Pembelajaran Nahwu Berbasis Metode Bernyanyi di SMA Muhammadiyah 3 Tulangan

Martias Sholichah, Khizanatul Hikmah

Abstract


Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  implementasi  pembelajaran nahwu berbasis metode bernyanyi serta respon siswa terhadap pembelajaran nahwu berbasis metode bernyanyi kelas XII IPS 1 di SMA Muhammadiyah 3 Tulangan. Metode yang digunakan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang akan dianalisis adalah berupa  observasi, wawancara, dan dokumentasi.  Hasil  penelitian menunjukkan bahwa  implementasi  pembelajaran  nahwu berbasis metode bernyanyi di SMA Muhammadiyah 3 Tulangan dilaksanakan   dalam   3 (tiga)  tahapan   yaitu Pertama, Perencanaan pembelajaran dengan membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan pemilihan metode pembelajaran. Kedua, Pelaksanaan pembelajaran nahwu berbasis metode bernyanyi menggunakan lagu “ dua mata saya “ dan lirik lagu tersebut di ubah menjadi rangkaian kaidah materi macam-macam khobar. Ketiga, Evaluasi pembelajaran nahwu berbasis metode bernyanyi dilaksanakan secara lisan dan tulisan berupa soal tanya jawab dan soal ujian harian. Sedangkan  untuk  hasil penelitian terkait respon siswa terhadap pembelajaran nahwu berbasis metode bernyanyi adalah sebagian besar siswa kelas XII IPS 1 di SMA Muhammadiyah 3 Tulangan dengan angka presentase 90.9% menyatakan sangat setuju bahwa pelaksanaan pembelajaran nahwu berbasis metode bernyanyi merupakan metode pembelajaran yang sangat menyenangkan, tidak membosankan, dan materi yang disampaikan lebih mudah dipahami sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.


Keywords


Learning Implementation; Nahwu; Singing Method

Full Text:

PDF

References


A. Amiruddin. (2021). ’Ilmu An-nahwu ’ala Mandzur Taufiq Hakim fii Kitab Amtsilaty.

A. Rijali, & Banjarmasin, A. (2018). Analisis Data Kualitatif (Vol. 17, Issue 33).

A. Z. Salida. (2023). Keistimewaan Bahasa Arab sebagai Bahasa Al-Quran dan Ijtihadiyyah. https://doi.org/10.59548/je.v1i1.40

Adama, H., Syahrul Anwar, M., Mawaddah Ahmad Opier, U., Maulana Malik Ibrahim, U., & Humaniora, F. (2023). PEMBELAJARAN NAHWU DENGAN LAGU DI MADRASAH DARUL HIKMAH LOMBOK. 11(3), 134–140. https://doi.org/10.37081/ed.v11i3.4374

Amtai Alaslan. (2021). metode penelitian kualitatif .

Didin Syamsudin, Muhammad Rizki Maulana Putra, Elis Mukhlisoh Said, & Nenden Fardatussolihat. (2023). Implementasi Metode Bernyanyi Pada Pembelajaran Bahasa Arab di MIN 1 Bogor. Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 4(1), 52–62. https://doi.org/10.30997/tjpba.v4i1.7482

H. Juwita sari. (2022). FAALIYAH .

Husni Laely, N. (2023). Halaman 67-76 Jurnal Pendidikan Bahasa Arab. In Yanti Kusnawati 67 El-Ibtikar (Vol. 12, Issue 1).

Iffah, F., & Fitri Yasni, Y. (2022). Manusia Sebagai Makhluk Sosial (Vol. 1, Issue 1).

Jaya, I. M. L. M. (2020). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif: Teori, penerapan, dan riset nyata. Anak Hebat Indonesia.

Komang Sukendra, I., & Kadek Surya Atmaja, Mp. I. (2020). INSTRUMEN PENELITIAN.

M. Ramdhan. (2021). metode penelitian .

M. Waruwu. (2023). pendekatan penelitian pendidikan : metode penelitian kualitatif.

M. Yunisa. (2022). AD-DHUHA : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Budaya Islam.

Mi, A., & Yar, ’. (2024). ISTIKHDĀM THARĪQAH AL GHINĀ’ LI AL HIFDZI AL MUFRADĀT AL LUGHAH AL ’ARABIYAH ‫ﻣﺴﺘﺨﻠﺺ ‫اﻟﺒﺤﺚ ‫اللغات ‫مختلف ‫بإتقان ‫األمة ‫أبناء ‫ام ‫إلز ‫على ‫ا ً ‫حالي ‫إندونيسيا ‫في ‫التعليم ‫يتنافس ‫اللغة ‫إحداها ،‫األجنبية ‫العربية. ‫على ‫يعتمد ‫أن ‫يجب ‫العربية ‫للغة ‫الجيد ‫اإلتقان ‫إن ‫تم ‫الذي ‫النوعي ‫البحث ‫منهج ‫البحث ‫هذا ‫يستخدم ،‫إتقانها ‫يتم ‫التي ‫املفردات ‫عدد. Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 7(1). https://doi.org/10.35931/am.v7i1

Miftha Huljannah. (2021). Pentingnya Proses Evaluasi Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. EDUCATOR (DIRECTORY OF ELEMENTARY EDUCATION JOURNAL), 2(2), 164–180. https://doi.org/10.58176/edu.v2i2.157

N. Nurmalekha. (2022). Tathbiq Thariqah Al-Ghina fii Ta’lim An-Nahwu li Tarqiyati Qudrati At-Thullab ’ala Fahmi ’Ilmi An-Nahwi fii Ma’had Nur Al-Azhar Junungan Sanfrong Ponorogo.

N. Safitri. (2023). Tatsir Istikhdam Thariqah Al-ghina “ala Istii’abi An-nahwu wa As-sharf laday Thullab Ash-shafi As=sabi” fii madrasah Darul Quran Al-mutawassithah Al-islamiyah Kupang Raya Kembar.

Nisa, I. K., Rahmi, N., & Fajri, W. (2020). PENERAPAN METODE BERNYANYI DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSA KATA BAHASA ARAB DI MTS MA’ARIF NU 07 PURBOLINGGO. Arabia, 12(2), 43. https://doi.org/10.21043/arabia.v12i2.7878

Pendidikan, J., Jepang, B., Septyaningtyas, A. P., Febriyanti, R., & Andajani, W. T. (2022). ANALISIS RESPON PESERTA DIDIK TERHADAP MAHASISWA PRAKTIKAN P4 PADA PEMBELAJARAN DARING SMA. JPBJ, 8(1).

Rahmi, S., Stit, D., & Sigli, A.-H. (2021). ‫Talim Al-lughoh Al-arobiyah fii Maharah Al-istima bi Al-madrasah Al-mutawassitah Al-islamiyah Al-ahliyah Kumala.

Rohman, A. (2022). BAHASA ARAB DAN PROBLEMATIKA PEMBELAJARANNYA (Vol. 3, Issue 1).

Rokhmawati, M. D. Y. K. D. (2023). perencanaan pembelajaran.

Sumarni, W. (2020). Analisis Respon Siswa Pada Pembelajaran Daring Di Masa Pandemic Covid_19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES. Purniawan.

Suroiyah, E. N., & Zakiyah, D. A. (2021). PERKEMBANGAN BAHASA ARAB DI INDONESIA. 3. https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/akad/article/view/207.

Ulfah, Y., Islam, U., Hasan, Z., & Probolimggo, G. (2022). Loghat Arabi: Jurnal Bahasa Arab dan Pendidikan Bahasa Arab Peningkatan Kemampuan Bahasa Arab Bagi Mahasiswa Non Pendidikan Bahasa Arab Di Universitas Islam Zainul Hasan Genggong Probolinggo (Improving Arabic Language Skills for Non-Arabic Education Students at Zainul Hasan Genggong Islamic University, Probolinggo). 3(2). https://journal.iaiddipolman.ac.id/index.php/loghat/index

Wekke, I. S. (2019). Metode Penelitian Sosial. https://www.researchgate.net/publication/344211045




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i2.3869

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Al Mi'yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab dan Kebahasaaraban

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indeksasi

 ONESEARCH PERPUSNAS      Dimension

______________________________________________________________________________________

Contact Us:

Al Mi'yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab dan Kebahasaaraban
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten: Hulu Sungai Utara Kode Pos : 71471
Provinsi: Kalimantan Selatan
Email: almiyar@stiq-amuntai.ac.id

__________________________________________________________________________

 

Free counters!

___________________________________________________________________

 

Lisensi Creative Commons

__________________________________________________________________

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.