UPAYA MENUMBUHKAN SELF-CONFIDENCE BERBICARA BAHASA ARAB MAHASISWA MELALUI GRUP WHATSAPP

Halimatus Sa`diyah

Abstract


This research study is focused on how efforts to foster self-confidence speak Arabic through Whatsapp groups in PKPBA UIN Maliki Malang? The purpose of the study is to describe efforts to foster self-confidence in PKPBA UIN Maliki Malang students in speaking Arabic through Whatsapp groups. The positive results that contributed to this research are positive things that can be used by educators in the use of WhatsApp group as an effort to foster confidence for students to speak Arabic, train students to dare to speak Arabic, and become one of the source of thought for speaking skills learning strategies in PKPBA UIN Maliki Malang. Based on the above objectives, this research is a qualitative type with data collection techniques: observation, and documentation. While the data is descriptive and analyzed inductively. From this research, a finding was found that self-confidence in students to speak Arabic can be grown with the use of Whatsapp groups.

Full Text:

PDF

References


Aji, Singgih Hutomo. Pengembangan Aplikasi Layanan Pesan Instan Whatsapp Sebagai Sumber Belajar Mandiri Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Fisika Materi Pokok Efek Rumah Kaca Peserta Didik Kelas Xi Sma N 1 Purwokerto. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. 2018

Anitah, Sri. Media Pembelajaran. Surakarta: LPP UNS dan UNS Press. 2011.

Drakel, Wahyuni Januarti Maria Heny Pratiknjo, Titiek Mulianti. Perilaku Mahasiswa dalam Menggunakan Media Sosial di Universitas Sam Ratulangi Manado. HOLISTIK, Tahun XI No. 21A / Januari-Juni 2018.

E. Koswara. Teori-Teori Kepribadian Psikoanalisis, Behaviorisme, Humanistik. Bandung: PT. Eresco. 1991.

Effendy, Ahmad Fuad. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Malang: Misykat. 2009.

Hadi, Baskoro. Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp Pada Pembelajaran Berbasis Blended Learning Di SMKN 1 Sragen. Makalah. Sragen. 2016.

Hasan, Hasan. “تعليم اللغة العربية بوسيلة Google Classroom” 1 (2019): 96–104. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab dan Pembelajarannya di Era Milenial http://proceedings.uinsby.ac.id/index.php/KPBA/article/view/151

Hamid, Abdul dkk. Pembelajaran Bahasa Arab (Pendekatan, Metode, Strategi, Materi dan Media. Malang: UIN Malang Press. 2008.

Kartikawati, Sulistyaning dan Hendrik Pratama. Pengaruh Penggunaan WhatsApp Messenger Sebagai Mobile Learning Terintegrasi Metode Group Investigation Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. JUPITER (Jurnal Pendidikan Teknik Elektro) E-ISSN: 2477-8354. Volume 2, Nomor 2, Edisi September 2017DOI 10.12928/jrkpf.v4i1.6462

Khusaini, Agus Suyudi, Winarto dan Sugiyanto. Optimalisasi Penggunaan WhatsApp dalam Perkuliahan Penilaian Pendidikan Fisika. JRKPF UAD Vol.4 No.1 April 2017 DOI: 10.12928/jrkpf.v4i1.6462

L. Crow dan A. Crow. Psychology Pendidikan. Yogyakarta: Nur Cahaya. 2005

Maksudin. Media Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Al-`Arabiyah. Vol. 2, No.l. 2006

Munir. Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta. 2009

Prajana, Andika. Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp dalam Media Pembelajaran di UIN ar-Raniry Banda Aceh. Cyberspace: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Volume 1, Nomor 2, Oktober 2017 DOI: 10.22373/cs.v1i2.1980

Rahman, Siti Nur Deva. Hubungan Tingkat Rasa Pede Dengan Hasil Belajar. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah. 2010.

Ramadhani. Dony Ahmad “Evaluasi Pengajaran Bahasa Arab Dengan Media Online Di Perguruan Tinggi.” PBA STIQ Amuntai 2, no. 1 (April 2019). https://jurnal.stiq-amuntai.ac.id/index.php/al-miyar/article/view/105. https://doi.org/10.35931/am.v2i1.105

Sarwono, Sarlito Wirawan. Psikologi Remaja. Jakarta: Raja Grafindo. 2005.

Soemarto, Soenjoyo Dirjo. Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya: Beberapa Pokok Pikiran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2003.

Suryadi, Edi; M. Hidayat Ginanjar, M. Priyatna. Penggunaan Sosial Media Whatsappdan Pengaruhnya Terhadap Disiplin Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus Di Smk Analis Kimia Ykpi Bogor). Edukasi Islam, Jumal Pendidikan Islam Vol.07, No. 1. DOI: 10.30868/EI.V7I01.211. 2018




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v2i2.119

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Al Mi'yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab dan Kebahasaaraban

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indeksasi

 

      Moraref  ONESEARCH PERPUSNAS

          

  

 

 

___________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________

Contact Us : Al Mi'yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab dan Kebahasaaraban

Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten : Hulu Sungai Utara
Kode Pos : 71471
Provinsi : Kalimantan Selatan
Telephone : 0852-4815-2304
Email: almiyar@stiq-amuntai.ac.id

___________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________

 

Free counters!

___________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________

Lisensi Creative Commons

___________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.