EVALUASI PENGAJARAN BAHASA ARAB DENGAN MEDIA ONLINE DI PERGURUAN TINGGI

Dony Ahmad Ramadhani

Abstract


Berdasarkan data dari Effective Measure, firma yang memiliki spesialisasi dalam pengukuran statistik web, sebanyak 61,88 persen dari pengguna Internet Indonesia mengakses melalui ponsel (data tersebut penulis kutip dari situs VIVAnews). Dari sumber yang sama didapatkan informasi bahwa pengguna internet di Indonesia di tahun 2011 mencapai 39.100.000 orang (peringkat ke-8 di dunia). Dan pada tahun 2018 Indonesia menempati urutan ke 6 sebagai pengguna internet terbanyak di dunia. Jika bandingkan antara tahun 2011 dengan 2018, maka akan sangat tidak mustahil jika Indonesia nantinya akan menempati urutan di atasnya pada tahun yang akan datang.
Dengan adanya data tersebut, menunjukkan dan mengisyaratkan kepada para pendidik untuk melakukan perubahan terhadap proses pembelajaran dan evaluasi yang berbasis kepada basic dan minat peserta didik agar proses evaluasi yang tadinya selalu terasa menyeramkan untuk diikuti menjadi evaluasi yang menyenangkan dan akan memberikan kepuasan terhadap peserta didik dan kemudahan dalam pemberian nilai, karena sifatnya otomatis tanpa harus melakukan pemeriksaan dan hasilnya pun akan langsung dapat dilihat oleh peserta didik setelah melakukan sending data jawaban.
Terdapat banyak cara dalam pelaksanaan evaluasi berbasis online, dari media yang menggunakan kabel LAN, berbayar, maupun yang gratis. Untuk aplikasi yang dapat digunakan evaluasi secara gratis adalah google form dan google classroom, walaupun disediakan secara gratis, aplikasi ini memiliki template yang cukup beragam dan menarik. Untuk proses penilaian pun dapat ditentukan melalui pengisian point pada tiap kolom soal, sehingga setelah sending data, maka nilai akan langsung keluar dan dapat dilihat oleh peserta didik sesuai dengan point yang telah diberikan oleh pendidik ketika membuat butir tes

Full Text:

PDF

References


A, Muri Yusuf. Asesmen dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Kencana, 2017.

Batubara, Hamdan Husein. “Penggunaan Google Form Sebagai Alat Penilaian Kinerja Dosen di Prodi PGMI Uniska Muhammad Arsyad Al Banjari.” Jurnal Al Bidayah 8, no. 1 (2016).

Desmita. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Rosda, 2012.

“Google Classroom.” Dalam Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas, 11 Desember 2017. https://id.wikipedia.org/w/index.php?title=Google_Classroom&oldid=13433085.

“Google Forms.” Dalam Wikipedia, 21 Februari 2019. https://en.wikipedia.org/w/index.php?title=Google_Forms&oldid=884340113.

KOMINFO, PDSI. “Pengguna Internet Indonesia Nomor Enam Dunia.” Website Resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. Diakses 10 Maret 2019. https://kominfo.go.id:443/content/detail/4286/pengguna-internet-indonesia-nomor-enam-dunia/0/sorotan_media.

Majid, Abdul. Strategi Pembelajaran. Bandung: Rosda, 2013.

Patria, Lintang, dan Kristianus Yulianto. “Pemanfaatan Facebook untuk Menunjang Kegiatan Belajar Mengajar Online Secara Mandiri,” 2011.

Ramadhani, Dony Ahmad. “EVALUASI KETERAMPILAN BERBICARA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB.” Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, 2018.

Setemen, Komang. “Pengembangan evaluasi pembelajaran online.” Jurnal Pendidikan dan Pengajaran 43, no. 3 (2010).

Sudijono, Anas. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v2i1.105

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Al Mi'yar



Indeksasi

 

      Moraref  ONESEARCH PERPUSNAS

          

  

 

 

___________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________

Contact Us : Al Mi'yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab dan Kebahasaaraban

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 0852-4815-2304
Email: almiyar@stiq-amuntai.ac.id

___________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________

 

Free counters!

___________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________

Lisensi Creative Commons

___________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.