HUBUNGAN KEMAMPUAN BAHASA ARAB DENGAN PRESTASI HAFALAN ALQURAN SISWA

Muh. Haris Zubaidillah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan kemampuan bahasa Arab dengan prestasi hafalan Alquran siswa kelas X Keagamaan Madrasah Aliyah Normal Islam Putera RAKHA Amuntai. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), dengan pendekatan kuantitatif, dimana jenis penelitian kuantitatif dilakukan untuk membuktikan atau menguji teori yang telah dirumuskan melalui hipotesis. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas X keagamaan yang berjumlah 160 orang, kemudian diambil sampel dengan teknik purposive sampling (pengambilan sampel secara sengaja) 40 orang. Hasil dari penelitian adalah rata-rata kemampuan berbahasa Arab siswa Madrasah Aliyah Normal Islam Putera RAKHA Amuntai adalah baik. Begitu juga rata-rata prestasi hafalan Alquran siswa Madrasah Aliyah Normal Islam Putera RAKHA Amuntai adalah 77,93, kategori baik. Setelah dilakukan perhitungan skor untuk masing-masing variabel (X dan Y), selanjutnya dicari korelasi kemampuan bahasa Arab dengan prestasi hafalan Alquran siswa Madrasah Aliyah Normal Islam Putera RAKHA Amuntai. Analisis korelasi yang digunakan adalah Pearson correlation (korelasi Pearson) atau sering disebut The Product Moment Cofficient Corelation (koefisien korelasi produk moment) dengan bantuan rumus =PEARSON(array_X;array_Y) di Ms. Excel, hasilnya adalah 0,681. Sedangkan koefisien determinasi di sini adalah 0,6812 = 0,4635. Hal ini menunjukkan bahwa pengaruh kemampuan bahasa Arab terhadap prestasi hafalan Alquran adalah = 46,35 %. Maka, berdasarkan analisis tersebut, dapat disimpulkan terdapat hubungan yang positif dan nyata kemampuan bahasa Arab dengan prestasi hafalan Alquran siswa Madrasah Aliyah Normal Islam Putera RAKHA Amuntai. Temuan tersebut sekaligus menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan oleh peneliti telah teruji secara empiris yaitu adanya korelasi yang nyata dan positif antara kemampuan bahasa Arab dengan prestasi hafalan Alquran.

Full Text:

PDF

References


Aflisia, Noza. “Urgensi Bahasa Arab bagi Hafizh Alquran.” Fokus: Jurnal Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan 1, no. 01 (2016): 47–65.

Azwar, Saifudin. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1999.

Chairani, Lisya, dan Subandi. Psikologi Santri Penghafal Alquran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.

Hifzi, Zainul, 6 Oktober 2018.

Kussrinaryanto. “Korelasi Tahfizh Alquran dengan Prestasi Belajar Bahasa Arab Santri di Pondok Pesantren Penghafal Alquran Daarul Qur’an Semester Gasal Sanggir Paulan Colomadu Karanganyar Tahun Ajaran 2013/2014.” Skripsi, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2014.

Ramadhani, Dony Ahmad, 24 Agustus 2018.

Rofiq, Ainur. Ringkasan Kaidah-Kaidah Bahasa Arab. Gresik: Pustaka Al-Furqan, 2011.

Salman. Mudahnya Memahami Alquran. Diterjemahkan oleh Jamaluddin. Jakarta: Darul Haq, 2008.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. 21 ed. Bandung: Alfabeta, 2014.

Suherman, dan Lubis Muhammad Arif Fadhillah. “Hubungan Kemampuan Membaca Alquran dengan Hasil Belajar Mahasiswa Program Studi Teknik Mesin Politeknik Negeri Medan.” Jurnal Ilmiah “INTEGRITAS” 3, no. 2 (2017): 26.

Tricahyo, Agus. Pengantar Linguistik Arab. Ponorogo: STAIN Ponorogo Press, 2011.

Zubaidillah, Muh. Haris. “Epistemological Views of Islamic Education Philosophy as a Islamic Education Basis.” Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan 12, no. 1 (2018): 1–12.

Zubaidillah, Muh. Haris. “Nilai-Nilai Pendidikan Adversity Quotient pada Cerita Nabi Musa dalam Alquran.” Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan 11, no. 24 (2017).




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v1i2.31

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Al'Mi'yar



Indeksasi

Moraref ONESEARCH PERPUSNAS SINTA 4 Dimension

______________________________________________________________________________________

Contact Us:

Al Mi'yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab dan Kebahasaaraban
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten: Hulu Sungai Utara Kode Pos : 71471
Provinsi: Kalimantan Selatan
Email: almiyar@stiq-amuntai.ac.id

__________________________________________________________________________

 

Free counters!

___________________________________________________________________

 

Lisensi Creative Commons

__________________________________________________________________

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.