PSIKOLINGUISTIK: URGENSI DAN MANFAATNYA PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB

Hasan Hasan

Abstract


Mata kuliah Psikolinguistik seharusnya mendapatkan perhatian yang lebih bagi prodi Pendidikan Bahasa Arab karena dengan psikolinguistik sebagai guru ataupun dosen bahasa Arab dapat memanfaatkan bagaimana mengajar bahasa Arab dengan baik dan melihat psikologi anak didik. Hasil penelitian pakar psikolinguistik dapat digunakan dalam memahami pemerolehan bahasa pertama maupun dalam pembelajaran bahasa kedua atau bahasa asing. Pasalnya, ruang lingkup kajian psikolinguistik sangat bermanfaat bagi pembelajaran bahasa. Di dalam kurikulum pendidikan bahasa Arab, mata kuliah psikolinguistik dimasukkan dalam kelompok mata kuliah proses belajar-mengajar, bukan pada kelompok mata kuliah linguistik/kebahasaan. Hal ini karena pokok bahasan dalam psikolinguistik sangat erat kaitannya dengan kegiatan proses belajar mengajar bahasa itu. ketika teori pemerolehan bahasa pertama dan kedua atau bahasa asing sudah diketahui untuk mengajarkan bahasa diharapkan tidak ada problem yang sulit ketika dalam proses mengajar. Makanya tidaklah berlebihan jika mengatakan psikolinguistik itu sangat berguna bagi mahasiswa PBA.

Kata kunci: Psikolinguistik, bahasa pertama, bahasa kedua


Full Text:

PDF

References


Ahmadi Anas, dan Mohammad Jauhar. Dasar-Dasar Psikolinguistik. Jakarta: Prestasi Pustakaraya, 2015.

Ainin, Moh. Analisa Bahasa Pembelajar Bahasa Arab Sebagai Bahasa Asing; Kajian analisis Kontrastif, kesilapan, dan Koreksi Kesilapan. Malang: Misykat, 2011.

Al Marja’ Fi Ta’limil Lughoh Al Arabiyah Li al naatiqiin Bi Lughotin Ukhro. 1. Mekkah: Jami’ah Umm al-Qura, t.t.

Chaer, Abdul. Psikolinguistik Kajian Teoritik. Jakarta: Rineka Cipta, 2015.

Fachrurrozi, Aziz, dan Erta Mahyudin. Pembelajaran Bahasa Asing. Jakarta: Bania Publishing, 2010.

Hasan, Hasan. “Keterampilan Mengajar Bahasa Arab Materi istima Menggunakan Media Lagu.” Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan 10, no. 19 (2017).

———. “Optimalisasi Media Dua Dimensi Tanpa Proyeksi Dalam Meningkatkan Pemerolehan Bahasa Arab Siswa.” Jurnal Al Maqayis 3, no. 1 (2015).

———. Penerjemahan Arab-Indonesia (Antara Bahasa dan Budaya). Banjarbaru: Atap Buku, 2017.

Mar’at, Samsunuwiyati. Psikolingusitik Suatu Pengantar. Keempat. Bandung: Refika Aditama, 2015.

Musfiroh, Tadkiroatun. Psikolinguistik Edukasional Psikolinguistik Untuk Pendidikan Bahasa. Kedua. Yogyakarta: Tiara Wacana Yogya, 2017.

Tu‘aimah, Rusdy. Ta’lim Al Arabiyah Li Ghoiri Al Natiq Biha: Manaahijuhu Wa Asalibuhu, t.t.

Wahab, Muhbib Abdul. Pemikiran Linguistik Tammam Hassan Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2009.




DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v1i2.41

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Al Mi'yar



Indeksasi

Moraref ONESEARCH PERPUSNAS SINTA 4 Dimension

______________________________________________________________________________________

Contact Us:

Al Mi'yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab dan Kebahasaaraban
Address: Jl. Rakha Pakapuran, Amuntai Utara
Kabupaten: Hulu Sungai Utara Kode Pos : 71471
Provinsi: Kalimantan Selatan
Email: almiyar@stiq-amuntai.ac.id

__________________________________________________________________________

 

Free counters!

___________________________________________________________________

 

Lisensi Creative Commons

__________________________________________________________________

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.