EVALUASI PENGAJARAN BAHASA ARAB DENGAN MEDIA ONLINE DI PERGURUAN TINGGI
Abstract
Dengan adanya data tersebut, menunjukkan dan mengisyaratkan kepada para pendidik untuk melakukan perubahan terhadap proses pembelajaran dan evaluasi yang berbasis kepada basic dan minat peserta didik agar proses evaluasi yang tadinya selalu terasa menyeramkan untuk diikuti menjadi evaluasi yang menyenangkan dan akan memberikan kepuasan terhadap peserta didik dan kemudahan dalam pemberian nilai, karena sifatnya otomatis tanpa harus melakukan pemeriksaan dan hasilnya pun akan langsung dapat dilihat oleh peserta didik setelah melakukan sending data jawaban.
Terdapat banyak cara dalam pelaksanaan evaluasi berbasis online, dari media yang menggunakan kabel LAN, berbayar, maupun yang gratis. Untuk aplikasi yang dapat digunakan evaluasi secara gratis adalah google form dan google classroom, walaupun disediakan secara gratis, aplikasi ini memiliki template yang cukup beragam dan menarik. Untuk proses penilaian pun dapat ditentukan melalui pengisian point pada tiap kolom soal, sehingga setelah sending data, maka nilai akan langsung keluar dan dapat dilihat oleh peserta didik sesuai dengan point yang telah diberikan oleh pendidik ketika membuat butir tes
Full Text:
PDFReferences
A, Muri Yusuf. Asesmen dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Kencana, 2017.
Batubara, Hamdan Husein. “Penggunaan Google Form Sebagai Alat Penilaian Kinerja Dosen di Prodi PGMI Uniska Muhammad Arsyad Al Banjari.” Jurnal Al Bidayah 8, no. 1 (2016).
Desmita. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Rosda, 2012.
“Google Classroom.” Dalam Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas, 11 Desember 2017. https://id.wikipedia.org/w/index.php?title=Google_Classroom&oldid=13433085.
“Google Forms.” Dalam Wikipedia, 21 Februari 2019. https://en.wikipedia.org/w/index.php?title=Google_Forms&oldid=884340113.
KOMINFO, PDSI. “Pengguna Internet Indonesia Nomor Enam Dunia.” Website Resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. Diakses 10 Maret 2019. https://kominfo.go.id:443/content/detail/4286/pengguna-internet-indonesia-nomor-enam-dunia/0/sorotan_media.
Majid, Abdul. Strategi Pembelajaran. Bandung: Rosda, 2013.
Patria, Lintang, dan Kristianus Yulianto. “Pemanfaatan Facebook untuk Menunjang Kegiatan Belajar Mengajar Online Secara Mandiri,” 2011.
Ramadhani, Dony Ahmad. “EVALUASI KETERAMPILAN BERBICARA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB.” Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, 2018.
Setemen, Komang. “Pengembangan evaluasi pembelajaran online.” Jurnal Pendidikan dan Pengajaran 43, no. 3 (2010).
Sudijono, Anas. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2016.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v2i1.105
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Al Mi'yar
Indeksasi
______________________________________________________________________________________
Contact Us:
Al Mi'yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab dan KebahasaarabanAddress: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai UtaraKabupaten: Hulu Sungai Utara Kode Pos : 71471Provinsi: Kalimantan SelatanEmail: almiyar@stiq-amuntai.ac.id__________________________________________________________________________
___________________________________________________________________
__________________________________________________________________
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.