–92.

Trisnawati, Trisnawati. “Pengembangan Bahan Ajar Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Mata Kuliah Demografi Teknik.” Jurnal Ekonomi dan Pendidikan 4, no. 2 (n.d.): 17233.

Waziroh, Iro, and Kuratul Faizah. “Manajemen Pendidikan Kewirausahaan Pondok Pesantren Manbaul Ulum Tangsil Wetan.” Edukais: Jurnal Pemikiran Keislaman 4, no. 2 (2020): 87–94.





DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v6i2.992

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah

index by:

        

Publish by:

Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur'an Amuntai

Contact us:

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 085251613000
Email: madrasahstiq@gmail.com 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.