PENGGUNAAN MODEL ACTIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MATERI QIRĀAH
Abstract
الكلمات الرئيسية: نموذج التعلم النشط، التعليم، مادة القراءة.
Full Text:
PDFReferences
As’ari, Diah Rahmawati, Strategi dan Metode Pembelajaran Bahasa Arab, Artikel dipresentasikan pada Konferensi Nasional Bahasa Arab Universitas Negeri Malang, 2015.
Asrori, Imam. Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: Misykat, 2017.
Fathurrohman, Muhammad. Mengenal lebih dekat Pendekatan dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Kalimedia, 2018.
Garpersz, Vincen. Total Quality Management. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2005.
Hamid, Abdul. Mengukur Kemampuan Bahasa Arab. Malang: UIN Maliki Press, 2013.
Machmudah, Umi dan Rosyidi, Abdul Wahab. Active Learning dalam pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UIN-Malang Press, 2008.
Makruf, Imam. Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Aktif. Semarang: Need’s Press, 2009.
Mantja, W. Etnografi Design Penelitian Kualitatif dan Manajemen Pendidikan. Malang: Winaka Media, 2003.
Mujib, Fathul dan Rahmawati, Nailur. Permainan Edukatif Pendukung Pembelajaran Bahasa Arab.Yogyakarta: Diva Press, 2012.
Muna, Wa.Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab teori dan aplikasi. Yogyakarta: Sukses Offset, 2011.
Munir. Perencanaan Sistem Pengajaran Bahasa Arab. Jakarta: Kencana, 2017.
Nisa, Izzatun dan Retno Purnomo Irawan.“Peningkatan Kemampuan Berbicara Bahasa Arab Melalui Metode Elektrik” Jurnal of Arabic Learning an Teaching, Universitas Negeri Semarang, Lisanul Arab: Jurnal of Arabic Learning and Teaching 4, no.1 2015
Oktavera, Hasnil. “Pengembangan Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Kreatifitas Peserta Didik Pada Pembelajaran Membaca,” Jurnal Ilmiah Iqra’ 10, no.2 2016.
Prastowo, Andi.Metode Penelitian Kualitatif dalam perspektif Rancangan Penelitian. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2012.
Silberman, Melvin L. Active Learning, 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nuansa Cendekia, 2017.
Sukardi. Metode Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Prakteknya. Jakarta: Bumi Aksara, 2005.
Surakhmad, W. Pengantar Penelitian Ilmiah Dasar Metode Teknik. Bandung: Tarsito, 1990.
Utami, Runtut Prih. “Active Learning untuk mewujudkan pembelajaran efektif,” Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 1, no.02 2009
Wahab, Muhbib Abdul. “Pembelajaran Bahasa Arab di Era Posmetode,”Arabiyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan KebahasaAraban 2, no.1 2015.
Warsono dan Hariyanto. Pembelajaran Aktif: Teori dan Asesmen. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset, 2016.
Widiatmaja, Rochiati. Metode Penelitian Tinadakan Kelas. Bandung: PT. Rosdakarya, 2007.
Zaini, Hisyam. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani, 2008.
Zulhanan. Teknik Pembelajaran Bahasa Arab Interaktif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2014.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v2i2.154
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Al Mi'yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab dan Kebahasaaraban
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indeksasi
______________________________________________________________________________________
Contact Us:
Al Mi'yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab dan KebahasaarabanAddress: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai UtaraKabupaten: Hulu Sungai Utara Kode Pos : 71471Provinsi: Kalimantan SelatanEmail: almiyar@stiq-amuntai.ac.id__________________________________________________________________________
___________________________________________________________________
__________________________________________________________________
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.