Variasi Bahasa pada Konten Youtube Majelis Lucu: Kajian Sosiolinguistik
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
A’la, H. A., Mulawarman, W. G., & Purwanti. (2020). Alih Kode dan Campur Kode Bahasa Arab pada Pembelajaran di Pondok Pesantren Ibadurrahman Kutai Kartanegara Kalimantan Timur. Ilmu Budaya, 4(4), 646–650.
Ahdiyat, M. A. (2020). Kekerasan Verbal di Konten Youtube Indonesia dalam Perspektif Kultivasi. Ettisal: Journal of Communication, 5(2), 211–225.
Alam, B., Pardede, C., Muslim, T., & Dustin. (n.d.). dari Merayu sampai Cara Minta PAP???| Coki Belajar Bahasa Arab. Majelis Lucu. https://youtu.be/gY54p2iOpMc?si=EMxxT0rO1mtDdHXg
Anisa, S. A., Muljani, S., & Anwar, S. (2023). Bahasa Vulgar pada Komunitas Motor di Kecamatan Randudongkal Kabupaten Pemalang dan Implikasinya pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMK. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 11015–11024. https://mail.jptam.org/index.php/jptam/article/view/8112
Ardhana, M. R., Ahmad, M. R., & Rijal, S. (2021). Penggunaan Variasi Bahasa di Media Sosial Twitter: Kajian Sosiolinguistik. Adjektiva: Educational Languages and Literature Studies, 4(1), 1–9. https://doi.org/10.30872/adjektiva.v4i1.1444
Budiman, A., & Al-Ahyar, M. (2022). Penggunaan Media Youtube dalam Pembelajaran untuk Meningkatkan Maharah Al-Kalam Bahasa Arab. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 5827–5833.
Budiman, B., Ningsih, D. S., & Harahap, M. K. (2024). Dasar-Dasar Dialektologi: Pemahaman Variasi Bahasa dalam Suatu Sosial Masyarakat. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 1353–1359.
Daud, R. F. (2021). Dampak Perkembangan Teknologi Komunikasi terhadap Bahasa Indonesia. Jurnal Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(2), 252–269. https://doi.org/10.30596/interaksi.v5i2.7539
Hadi, S. (2015). Kata-Kata Arab dalam Bahasa Indonesia. Gadjah Mada University Press.
Hanifah, S., & Kisyani, L. (2022). Variasi Bahasa dari Segi Penutur dalam Web Series 9 Bulan Karya Lakonde:Kajian Sosiolinguistik. Bapala, 9(8), 118–130. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bapala/article/view/47834
Hapsari, N. R., & Mulyono. (2018). Campur Kode dan Alih Kode dalam Video Youtube Bayu Skak. BAPALA, 5(2), 1–7. https://doi.org/10.25273/widyabastra.v7i1.4530
Hidayati, D. N. A., Ningthias, Y. P., & Inderasari, E. (2022). Penggunaan Register pada Podcast Soan: Kajian Sosiolinguistik. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 12(2), 168–189. https://doi.org/10.23887/jjpbs.v12i2.44027
Jabbar, M. A., Kahar, F., & Wahyudin, W. (2022). Penggunaan Media YouTube dalam Meningkatkan Keterampilan Mendengar Bahasa Arab Kelas X MA Al-Ikhlas Labunti Raha Sulawesi Tenggara. Education and Learning Journal, 3(2), 108–117. https://doi.org/10.33096/eljour.v3i2.176
Kebudayaan, D. P. dan. (1989). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka.
Kurniasih, D., & Zuhriyah, S. A. (2017). Alih Kode Dan Campur Kode Di Pondok Pesantren Mahasiswa Darussalam. Indonesian Language Education and Literature, 3(1), 53. https://doi.org/10.24235/ileal.v3i1.1521
Mastang, Azis, S. A., & Rahim, R. (2022). Penggunaan Bahasa Vulgar pada Anak Usia Remaja Masyarakat Desa Mattabulu Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng. Sinestesia, 12(1), 207–215. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/autism-spectrum-disorders
Mayasari, D., & Irwansyah. (2020). Peran Sosiolinguistik dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA). Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(1), 189–199.
Muayyanah, & Anwar, K. (2019). Interferensi Fonetik dalam Keterampilan Berbicara: Studi Analisis Deskriptif di Lingkungan Mahasiswa STAI Syaichona Moh. Cholil Bangkalan. Seminar Nasional Bahasa Arab Mahasiswa III Tahun 2019, 501–509.
Nugrawiyati, J. (2014). Penggunaan Variasi Bahasa dalam Pembelajaran Bahasa Arab. El-Wasathiya, 2(2), 246–269.
Nurjanah, Busri, H., & Rahmawati, N. (2019). Integrasi Bahasa Arab dalam Kamus Besar Bahasa Sunda Karya Budi Rahayu Tamsyah (Analisis Fonologi dan Semantik). Journal of Arabic Learning and Teaching, 8(1), 1–8. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/laa
Nursobah, A. (2023). Pemanfaatan Media Sosial Youtube pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Ibtidaiyah. El-Midad, 23(1), 377–386. https://doi.org/10.47467/mk.v23i1.4384
Nuryani, L., Santoso, A. B., & Puspitasari, D. (2018). Variasi Bahasa pada Pementasan Drama CIPOA dan SIDANG PARA SETAN Mahasiswa Pendidikan dan Sastra Indonesia Tahun 2017. Widyabastra, 06(1), 62–75.
Priantiwi, T. N., & Abdurrahman, M. (2023). Analisis Konten Pembelajaran Bahasa Arab pada Media Tiktok. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8, 1365–1371.
Putri, A., Rahmadayani, R. D., & Febriana, I. (2023). Analisis Penggunaan Bahasa Slang pada Konten Youtube TS Media “Shenina Cinnamon: Harusnya Sesama Perempuan Saling Support.” JBSI: Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(01), 32–39. https://doi.org/10.47709/jbsi.v3i01.2282
Rosida, S. (2022). Variasi Sosiolek Pedagang Barang Antik Pasar Ular di Kota Medan. Prosiding Seminar Nasional Linguistik Dan Sastra (SEMANTIKS), 4, 696–703. https://jurnal.uns.ac.id/prosidingsemantiks
Savitri, P. W. (2021). Variasi Bahasa Para Content Creator Di Youtube: Kajian Sosiolinguistik. Prosiding Seminar Nasional Linguistik Dan Sastra (SEMNALISA), 67–73. https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/semnalisa/article/view/2343
Setiawan, H. (2019). Bahasa Slang di Angkringan Kabupaten Ponorogo. Madah: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 10(1), 137–148. https://doi.org/10.31503/madah.v10i1.894
Sholihah, E., Supardi, A., & Hilmi, I. (2022). Teknologi Media Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Keislaman Dan Pendidikan, 3(1), 33–42.
Sholihah, R. A. (2018). Kontak Bahasa: Kedwibahasaan, Alih Kode, Campur Kode, Interferensi, dan Intergrasi. The 3rd Annual International Conference on Islamic Education, 361–377.
Simatupang, R. R., Rohmadi, M., & Saddhono, K. (2018). Tuturan dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia (Kajian Sosiolinguistik Alih Kode Dan Campur Kode). Kajian Linguistik Fan Sastra, 3, 119–130. http://journals.ums.ac.id/index.php/KLS
Sinaga, C. N. A., & Firda Nuzulia Nasution. (2020). Penggunaan Bahasa Informal pada Konten Video Mak Beti dalam Pengaruh Menarik Minat Berlangganan di Channel Youtube Arif Muhammad. Talenta Conference Series: Local Wisdom, Social, and Arts (LWSA), 3(1), 79–87. https://doi.org/10.32734/lwsa.v3i1.814
Thoyib I.M, H. H. (2017). Interferensi Fonologis Bahasa Arab "Analisis Kontrastif Fonem Bahasa Arab terhadap Fonem Bahasa Indonesia pada Mahasiswa Universitas Al Azhar Bukan Jurusan Sastra Arab. AL-AZHAR INDONESIA SERI HUMANIORA, 4(2), 63–72.
Zulharby, P., Rafli, Z., & Setiadi, S. (2022). Interferensi Morfologi Bahasa Pertama terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Arab. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 5(4), 749–762. https://doi.org/10.30872/diglosia.v5i4.510
Zulianingtyas, E. F. (2023). Bahasa Dalam Dakwah KH Anwar Zahid Di Youtube Anza Channel Hannel (Kajian Sosiolinguistik). Jurnal Online Baradha, 19(3), 148–159.
DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v7i2.4009
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Al Mi'yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab dan Kebahasaaraban
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indeksasi
______________________________________________________________________________________
Contact Us:
Al Mi'yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab dan KebahasaarabanAddress: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai UtaraKabupaten: Hulu Sungai Utara Kode Pos : 71471Provinsi: Kalimantan SelatanEmail: almiyar@stiq-amuntai.ac.id__________________________________________________________________________
___________________________________________________________________
__________________________________________________________________
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.